Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dick

Media Sosial dan Website Manakah yang Terbaik Untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Politik | Monday, 23 May 2022, 14:27 WIB

Halo sahabat republik kali ini kita akan membahas tentang bisnis rumahan yang terbaik apakah menggunakan media sosial atau website? Mungkin Anda ingin berjualan online dan berpikir ingin menggunakan platform media sosial dalam aktivitas pemasaran. Namun apakah menggunakan media sosial saja sudah cukup?

Saat ini perkembangan dunia bisnis digital semakin pesat terlihat dari banyaknya konsumen yang berbelanja online. Ini yang membuat banyaknya para pelaku usaha khususnya menengah ke bawah ikut dalam bisnis berjualan online. Antusiasnya masyarakat dalam membeli produk online, ini membuat kebutuhan akan konsumen juga banyak. Namun apakah bisnis Anda sanggup menjangkau masyarakat yang begitu banyak dengan menggunakan media sosial?

Jika menurut Anda belum sanggup dalam menjangkau masyarakat luas hanya dengan mengandalkan media sosial. Maka Anda bisa menggunakan platform lain seperti website dalam membangun bisnis rumahan Anda. Yang jadi pertanyaan mungkin Anda belum tahu kelebihan dan kekurangan website begitu juga cara menjalankannya seperti apa. Lalu platform manakah yang cocok dalam membangun bisnis rumahan? baik kita akan ulas dalam artikel ini.

Awali Bisnis Dengan Media Sosial

Media sosial yang dulu hanya alat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi kini berubah menjadi alat untuk bertransaksi dan juga menjadi alat untuk promosi. Coba bayangkan semua para pelaku usaha menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk. Memang media sosial menjadi kebutuhan bagi mereka pebisnis online kenapa demikian? berikut keunggulan yang dimiliki media sosial.

Gratis

Sebagai pelaku usaha tentu biaya operasional itu harus menjadi perhatian tersendiri sebisa mungkin kita irit dalam menggunakan biaya. Nah ini menjadi salah satu yang pas bagi kalangan usaha kecil menengah untuk menghemat biaya promosi produk salah satunya dengan media sosial.

Mudah digunakan

Siapa sih yang tidak bisa menggunakan media sosial? ini salah satu hal yang mendasar kenapa media sosial banyak digunakan sebagai media promosi karena kemudahannya. Menggunakan media sosial itu sangat mudah itu yang disukai pebisnis online. Seperti layaknya kita menggunakan media sosial pada umumnya seperti itulah kita berjualan menggunakan media sosial.

Pengelolaannya mudah

Kita tidak perlu diberatkan dengan biaya lain seperti maintenance hanya cukup mengupdate aplikasi untuk sistem yang baru.

Berinteraksi dengan konsumen langsung

Tentu dong dalam berbisnis online kita selaku penjual ingin langsung berinteraksi dengan para calon konsumen. Agar kita bisa berkesempatan menawarkan produk jenis lain juga promo-promo yang berlaku bahkan bisa juga menawarkan produk terbaru.

Jangkauan pasar luas

Dengan memanfaatkan fitur media sosial kita bisa mempromosikan produk dengan jangkauan luas misal menggunakan hastag dan ads. Dengan mengandalkan keduanya maka akan sangat mungkin produk Anda dapat dilihat masyarakat luas.

Namun ada beberapa kelemahan dari media sosial ini yaitu desain yang terbatas dan kontrol tidak sepenuhnya milik kita. Nah disinilah kelemahan itu harus Anda tutupi dengan menggunakan website.

Mengapa Perlu Memiliki Website

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa ketika kita menggunakan media sosial ada beberapa kelemahan yang dimiliki media sosial. Kelemahan tersebut bisa ditutupi dengan Anda memiliki sebuah website.

Mungkin sebagian para pebisnis menganggap bahwa sulitnya dalam menggunakan website membuat hal ini mengurungkan niat dalam memiliki website. Padahal beragam manfaat jika kita memiliki website salah satunya adalah.

Membantu menaikan branding

Website identik dengan konten seputar informasi produk, nah Anda bisa membuat halaman blog dengan memperkenalkan produk melalui artikel-artikel yang menarik dan positif.

Mendukung aktivitas pemasaran

Dengan menggunakan sebuah website ini artinya Anda bisa melakukan promosi diberbagai tempat. Mulai dari halaman utama halaman produk dan lainnya.

Muncul dimesin pencarian google

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan orang dalam mencari informasi pasti mengandalkan google sebagai solusi utama. Ini yang membuat kita wajib memiliki website agar ketika masyarakat sedang mencari produk yang diinginkan maka produk Anda menjadi jawaban atas yang mereka cari.

Jadi kesimpulan dari semuanya adalah media sosial maupun website merupakan platform terbaik untuk memulai bisnis rumahan. Namun dalam menjalankannya tidak cukup hanya dengan media sosial saja Anda juga butuh website untuk penyempurna dari kekurangan media sosial. Disisi lain kekurangan dari sebuah website bisa ditutupi oleh kelebihan media sosial.

Kunjungi jasa pembuatan website : Republik Desain

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image