Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image JESSICA SARAH N P P

Semakin Bebas, Begini Gaya Belajar Bila Pandemi Berakhir

Olahraga | Saturday, 25 Sep 2021, 23:43 WIB
Seorang pelajar mengikuti pembelajaran daring | foto : ANTARA/Mohammad Ayudha

Sorot mata tenang dan serius memperhatikan penjelasan guru. Sembari mencatat di atas buku. Atasan seragam dan bawahan celana tidur terus melekat di badan untuk menemani sekolah dari pagi hingga siang hari. Memberi sapa dan senyum dengan berbatas layar. Begitulah keseharian pelajar online dalam menuntut ilmu di sekolah maupun perguruan tinggi.

Pandemi Covid-19 memaksa metode pembelajaran di Indonesia untuk berkembang. Guru tidak lagi harus bertatap muka langsung dengan murid dalam satu ruangan. Pemberian materi dan pengumpulan tugas menjadi dilakukan secara online. Para guru berusaha untuk mengemas dengan baik agar materi mampu dipahami oleh murid serta para murid berusaha untuk berperan aktif untuk memahaminya.

Setahun lebih masyarakat hidup bersama dengan pandemi Covid-19. Pelajar semakin terbiasa dengan adanya perubahan metode pembelajaran jarak jauh. Metode yang baru ini tentu mengubah gaya belajar sebagian besar para pelajar. Hasil analisa Aldiyah (2021) mengungkapkan terdapat perubahan gaya belajar positif pada pelajar dimana mereka mampu untuk semakin aktif dan kreatif.

Saat pandemi berakhir, gaya belajar para pelajar akan semakin dinamis. Mereka tidak hanya belajar tentang pelajaran di sekolah, melainkan mampu mendalami apapun yang mereka ingin pelajari di dunia luar. Daya keingintahuan yang besar dan semangat mempelajari hal baru pada pelajar, mendorong mereka untuk semakin menggali ilmur. Ditambah lagi dengan kemudahan untuk mengakses dan menyebarkan informasi yang ada di berbagai daerah secara cepat, pelajar akan semakin bebas untuk menggali ilmu yang ingin mereka pelajari.

Gaya belajar yang bebas ini dapat terjadi dengan adanya dorongan, salah satunya dengan program pemerintah dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2021, Nadiem Makarim. Untuk mendukung kegigihan belajar para pelajar, beliau mengadakan berbagai program. Program yang turut mendukung perluasan pembelajaran pelajar diantaranya adalah Kampus Merdeka dan Digitalisasi Sekolah.

Pandemi Covid-19 boleh saja berakhir, namun ternyata meninggalkan perubahan yang baik di pendidikan Indonesia sehingga mampu mengikuti perkembangan yang ada.

Referensi : Aldiyah, E. 2021. PERUBAHAN GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan. 1(1) : 8-16.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image