Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asma Sya'bania

Pendarahan Pada Gusi, Akibat Jarang Membersihkan Karang Gigi

Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 08:05 WIB
Pendarahan Pada Gusi, Akibat Jarang Membersihkan Karang Gigi

Rongga mulut merupakan tempat utama dari pencernaan tubuh. Kita dapat menilai apakah makanan yang kita makan terbebas dari kuman dan bakteri ketika dicerna didalam rongga perut dari rongga mulut ini, karena didalam rongga mulut terdapat banyak bakteri dan kuman. Sehingga untuk memberikan efek yang baik dalam tubuh kita, kita harus rajin membersihkan rongga mulut, cara membersihkan yang paling mudah adalah dengan menyikat gigi sehari 2 kali di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. kita juga harus rutin memeriksakan gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi. Dan membersihkan karang gigi juga sangat penting.

Penyakit akibat kebersihan mulut banyak sekali, salah satunya adalah pendarahan pada gusi(Gingivitis). Pendarahan pada gusi ini disebabkan oleh bakteri dari plak yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan. Plak sendiri merupakan sisa makanan yang tidak dibersihkan secara rutin, sehingga akan menumpuk dalam rongga mulut , menjadi keras dan akan menempel pada gigi. Gejala awal dari pendarahan pada gusi ini adalah gusi tampak kemerahan, gusi tampak membengkak dan saat disentuh maupun tidak disentuh mengeluarkan darah. Salah satu bentuk antisipasi dari pendarahan pada gusi ini adalah dengan pembersihan karang gigi secara rutin.

Pembersihan karang gigi yang tidak rutin akan mengakibatkan terjadinya pendarahan pada gusi akibat plak yang terus-menerus menempel pada gigi dan mengakibatkan bakteri berkembang biak di sekitar rongga mulut. Sehingga sangat penting untuk dilakukan pembersihan karang gigi ini agar menghindari pendarahan pada gusi. Oleh karena itu, kita harus rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi sebagai salah satu upaya menghindari terjadinya peradangan pada gusi dengan membersihkan karang gigi.

Untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut kita harus melakukan pola sehat dengan tidak merokok, minum alkohol, dan melakukan aktivita buruk lainnya. dan memperbanyak makanan sayur-sayuran dan buah, serta menjaga kebersihan rongga mulut dengan sikat gigi 2 kali sehari pagi dan malam hari dan juga membersihkan karang gigi. Sumber :

Julianti, R., Dharma, M., Erdaliza, A. D., Fahmi, F., & Laila, A. (2008). Gigi dan Mulut. Tutorial. University of Riau: Riau.

Arianto, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeliharaan Kebersihan Gigi Dan Mulut di Kelurahan Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. Jurnal Analis Kesehatan, 7(2), 744-748.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image