Kenalkan Dunia Kerja Siswa MAN 1 Sleman Ikuti PKL

Image
Guru Belajar
Eduaksi | Thursday, 26 May 2022, 22:17 WIB
Dokpri: Foto Siswa praktik perawatan dan perbaikan sepeda motor di BLPT Yogyakarta

Guna mengenalkan dunia kerja dan dunia usaha siswa MAN 1 Sleman mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kepala Madrasah (Kamad) Drs. H. Soir, M.S.I mengatakan PKL bertujuan untuk mengenalkan siswa pada dunia kerja dan usaha. Sehingga ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat. “Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lulusan Madrasah yang berkualitas, memiliki daya saing dan relevansi dengan dunia usaha dan dunia industri,”ungkap Kamad

Sementara itu Drs. H.Gunarta, M.Pd. Ketua program keterampilan mengatakan bahwa kecakapan dan keterampilan vokasi tidak hanya diperoleh melalui proses pembelajaran teori - praktik di kelas, namun siswa perlu melaksanakan PKL di lembaga atau dunia industri. PKL merupakan bagian dari program wajib untuk keterampilan yang diikuti siswa.

“Pelaksanaan program ini sesuai SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5466 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran MA Plus Keterampilan,” terang Gunarta ketika meninjau peserta PKL di BLPT Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

Lulusan Madrasah aliyah diharapkan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang vokasi/keterampilan tertentu. Madrasah Plus Keterampilan pada hakekatnya merupakan Madrasah Aliyah yang menyelenggarakan program tambahan keterampilan sebagai salah satu mata pelajaran pilihan. Seiring dengan perkembangan zaman maka perlu disiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu para siswa perlu diasah dan dibimbing agar terampil dan bisa berkembang sesuai kebutuhan dunia kerja di era teknologi.

Adapun lokasi PKL selengkapnya adalah program keterampilan Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor, Teknik Desain dan Produk Furniture, Teknik Komputer &Jaringan dan Teknik Multimedia melakukan PKL di BLPT Yogyakarta. Program Keterampilan Tata Busana berlangsung di LPK Nita Busana. Sedangkan program keterampilan Tata Boga dilaksanakan di Grand Serela Hotel Yogyakarta.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Bukan Hanya Skill, Warga Binaan Rutan Majene Juga Dapat Upah Panen Sayuran

Image

Dukung Pemberantasan Narkoba, Imigrasi Palembang Gelar Pengecekan Urine Rutin

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Image

Upayakan Kemaslahatan Umat, Illiza Sa'aduddin Djamal Justru Berujung Digugat

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, WBP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Aktif Ikuti Pembinaan Pramuka

Image

Kalapas Banyuasin Hadiri Tasyakuran HUT Bhayangkara ke - 76, Wujud Sinergi yang baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image