Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

3 Cara Perawatan Mobil Diesel Yang Mudah Dan Benar

Eduaksi | Thursday, 02 Jun 2022, 15:58 WIB

Bagi sebagian orang, mobil diesel merupakan jenis mobil yang menjadi penggerak utama. Tipe ini terkenal dengan performanya yang lebih intens dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Tentunya mobil ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan off-road atau jauh.

Pasalnya, mobil ini mampu mengatasi tanjakan dan jalan banjir yang jauh lebih ekstrem daripada mobil bensin. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa mobil Gahar ini tentunya membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga keawetannya dan menstabilkan performanya.

Sekarang mari kita lihat seperti apa perawatan yang umumnya dilakukan pada kendaraan bermesin diesel ini. GPSKU akan membahasnya pada artikel dibawah ini.

3 Cara Mudah Merawat Mesin Diesel Agar Awet

1. Oli mesin perlu diganti secara teratur tergantung pada situasi penggunaan.

Oli motor merupakan produk penting yang harus menjadi prioritas utama. Sangat disarankan untuk menggunakan oli mesin yang memenuhi rekomendasi pabrikan kendaraan untuk jenis kendaraan ini.

Direkomendasikan agar pertukaran itu sendiri ditukar setiap 10.000 km untuk penggunaan ringan seperti aktivitas perkotaan sehari-hari. Atau setiap 5.000 km untuk penggunaan yang sering, seperti touring atau off-road menanjak.

2. Filter diesel yang sama pentingnya perlu diganti secara teratur

Fungsi filter solar pada kendaraan diesel adalah menyaring air pada bahan bakar dan kotoran yang dikandungnya. Tidak seperti filter bensin, perlu Anda ketahui bahwa solar selalu mengandung air, sehingga memperpendek umur filter diesel ini. Baca juga pajak motor nmax disini. Oleh karena itu, filter diesel harus diganti secara berkala. Ini biasanya dilakukan setiap 30.000 km.

3. Seperti halnya filter solar, filter udara merupakan bagian yang harus diperiksa secara mutlak.

Filter udara untuk kendaraan diesel lebih sensitif daripada filter udara untuk kendaraan bensin. Ini karena mesin diesel menggunakan kompresi tinggi, yang bisa mencapai 200 bar. Karena kompresi tinggi ini, kotoran, debu, dan partikel lain bisa masuk ke ruang bakar. Dalam hal ini, dinding silinder ruang bakar dapat tergores, sehingga pemeriksaan filter udara secara teratur diperlukan untuk kendaraan diesel.

Nah, bagi sobat yang memiliki mobil bermesin diesel boleh dicoba nih cara merawat mesin diesel yang ampuh agar terawat dengan awet. Biar lebih aman pasang gps mobil untuk mobil diesel sobat ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image