Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

Jejaring Sosial Plurk Mendapatkan Investasi Baru

Bisnis | Wednesday, 06 Oct 2021, 14:23 WIB
Plurk Logo

Apakah Anda masih mengingat situs jejaring sosial yang bernama Plurk ini? Baik, ini mungkin kurang menjadi populer di Indonesia di kalangan tertentu, meski masih memiliki pengguna aktif di sini namun popularitasnya bisa jadi kalah dengan beberapa jejaring sosial lain yang sampai saat ini masih dan semakin populer. Namun, sepertinya kondisi itu akan segera berubah.

Plurk telah mendapatkan pendanaan baru dari investor asal Cina, WI Harper. Dengan dana baru ini tentu saja pengembangan produk dan strategi lain bisa dilakukan dan mungkin saja membawa Plurk menjadi lebih populer lagi. Sampai saat ini, seperti yang dikutip dari Index.co, data keaktifan pengguna Plurk juga cukup lumayan, ada 3 juta 'plurks' yang dibagikan pengguna setiap hari dan rata-rata setiap pengguna aktif membagikan 15 'status' setiap hari.

Plurk sendiri merupakan jejaring sosial yang tampil dalam bentuk tampilan visual berdasarkan waktu status dibagikan, teman Anda bisa memberikan komentar atau 'replurk', Anda bisa mengumpulkan angka karma atas keaktifan yang dilakukan di jejaring sosial ini.

Seperti yang diberitakan oleh Caileak's Plurk di laman resminya, Plurk akan memfokuskan diri pada pengguna Asia, dimana 60% trafik berasal dari Taiwan, sedangkan pasar besar mereka lainnya adalah Jepang, Filipina dan tentu saja Indonesia. Selain Taiwan, Indonesia menjadi pasar terkuat mereka. Jika Anda membuka situs Plurk, tanpa sign in, Anda akan melihat berbagai status yang berasal dari pengguna Indonesia. Strategi mereka adalah menjadi layanan yang digunakan untuk pasar ceruk. Plurk masih optimis untuk bisa mendapatkan pengguna yang terus kembali menggunakan layanan mereka, alias pengguna setia.

Salah satu usaha untuk memberikan hal baru pada layanannya, Plurk baru saja mengumumkan fitur baru bernama 'Anonymous Plurking' yang memungkinkan pengguna untuk membagikan konten anonim ke timeline teman mereka.

Masih dikutip dari e27, untuk strategi ke depan sendiri, dengan adanya pendanaan ini, Plurk akan memfokuskan pada inovasi produk, ekspansi global atas kota dan negara tertentu serta menambah tim di perusahaan mereka.

Seperti halnya petisi Change.org yang bersiap kembali ke medan pertarungan jejaring sosial, Plurk kini punya amunisi baru, mari kita amati perkembangan selanjutnya, terutama di Indonesia yang menjadi salah satu target pasar mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image