Yoga Bisa Hambat Pengapuran SendI

Image
Abah Konten
Olahraga | Sunday, 29 May 2022, 13:00 WIB
Yoga. Ilustrasi

Banyak manfaat bisa didapat dengan melakukan latihan Yoga. Salah satunya menghambat dan mengurangi rasa nyeri akibat pengapuran sendi atau osteoartritis.

Osteoartritis, seperti dilansir reumatologi.or.id, adalah penyakit kronis yang menimpa sendi dan tulang di sekitar sendi tersebut. Keluhan yang dirasakan penderita pada umumnya adalah nyeri dan kaku pada sendi, terutama yang menyangga berat tubuh seperti sendi lutut atau pinggang.

Kondisi tersebut sulit disembuhkan. Penyakit ini biasanya memburuk sejalan dengan usia. Beberapa solusi singkat sering dilakukan penderita adalah meminum obat penghilang nyeri (painkillers), obat anti-peradangan, dan dalam beberapa kasus melakukan operasi untuk mengganti sendi bermasalah.

Meski begitu ada cara-cara lebih alami untuk mengurangi nyeri dan menghambat penyakit ini.

Konsultan bedah orthopaedic di Rumah Sakit Wellington di London, Simon Moyes, memaparkan beberapa cara lebih sehat untuk meredakan penyakit ini adalah dengan menjaga bobot tubuh dalam berat normal, melakukan diet sehat dan melakukan latihan fisik ringan dan lembut. Untuk cara yang disebutnya terakhir ia merekomendasikan Yoga.

“Yoga sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi dan itu bisa memperbaiki gejala-gejala seperti kekakuan pada tulang. Yoga juga membuat Anda lebih relaks dan bisa mengurangi nyeri akibat kekakuan di sekitar sendi,” kata Moyes 2015 lalu.

Menurut dia salah satu masalah terbesar bagi penderita osteoartritis adalah kesulitan melakukan ativitas sehari-hari. Padahal aktivitas fisik rutin cukup penting untuk orang dengan pengapuran atau radang sendi. Yoga bisa menjadi solusi terbaik, karena gerakan dalam latihan ini lembut namun secara bertahap dapat membangun kekuatan dan keseimbangan. Selain itu Yoga juga bisa menguransi stres dan gejala depresi.

“Yoga membantu memperbaiki fleksibilitas dan fungsi sendi dan karena itu bisa mengurangi risiko cedera, apalagi jika pasien sering terlibat dalam aktivitas olahraga,” kata dia. “Saat ini kita bisa melihat banyak atlet seperti pesepak bola profesional melakukan yoga untuk mengurangi risiko cedera.”

Sumber: http://www.express.co.uk

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengontenkan konten ---------Kontak saya di abahkonten@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

iGram: Converter Video MP4 Instagram Best 2022

Image

Unduh Youtube Mp4 Hanya dengan Tempelkan Link Saja di Savefrom Net 2022 Lebih Praktis

Image

Panggil Aku Ibu

Image

Masa Pandemi Turunkan Kepercayaan Diri?

Image

Mp3 Juice: Tips Rahasia Download Lagu Secara Cepat Tanpa Menggunakan Aplikasi

Image

YTMP3: Paling Mudah Download Music YouTube MP3 Hanya 1 Klik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image