Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Catatanteknisi

5 Cara Mudah Merawat Baterai Laptop

Teknologi | Sunday, 26 Sep 2021, 07:31 WIB

Baterai laptop merupakan bagian yang penting yang perlu kita rawat agar tetap awet dan selalu siap untuk dipakai. Baterai laptop yang baik bisa dilihat dari kondisinya yang masih bisa di charge dan tidak mudah ngedrop ketika dipakai.

Agar baterai laptop tetap awet dan bisa tetap berfungsi secara optimal, berikut ini adalah 5 cara mudah merawat baterai laptop yang bisa kita lakukan.

1. Cabut charger saat baterai sudah terisi full 100%.

Membiarkan charger tetap nempel saat baterai sudah full / terisi penuh akan menyebabkan baterai bekerja extra sehingga cepat bocor dan fungsi baterai menurun.

Bahkan beberapa ahli menyarankan agar kita mencabut charger ketika baterai telah terisi 75 persennya saja.

2. Jangan biarkan kapasitas baterai laptop habis sama sekali sampai 0%.

Membiarkan baterai sampai habis sama sekali akan mempercepat penurunan fungsi baterai dan menyebabkan kerusakan komponen laptop yang lainnya.

Lakukan pengisian daya / charge baterai laptop saat kapasitasnya dikisaran 25 persen. Kapasitas baterai kurang dari 20 persen dapat membahayakan baterai Li-ion.

3. Lepaskan baterai apabila laptop tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama

Apabila laptop tidak akan kita gunakan dalam waktu yang cukup lama, lepaskan baterai dan simpanlah di tempat dengan suhu ruangan 10 – 30 derajat celcius.

Sebelum baterai laptop disimpan pastikan sudah di charge dulu sampai kapasitas baterai sekitar 60 persen.

4. Lepaskan Baterai Jika Sudah Menggunakan Power Listrik

Sebaiknya lepaskan baterai dan hanya gunakan adaptor / charger (yang terhubung ke listrik) saja saat kita akan bekerja dengan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini untuk menghindari kerusakan baterai laptop karena terjadinya panas berlebih / overheat yang disebabkan adanya aliran listrik pada laptop tersebut.

5. Aktifkan Mode Power Saver

Secara default, kebanyakan laptop Windows diatur dengan mode Balance. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan daya laptop melalui Panel Control atau klik Icon baterai pada Taskbar di sisi kanan bawah layar, lalu pilih Power Mode: Battery saver.

Fitur penghematan baterai ini sudah tersedia pada berbagai jenis laptop. Dengan fitur ini kita dapat memperpanjang masa pakai baterai dan menghemat daya saat dalam keadaan kritis.

Update artikel ini bisa dibaca pada Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image