Nurul Jubaedah, M.Ag: Mengaktifkan Bahasa Inggris di Kalangan Guru

Image
Slamet Samsoerizal
Eduaksi | Wednesday, 08 Jun 2022, 10:34 WIB
foto: dokpri NuJu

Giat Nurul Jubaedah, M.Ag dalam EFT + PGRI Batch B#12 punya misi memasyarakatkan Bahasa Inggris di kalangan guru, khususnya di Garut Jawa Barat. Ia prihatin kondisi pembelajaran bhs Inggris, di Garut. Selama ini pasif, makanya melalui acara ini English for Teacher Club.

“Ke depannya ingin mengaktifkan guru bahasa inggris agar lebih trampil dalam komunikasi bahasa Inggris” jelas Nurul Jubaedah, M.Ag melalui zoom.

Bagaimana strateginya agar guru bergairah dengan pembelajaran bhs Inggris?

“Mengajak mereka mengadakan program English For Teacher (EFT) agar ke depannya bisa melaksanakan kegiatan komunikasi seperti podcast atau club Di dalamnya tidak terikat hanya guru bahasa Inggris tetapi masuk ke program bilingual juga.”

10 Langkah Menulis

Dalam webinar yang digelar secara virtual pada 2 Juni 2022 itu, Nurul Jubaedah M. Ag memberikan materi khusus menulis dengan tajuk “10 Steps to be a Productive Writer for Beginner.

“Tujuan menulis adalah memberikan informasi tentang sesuatu yang berupa, fakta, opini, dan data kepada pembaca. Sehingga pembaca bisa mendapatkan ide dan pengetahuan baru dari tulisan.

Genre adalah jenis teks atau, dalam arti yang lebih luas, komposisi yang digunakan dalam konteks tertentu untuk tujuan tertentu dan sering kali memiliki bentuk, gaya, atau tema yang sama. Misalnya, ada genre dan subgenre non-fiksi (seperti biografi dan esai pribadi), sastra (puisi, fiksi, drama), musik (klasik, country, punk, dll.) hip hop, rap, rock) dan seni (masih hidup, potret, lanskap, abstraksi).

Ketika kita memahami apa itu genre, itu memengaruhi keputusan kita saat merencanakan, menciptakan, menyusun, meninjau, dan mengedit tulisan kita. Harapan yang akan dibuat untuk pembaca mengenai tujuan, bentuk, gaya dan bahan tulisan kami” jelas Nurul Jubaedah M. Ag.

Selanjutnya dipaparkan tentang sepuluh langkah bagi guru yang ingin memulai menulis baik di media daring maupun menulis buku. Berikut penuturan Nurul dalam bentuk tips.

Luruskan niat, pahami genre tulisan sendiri, masuk ke grup pegiat literasi, menulis di buku antologi sesuai grup, mulai menulis buku solo, mengikuti program menulis produktif, menulis di blog pribadi dan nasional, pasangkan tulisan dengan konten Youtube, share tulisan kita ke beberapa akun media sosial, dan aktif menjadi peserta lomba menulis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program pembuatan ruang literasi sebagai bentuk peningkatan minat baca SDN 13 Tambun Sukkean kecamat

Image

Peringatan HUT RI ke 77, Rutan Purworejo Tampilkan Beragam Baju Daerah Ala Model Profesional

Image

HUT RI Ke-77, 22 WBP Lapas Terbuka Nusakambangan Mendapat Remisi, 5 diantaranya Langsung Bebas

Image

Makna Hijrah dan Momentum Peringatan Kemerdekaan

Image

Terus Belajar, Menginspirasi, Memberi Manfaat, HUT RI ke-77 SIT Tunas Bangsa

Image

Upacara Kolaboratif HUT RI ke-77 ala SMP Mugadeta

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image