Media Online dan Konten Dakwah

Image
Alpia Nur Zakiyyah Atorid
Agama | Saturday, 28 May 2022, 20:01 WIB

Media online adalah suatu perantara atau saluran komunikasi yang dapat menyalurkan informasi atau pesan melalui situs yang tersedia secara online atau website internet. Semua terhubung dengan internet atau hanya bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Bila mana tidak adanya jaringan internet, kita tidak dapat mengakses media online dan tidak bisa menerima informasi maupun mengirim informasi dengan baik.

Lalu apakah yakin bahwa konten-konten dakwah yang ada di Media online itu benar secara Islam? Sebelum kita mencari tahu mengenai konten dakwah yang ingin kita ketahui, alangkah baiknya kita harus mencari tahu terlebih dahulu. Semisal isi konten dakwah tersebut terdapat hadits, coba kita telaah dulu dan cari tahu apakah hadits itu benar adanya. Ada juga semisal dalam konteks dakwah tersebut berisi ucapan kalimat seorang ustadz/ustadzah, coba kita cari tahu dulu benarkah beliau pernah berbicara seperti itu. Kita juga dapat mencari tahu kebenarannya lewat buku maupun mencari tahu kepada orang yang mengerti maupun mencari tahu lewat media online lain yang lebih dari satu dan membandingkannya.

Adapun hal yang dapat kita lakukan untuk mengetahui apakah itu konten dakwah yang benar secara Islam atau tidak, seperti pertama, kita harus mempunyai website yang dapat kita percayai, sudah banyak yang baca maupun kebenarannya tidak diragukan lagi. Kedua, melihat isi sumber konten dakwah atau daftar pustaka yang beliau (pengirim konten dakwah) gunakan. Dan ketiga mencoba untuk melihat konten dakwah yang secara langsung disampaikan oleh pembuat konten dakwah, seperti melihat di Youtube.

Media online sudah cukup banyak dan sumber yang kita butuhkan cukup memadai, begitupun untuk mencari sumber dakwah. Memanfaatkan media online untuk kegunaan yang baik seperti berdakwah. Memanfaatkan media sosial untuk berdakwah dapat melalui media sosial maupun website, kita dapat mengirim konten-konten dakwah melalui akun media sosial atau aplikasi dan website dengan membuat blog atau apapun itu. Kita dapat mengirim konten yang bermutu dan Islami, dengan isi konten yang bernilai baik. Kita juga perlu merangkai kalimat yang indah dan baik, untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan para pembaca maupun yang melihat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Undergraduate Islamic Broadcasting Communication

Harapan Para Pelajar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Merdeka Finansial dengan Investasi, Jangan Tunda Nanti-nanti

Image

EUFORIA IBRAH BACK TO SCHOOL DALAM MENYONGSONG HUT RI KE 77

Image

Pengabdian Kepada Masyarakat Jelang HUT RI Ke-77, Sungai Saleppa Dibersihkan Pasukan Merah Putih

Image

Terus Mempermudah, Imigrasi Palembang Layani Penerbitan Paspor Bagi Orang Sakit

Image

Semarakkan HUT RI ke-77 dan HDKD ke-77 Pendaki Lapas Pati Bersama Tim Jateng Taklukkan Puncak Gunung

Image

Rutan Jepara Ikuti Webinar SDM BerAKHLAK Bangga Melayani Bangsa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image