Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kardawi

Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Berbicara Di Depan Umum

Gaya Hidup | Tuesday, 05 Oct 2021, 16:22 WIB
Foto by : kardawi

Selain kepercayaan diri, ternyata 3 hal ini yang sangat patut diperhatikan untuk menambah keprofesian dalam berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum tidak semua orang dapat melakukannya. Tetapi tidak salah buat kamu untuk memperhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Visual

Dalam melakukan pembicaraan di depan umum atau publik speaking yang berkaitan dengan visual ialah cara berpenampilan yang menarik. Perhatikanlah penampilan kamu sebelum berbicara atau tampil. Penampilan yang bagus dan rapi bisa menambah kepercayaan diri kamu.

2. Vokal

Sebelum kamu tampil alangkah baiknya melakukan latihan vokal atau senam mulut sekitar 10 menit supaya mulut kamu terbiasa dan tidak kaku saat berbicara nanti.

3. Verbal

Selain visual dan vokal ada juga yang namanya verbal. Verbal ini meliputi gaya kita saat berbicara secara formal. Bahkan cara kita memegang mikrofon harus dengan tangan kiri jikalau tangan kanan dibutuhkan untuk presentasi. Hal ini dilakukan supaya terlihat lebih sopan dengan audiens.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image