Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alpia Nur Zakiyyah Atorid

Media Online dan Konten Dakwah

Agama | Saturday, 28 May 2022, 20:01 WIB

Media online adalah suatu perantara atau saluran komunikasi yang dapat menyalurkan informasi atau pesan melalui situs yang tersedia secara online atau website internet. Semua terhubung dengan internet atau hanya bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Bila mana tidak adanya jaringan internet, kita tidak dapat mengakses media online dan tidak bisa menerima informasi maupun mengirim informasi dengan baik.

Lalu apakah yakin bahwa konten-konten dakwah yang ada di Media online itu benar secara Islam? Sebelum kita mencari tahu mengenai konten dakwah yang ingin kita ketahui, alangkah baiknya kita harus mencari tahu terlebih dahulu. Semisal isi konten dakwah tersebut terdapat hadits, coba kita telaah dulu dan cari tahu apakah hadits itu benar adanya. Ada juga semisal dalam konteks dakwah tersebut berisi ucapan kalimat seorang ustadz/ustadzah, coba kita cari tahu dulu benarkah beliau pernah berbicara seperti itu. Kita juga dapat mencari tahu kebenarannya lewat buku maupun mencari tahu kepada orang yang mengerti maupun mencari tahu lewat media online lain yang lebih dari satu dan membandingkannya.

Adapun hal yang dapat kita lakukan untuk mengetahui apakah itu konten dakwah yang benar secara Islam atau tidak, seperti pertama, kita harus mempunyai website yang dapat kita percayai, sudah banyak yang baca maupun kebenarannya tidak diragukan lagi. Kedua, melihat isi sumber konten dakwah atau daftar pustaka yang beliau (pengirim konten dakwah) gunakan. Dan ketiga mencoba untuk melihat konten dakwah yang secara langsung disampaikan oleh pembuat konten dakwah, seperti melihat di Youtube.

Media online sudah cukup banyak dan sumber yang kita butuhkan cukup memadai, begitupun untuk mencari sumber dakwah. Memanfaatkan media online untuk kegunaan yang baik seperti berdakwah. Memanfaatkan media sosial untuk berdakwah dapat melalui media sosial maupun website, kita dapat mengirim konten-konten dakwah melalui akun media sosial atau aplikasi dan website dengan membuat blog atau apapun itu. Kita dapat mengirim konten yang bermutu dan Islami, dengan isi konten yang bernilai baik. Kita juga perlu merangkai kalimat yang indah dan baik, untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan para pembaca maupun yang melihat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image