Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alpia Nur Zakiyyah Atorid

Perbedaan Tabligh, Ilmu Tabligh dan Dakwah

Agama | Wednesday, 08 Jun 2022, 09:39 WIB

Pengertian tabligh, secara bahasa merupakan bahasa Arab dari akar kata b-l-gh : baligh – yabaligh – tabaligha yang berarti menyampaikan. Secara istilah menurut Dr. Ibrahim Imam adalah memberikan informasi yang benar, pengetahuan yang faktual dan hakikat pasti yang bisa menolong atau membantu manusia untuk membentuk pendapat yang tepat dalam suatu kejadian atau dari berbagai kesulitan. Secara operasional yakni upaya menyampaikan nilai-nilai Islam melalui media lisan (khitabah), tulisan (kitabah), peragaan (i’lam) kepada umat manusia.

Pengertian ilmu tabligh merupakan pengetahuan atau pembelajaran bagaimana kita memahami mengenai tabligh atau memahami upaya atau cara dalam menyampaikan nilai-nilai Islam kepada khalayak melalui beberapa media, dengan bantuan beberapa metode.

Letak perbedaan dari tabligh dan ilmu tabligh adalah tabligh berpusat pada apa yang dilakukan atau apa yang diterapkan dari arti tabligh untuk menyampaikan informasi nilai nilai Islam, baik dari media apapun. Sedangkan ilmu tabligh berpusat pada ilmiah atau ilmu dalam menyampaikan informasi atau nilai-nilai Islam kepada khalayak, bagaimana cara ber tabligh yang baik melalui media apapun, cara khalayak dapat memahami apa yang diberikan.

Tabligh sangat bermanfaat dalam sistem dakwah Islam. Tabligh berbentuk kegiatan semacam pidato oleh seseorang atau kelompok yang memiliki pengetahuan agama Islam lebih mendalam kepada khalayak ramai. Melalui tabligh, dakwah Islam mengenai ajaran-ajaran agama Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadits dapat tersebar secara luas ke berbagai belahan dunia. Dalam arti lain, visi Islam dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas umat-Nya semakin mudah dengan adanya tabligh. Media tabligh semakin mudah untuk dilakukan dengan adanya media sosial.

Sesungguhnya dakwah dengan menggunakan tabligh ini bukan hanya kewajiban bagi Rasulullah saw, melainkan kewajiban seluruh umat-Nya yang telah mampu menyampaikan kebenaran Islam sesuai dengan tuntutan Al-Quran dan Hadits. Dalam berdakwah memalui tabligh tentunya ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengerjakannya. Penting memahami tata cara berdakwah yang baik menurut Islam.

Perbedaan tabligh dan dakwah adalah tabligh dilakukan seperti berpidato, yang disampaikan oleh satu orang atau lebih dengan memiliki pengetahuan agama Islam yang baik. Sedangkan dakwah adalah penyampaian berisi seruan, ajakan atau panggilan kepada khalayak umum, untuk berbuat dengan apa yang telah disampaikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image