Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hafidz Nur Ockta Kustiyanto

SUKSES MAHASISWA SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA MEMBERDAYAKAN UMKM DIY-JATENG

Bisnis | Wednesday, 08 Jun 2022, 21:34 WIB
Kulon Progo - Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga mengadakan Pemberdayaan Masyarakat UMKM bertajuk "Peningkatan Eskalasi Ekonomi Komoditas Kopi Menoreh Berbasis Komunitas" seDIY-Jateng bersama Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Kabupaten Kulon Progo (28/5/2022)

Kelompok pengembangan masyarakat yang terdiri dari Hafidz(ketua), Alma, Eny, Seftian, dan Farabi memiliki gagasan "Sesarengan Bangun Desa" untuk membangkitkan sekaligus menigkatkan gairah wirausaha pada UMKM desa bertempat di sekretariat P4S Dusun Madigondo.

Program terdiri dari motivasi wirausaha, pembekalan budidaya produksi, pengemasan, pemasaran, dan evaluasi. Hafidz mengatakan bahwa bisnis memang kompetisi, namun untuk sukses bersama perlu sinergi-kolaborasi. Maka pemberdayaan melalui komunitas sebagai cara efektif.

Hafidz bersama kelompok mengamati langsung proses budidaya hingga pemasaran oleh salah satu UMKM Kopi Menoreh.

Masyarakat sangat antusias menunjukkan semua produk ekonomi dalam segala lini, seperti industri paiwisata, kuliner, dan sebagainya. Hal tersebut menjadi bagian dari langkah awal berupa observasi untuk mengumpulkan data yang akan dipeta kemudian analisa sebagai program.

Para pelaku UMKM menyambut positif, karena turut berpartisipasi aktif dari awal menyusun program sehingga sesuai dengan kemauan dan kebutuhan masyarakat. "Ya, kami sangat senang dengan kegiatan oleh kelompok Mas Hafidz. Besar harapan agar dapat dilanjutkan oleh uiversitas". Ujar Marwiyah, ketua P4S Madigondo.

Foto bersama mahasiswa sosiologi UIN Sunan Kalijaga bersama delegasi UMKM DIY-Jateng

Kegembiraan terlihat jelas pada raut wajah seluruh pelaku UMKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah sebagai gambaran sukses terselenggaranya program Pengembangan Masyarakat UIN Sunan Kalijaga.

"Wirausaha adalah mental karakter pantang menyerah, bijaksana, tekun, dan lain-lain. Semua orang bisa menjadi pengusaha karena sejatinya pengusaha merupakan orang yang berusaha, jadi apapun profesinya tetaplah berusaha, besar/kecil, jauh/dekat, jalani dengan karakter hebat!", ungkap Hafidz(ketua) saat berpamitan.

Ketua kelompok pengembangan masyarakat, Hafidz bersama ketua P4S Madigondo, Marwiyah berharap program ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image