Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Etika Mengumpulkan Tugas Via Email ke Dosen

Eduaksi | Tuesday, 12 Oct 2021, 11:11 WIB

Semenjak pandemi Dosen mulai memberikan tugas secara online untuk Mahasiswa kerjakan dan dikumpulkan via email atau platform lainnya. Meski sudah akrab dengan Dosen, dalam mengumpulkan tugas haruslah memperhatikan etika, tidak boleh asal kirim file tanpa keterangan, tidak mengisi subyek dan body email. Hal itu bisa membingungkan bagi dosen yang mengajar banyak pelajaran dan kelas.

Meski terlihat simpel, namun dalam mengirim masih harus memenuhi standar dalam pengiriman email. Yuk kita simak beberapa etika dalam mengirim email ke Dosen;

1. Perhatikan dan terapkan standar pengiriman yang dianjurkan Dosen

Para dosen biasanya sudah membuat standar format pengiriman email, namun seringkali mahasiswa mengabaikan hal tersebut. Misal formatnya harus menuliskan NIM, Nama, Kelas dan mata kuliah.

2. Tulis subyek email

Dengan menulis subyek, Dosen bisa melihat bahwa email itu berasal dari mahasiswa yang mengirimkan tugas. Biasanya subyek email ditulis dengan nama dan tugas mata kuliah yang diampu.

3. Gunakan bahasa formal

Dalam menulis email sebaiknya kamu menggunakan bahasa yang formal dan tidak menggunakan singkatan, Selain itu gunakan juga struktur kalimat yang jelas. Hal ini bertujuan agar ketika Dosen membaca email tidak ambigu atau salah arti.

4. Perkenalkan diri

Lagi-lagi yang paling penting dalam mengirim email berisi tugas yaitu nama. Karena dalam mengumpulkan tugas bukan hanya kamu dan teman-teman sekelasmu, tapi seluruh mahasiswa juga mengirimkan email yang sama.

5. Bersikap sopan

Jangan menggunakan kata-kata yang sifatnya menuntut atau memerintah. Gunakanlah bahasa yang sopan, supaya Dosenpun bisa menghargai kamu. Hal ini juga menunjukan bahwa kamu menghormati Dosen. Jangan lupa tutup dengan terimakasih atas ketersediaan waktunya untuk membaca email kamu.

6. Cek kembali email yang akan dikirim

Jangan terburu-buru mengirim email, pastikan isi email sudah sesuai dengan ketentuan, menggunakan bahasa yang sopan dan isi file juga sudah dimasukkan. Jangan sampai mengirim email dengan sebaik mungkin namu file tugas malah tertinggal, ya wassalam.

Itulah 6 etika yang harus dilakukan mahasiswa dalam mengirim tugas via email ke Dosen. Silahkan dipraktekkan mulai sekarang agar Dosen lebih mudah dalam mengoreksi tugas dan nilai kalian akan bertambah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image