Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jajang Permana Jaya

Guru Hebat , Matematika,Google Workspace For Education Masa Pandemi"

Guru Menulis | Sunday, 10 Oct 2021, 17:49 WIB
Optimalisasi google dokument dalam pembelajaran matematika materi program linear

Saat ini dimasa pandemi akibat penyebaran Coronavirus Disease atau lebih akrab disapa dengan Covid-19 proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasanya. Proses pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menjadi guru hebat dimasa pandemi ini bukanlah hal mudah, karena banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang guru, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Dalam keseharian sebelum masa pandemi, matematika merupakan pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik, karena menurut mereka matematika itu sulit, oleh karena itu dibutuhkan kegiatan yang menarik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam menyampaikan sebuah materi guru harus mampu memberikan aktivitas yang membuat para siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran.sebagai seorang guru kita tidak boleh menyerah begitu saja, kita harus mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran matematika khususnya masa pandemi seperti saat ini. Berbagai cara saya lakukan untuk mencari berbagai sumber belajar, di media sosial, internet dll.

Suatu hari saya melihat brosur di instagram mengenai "Pelatihan Google Space For Education" dan saya mulai tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut, Singkat cerita saya mulai mengikuti pelatihan tersebut , banyak sekali ilmu yang saya dapatkan di pelatihan tersebut diantaranya mengenai Google Form, Google Classromm, Google Dokumen dan fitur2 lainnya. Dari Fitur-fitur tersebut saya sangat tertarik dengan google dokumen karena pada google dokumen peserta didik dapat berkolaborasi dalam mengerjakan berbagai masalah. Saat itu juga saya langsung membuat rencana pembelajaran menggunakan media google dokument untuk materi Program Linear.

Gambar Kolaborasi siswa dalam menyelesaikan soal program linear menggunakan google Dokument

Pada saat saya mengajak siswa berkolaborasi dalam mengerjakan soal matematika, mereka terlihat biasa saja, pada saat salah satu temannya mulai sibuk mengerjakan sendiri, mulailah peserta didik yang lain tertarik dan sibuk mengetik secara berkolaborasi, ketika melihat itu perasaan saya senang, terbukti bahwa google dokumen ini cocok sekali untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dengan program linear.

Selesai proses pembelajaran saya mengevaluasi kegiatan tersebut dan melakukan refleksi. Refeksi siswa pun baik karena menurut mereka pelajaran kali ini cukup menarik, walapun ada beberpa kendala misalnya jaringan.

Ternyata untuk membuat pembelajaran jarak jauh agar menarik itu ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kita sebagai guru diantaranya :

1. Peserta didik diajak melakukan kegiatan atau mengamati materi pembelajaran.

2. Peserta didik bertukar gagasan dengan guru, sesama siswa, atau orang lain.

3. Peserta didik menyampaikan gagasan kepada guru, teman atau orang lain.

4. Peserta didik memaknai materi dan proses belajar yang telah dialami.

Dengan demikian pembelajaran jarak jauh akan tetap menjadi pembelajaran aktif dimasa pandemi ini. Tidak sulit menjadi Guru Hebat selama kita selalu belajar, belajar dan belajar, kemudian mebagikannya kepada orang lain insyaallah akan bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image