Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Tips Menjalankan Bisnis Jual Beli Nama Domain yang Mudah

Bisnis | Wednesday, 08 Jun 2022, 22:13 WIB

Bisnis jual beli nama domain bisa dibilang merupakan salah satu jenis bisnis yang dijalankan secara online. Selain itu, potensi bidang bisnis ini juga cukup cerah, mengingat pertumbuhan jumlah blog atau website di setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Artinya, kebutuhan akan domain pastinya akan selalu ada.

Namun, meski terlihat mudah dan sederhana, Anda perlu memiliki tips menjalankan bisnis jual beli nama domain yang tepat untuk membuat bisnismu tersebut dapat terus berkembang. Berikut adalah beberapa panduan memulai bisnisnya yang bisa Anda ikuti.

Tips Menjalankan Bisnis Jual Beli Nama Domain yang Mudah

Menentukan Jenis Web yang Dijadikan Fokus Anda

Tips menjalankan bisnis jual beli nama domain pertama adalah menentukan jenis web yang nantinya akan dijadikan fokus Anda. Pasalnya, di dunia internet pastinya akan ada banyak sekali jenis web. Apabila Anda tidak menentukan fokus ketika berbisnis jual belu nama domain tersebut, artinya Anda hanya akan mengaburkan arah bisnismu.

Pada dasarnya ada beberapa jenis web yang bisa dijadikan fokus untuk bisnis Anda, seperti blog yang membahas mengenai hal yang spesifik semisal BCA Solitaire dan Blog Windows 10 atau web pribadi, toko online atau e-commerce, web perusahaan, instansi pemerintahan, portal berita, komunitas online dan lainnya.

Penggunaan nama domain untuk beberapa jenis web tersebut pastinya berbeda – beda. Jadi, Anda harus pahami penggunaan setiap ekstensi domain.

Memahami Penggunaan Ekstensi Domain

Selanjutnya, Anda juga perlu memahami penggunaan ekstensi domain. Pasalnya, tiap ekstensi domain memiliki fungsinya masing – masing. Biar lebih jelasnya, simak beberapa ulasan berikut ini.

· .com : Ekstensi ini digunakan untuk web komersial seperti portfolio, bisnis dan lainnya

· .org : Ekstensi ini digunakan untuk web organisasi atau komunitas

· .co.id : Ekstensi ini digunakan untuk web perusahaan yang beridentitas Indonesia secara legal

· .go.id : Ekstensi ini digunakan untuk web instansi pemerintahan

Selain itu, masih ada banyak lagi cara penggunaan domain yang penting Anda ketahui. Dimana untuk setiap ekstensinya memiliki keunggulan dan kelebihannya masing – masing, sesuai jenis webnya.

Memastikan Nama Domain Memiliki Nilai Jual Tinggi

Ini adalah tips menjalankan bisnis jual beli nama domain berikutnya yang tidak kalah pentingnya harus Anda tahu, yaitu memastikan nama domain memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut nanti akan menjadi penentu berhasil atau tidaknya jual beli domain yang Anda jalankan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memikirkan di awal ketika akan memilih nama domainnya.

Untuk merumuskan nama domain dengan nilai jual tinggi Anda perlu kenali kebutuhan target market Anda. Misalnya, jika Anda akan membeli nama domain baru, maka Anda akan menciptakan nama domain sendiri sehingga Anda harus melakukan riset tersebut dulu dan memastikan nama domain tersebut belum terdaftar.

Selain itu Anda juga bisa membeli domain dengan page rank. Alternatif lainnya adalah membeli domain baru dan sekaligus membangun page rank sendiri dengan teknik SEO yang kemudian Anda jual kembali.

Memilih Layanan Penyedia Domain yang Berkualitas

Tips berikutnya adalah pilih layanan penyedia domain yang berkualitas dan terpercaya. Secara garis besarnya, domain hanya alamat web, tetapi penyedia domain menjadi penentu kelancaran bisnis yang Anda jalankan di kemudian hari. Karena pelayanan yang ditawarkan tiap penyedia nama domain berbeda – beda.

Selain itu, Anda perlu bisa cek ketersediaan nama domainnya. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan ekstensi yang diinginkan di kolom pencarian domain yang tersedia di web layanan penyedia domain yang Anda pilih tersebut.

Jual Beli Nama Domain Sekarang Juga!

Apabila Anda sudah berhasil kumpulkan stok nama domainnya, sekarang saatnya untuk melakukan jual beli atau pemasaran. Pada dasarnya ada beberapa cara jual beli nama domain yang bisa Anda contoh, antara lain :

· Jual nama domain lewat marketplace domain, misalnya di SEDO

· Jual nama domain lewat web pribadi atau bisnis. Apabila Anda memilih cara tersebut, artinya Anda harus bikin web sendiri untuk jalankan domainmu. Nanti customer atau pembeli akan melakukan pemesanan secara mandiri lewat situs atau web tersebut

Bangun Mindset yang Tepat

Pada saat Anda memulai bisnis jualan nama domain, artinya Anda harus memiliki mindset bisnis secara tepat dan sikap mental positif. Fokus terhadap satu jenis bisnis terlebih dulu sampai Anda berhasil menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan mendapat pelanggan tetap.

Selain itu, Anda juga harus tetap fokus terhadap bisnis yang sedang dijalankan, jangan mudah menyerah atau pun goyah jika dalam perjalanan bisnismu mengalami pasang surut atau beberapa problem. Pasalnya, dalam menjalankan sebuah bisnis, kegagalan dan keberhasilan merupakan hal yang wajar. Jadi, tetalah fokus pertahankan eksistensi bisnismu meski sedang mengalami kegagalan sekalipun.

Pemasaran Bisnis Online

Pada tahapan awal ketika Anda akan memulai sebuah bisnis, selain fokus untuk membangun bisnis, jangan lupa pula untuk melakukan pemasaran secara tepat. Penting untuk memiliki perencanaan strategi pemasaran yang efektif agar bisnismu bisa berjalan sesuai keinginan. Anda bisa melakukan jual beli domain secara online.

Dengan menggunakan strategi pemasaran digital, maka pastinya akan sangat mempengaruhi bisnis untuk lebih banyak dikenal oleh khalayak luas. Strategi pemasarannya pun pastinya juga harus disesuaikan dengan sasaran pasarnya yang ingin ditargetkan.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini memiliki pengaruh cukup besar dalam kehidupan banyak orang, baik anak – anak, yang mudah hingga tua sekalipun. Nah, salah satu cara memulai bisnis jual beli domain dengan mudah adalah memanfaatkan jejaring media sosial yang ada untuk menjangkau target market yang sesuai.

Anda bisa membuat akun bisnis di media sosial dan melakukan jual beli di platform tersebut.

Memperhatikan Rekening Bank

Berikutnya adalah membuka rekening bank, dikarenakan semua pembayaran akan ditransaksikan secara tak langsung. Oleh sebab itu, Anda harus membuka beberapa akun rekening bank. Tujuannya, untuk memudahkan pelanggan memilih bank mana mereka akan melakukan transaksi pembayarannya.

Hal ini wajib diperhatikan, pasalnya ada banyak transaksi online yang gagal terjadi karena sebuah toko online tidak memiliki rekening bank yang sama dengan calon pelanggannya. Hal problem ini calon pelangganmu tidak ingin dikenai biaya tambahan ketika akan transfer beda bank.

Mengatur Manajemen Keuangan yang Baik

Pada dasarnya untuk berbagai jenis bisnis, tak terkecuali untuk jenis bisnis jual beli domain tentunya memerlukan manajemen keuangan yang baik dan tepat. Segala bentuk transaksi yang ada memang sudah seharusnya dilakukan pencatatan dengan tepat. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengetahui keadaan bisnis secara mendetail, apakah sedang mengalami kerugian atau untung.

Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen keuangan adalah membuat laporan keuangan bisnis jual beli domain. Tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada banyak software atau aplikasi akuntansi yang bisa membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah dan praktis.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips menjalankan bisnis jual beli nama domain yang mudah. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image