Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sigid PN

Guru Bijak Wujudkan Merdeka Belajar

Guru Menulis | Saturday, 28 May 2022, 17:22 WIB

Demi meraih suatu tujuan yang tentunya berdampak positif bagi kemajuan sekolah, tentunya akan bisa dengan mudah dilakukan jika terjalin kerjasama yang baik atau menciptakan team work yang solid.

Oleh karena itu komunikasi sangat diperlukan agar terwujud suatu kolaborasi yang apik dan elegan. Kenapa dikatakan elegan? Karena selain kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh stekholder yang ada, sudah barang tentu perlu didukung pula dari sisi kepribadian atau nilai-nilai karakter positif yang diaplikasikan dalam aktivitas keseharian di sekolah.

Dampaknya akan besar sekali dimana harmonisasi, rasa kekeluargaan serta saling memiliki bakal terbina dan ini akan memudahkan dalam mencapai visi misi yang hendak dicapai oleh sekolah tersebut.

Terlebih lagi perilaku guru memang dicontoh dan ditiru oleh murid. Jadi kesadaran untuk menerapkan nilai-nilai karakter positif sudah menjadi syarat mutlak bagi guru.

Nah, bagaimana jika terjadi miskomunikasi atau muncul permasalahan? Karena dalam suatu lingkungan kerja itu sangat lumrah jika terdiri dari bermacam-macam perbedaan sudut pandang setiap orang. Sekali lagi, dengan bekal kompetensi serta nilai karakter berperan penting dalam penyelesaian permasalahan. Aturan Pemerintah bukan hanya untuk dipahami tapi juga untuk dipatuhi, hal tersebut sudah cukup untuk dijadikan acuan atau pedoman dalam penyelesaian suatu masalah. Klop sudah jika disertai dengan musyawarah dan menghargai kode etik.

Ingat, hal terpenting yang perlu kita ejawantahkan di sekolah adalah ketulusan kita untuk menjadi guru yang seutuhnya bagi anak didik kita, anak didik bahagia bersama kita, merasakan kemerdekaan belajar serta bersemangat untuk mengikuti pelajaran di kelas. Yang mesti kita pikirkan bersama adalah apa yang bisa kita berikan untuk kebahagiaan anak didik walaupun itu merupakan hal kecil tapi tentunya akan sangat berarti bagi mereka, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu marilah kita ciptakan suasana yang baik serta dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah dan marilah kita menjadi guru bijak demi mewujudkan merdeka belajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image