Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dia Zakiyatun Nabilah

Memahami Matematika Susah? Tips Memahami Matematika dengan Mudah

Eduaksi | Sunday, 05 Jun 2022, 11:43 WIB

Memahami Matematika Susah? Tips Memahami Matematika dengan Mudah

Sumber : Edit by Canva

Kenapa ya kebanyakan orang memandang bahwa matematika itu rumit, membosankan dan sering bikin pusing? Ya karena mereka tidak mengetahui bahwa sebenarnya matematika itu menyenangkan dan penting sekali lho. Kok bisa? Ya karena dari matematika kita bisa menghitung laba penjualan, menghitung berat dan isi, dan matematika juga bisa menafsirkan data. Tanpa disadari orang yang menyukai matematika dapat berpikir secara kritis, praktis dan logis serta berjiwa kreatif. Nah masih mikir kalau matematika susah? Nih ada beberapa tips cara belajar matematika dengan mudah!

1. Menanamkan ketertarikan terhadap matematika

Ketertarikan menyukai matematika hanya mungkin dimiliki beberapa orang saja, namun jika kamu suka bermain dengan angka dan kamu merasa ingin tau tentang rumus berarti bisa saja kamu sudah ada ketertarikan terhadap matematika lho.

2. Merubah mindset jika matematika susah

Merubah mindset bahwa matematika itu tidak susah seperti yang dibayangkan, tetapi matematika itu menyenangkan dan menantang.

3. Memahami konsep dasar

Memahami konsep dasar merupakan hal penting karena jika sudah memahami konsep dasar kamu akan bisa bermain main dengan rumus. Sehingga kedepannya kamu tidak akan lagi kesusahan memahami rumus yang dimodifikasi, karena matematika seringkali memodifikasi rumus.

4. Cari suasana tenang

Biasanya jika ingin belajar matematika itu lebih nyaman di suasana yang tenang sehingga kita dapat berpikir dengan maksimal.

5. Jangan menghindari soal yang susah

Biasanya kebanyakan orang jika menemukan soal soal yang susah pasti dihindari apalagi kalau hanya melihat dari soalnya saja. Semakin dihindari semakin tidak paham, jika menemukan model soal yang sama apa akan dihindari terus menerus? Ya pastinya tidak kan, sehingga jangan lagi menghindari soal yang susah.

6. Memperbanyak mengerjakan latihan soal

Jika kita memperbanyak mengerjakan Latihan soal maka akan mudah mengerjakan soal soal dengan model soal yang berbeda beda karena kita sudah terbiasa dengan soal seperti itu.

7. Menyusun rumus dengan rapi dan menarik

Menyusu rumus dengan rapi dan menarik juga termasuk salah satu cara agar belajar matematika tidak membosankan dan mudah. Karena dengan tulisan yang rapi dan menarik kita tidak akan bosan jika melihat rumus rumus tersebut.

8. Jangan malu bertanya

Malu bertanya sesat dijalan, semakin malu bertanya tidak akan bisa mengerjakan model soal yang lebih susah.

Itulah beberapa tips agar belajar matematika dengan mudah, semoga bermanfaat :)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image