Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ilyas Yakob

Cabut Gigi Pakai Benang? Aman atau Tidak?

Eduaksi | Thursday, 02 Jun 2022, 15:56 WIB
Cabut gigi anak memakai benang apakah aman atau tidak?

Umumnya usia 6-9 tahun, Gigi tetap pada anak akan tumbuh, sehingga gigi susu pada anak mulai tanggal atau copot. Terlepas atau copotnya gigi susu biasanya menyebabkan gigi anak mulai goyang. Goyangnya gigi ini menyebabkan anak sering rewel atau mengeluh akibat sulitnya makan karena gigi terasa sakit, menyebabkan beberapa orang tua merasa gemas ingin mencabut sendiri gigi pada anaknya. Salah satu cara mencabut gigi pada anak yaitu memakai benang. Apakah aman mencabut gigi pada anak dengan benang?

Gigi susu pada anak umumnya akan tanggal atau copot secara alami atau dengan sendirinya. Biasanya jika akar gigi pendek ketika gigi goyang dan anak menggoyang secara perlahan dengan lidah maka akan copot dengan sendirinya. Namun jika akar gigi pada anak panjang dan ketika gigi goyang selama beberapa hari masih belum terlepas dengan sendirinya. Sebaiknya segera memeriksanya kepada dokter gigi, karena jika orang tua memaksa mencabut sendiri dengan menggunakan benang dan akar gigi masih tertanam, bisa saja anak mengalami nyeri atau kesakitan saat giginya dicabut, selain itu bisa terjadi pendarahan yang banyak pada anak. Apalagi jika benang yang digunakan tidak terjamin kebersihannya, maka akan menyebabkan infeksi pada rongga mulut.

Ketika gigi sudah tercabut dengan sendirinya dan mengakibatkan rasa tidak nyaman, nyeri, bengkak dan gatal disekitar gigi dan gusi. Tidak perlu khawatir karena gigi dan gusi akan membaik dengan sendirinya. Untuk mengatasi atau memperingan rasa nyerinya bisa dengan mengkrompes dengan air dingin atau air hangat pada wajah anak. Serta mengedukasi anak agar rajin menjaga kebersihan rongga mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, mengonsumsi makanan bergizi. Ketika gigi anak masih mengalami rasa nyeri setelah beberapa hari gigi tanggal, dan terjadi pembengkakan alangkah baiknya segera knsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/berapa-lama-gigi-susu-goyang-hingga-lepas-

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3437909/kata-dokter-soal-mencabut-gigi-memakai-benang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image