Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mulyono Sri Hutomo

Kodam XVI Pattimura Gelar Pemecahan Rekor MURI Makan Papeda di Kota Ambon

Info Terkini | Sunday, 22 May 2022, 18:06 WIB
Kodam XVI/Pattimura pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada acara makan papeda terbanyak dan terpanjang. Foto: Pendam XVI/Pattimura

AMBON -- Kodam XVI/Pattimura pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada acara makan papeda terbanyak dan terpanjang diatas ikon kota Ambon, Jembatan Merah Putih, Provinsi Maluku, Minggu (22/5/2022).

Acara ini pun menyedot antusias ribuan masyarakat kota Ambon. Sebanyak total 35.000 bungkus papeda beserta ikan kuah kuning dan sepanjang 123 meter papeda yang disiapkan untuk masyarakat ludes disantap.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada masyarakat Maluku dan Maluku Utara, serta seluruh pihak yang terlibat sehingga acara terselenggara dengan lancar.

"Kenapa kami memilih Papeda, karena kami mengangkat makanan lokal masyarakat Timur serta mengangkat kearifan lokal , Papeda mempunyai unsur perekat, analogi ini diharapkan Kodam XVI/ Pattimura selalu menjadi perekat bangsa, sesuai yang selama ini kami kobarkan lewat Mutiara Pattimura," tutur Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menyantap papeda pada acara makan papeda terbanyak dan terpanjang. Foto: Pendam XVI/Pattimura

Panjang papeda 123 meter dan 35.000 papeda bungkus pun juga tak kalah sarat akan makna, yaitu 1 melambangkan Kodam XVI/Pattimura sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa sebagai pemersatu bangsa, sedangkan 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI/Pattimura saat ulang tahun ini genap 23 tahun.

Tak hanya untuk masyarakat Maluku dan Maluku Utara, perayaan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura juga didedikasikan, khususnya untuk Alm. Kasdam Patimura Brigjen TNI Stepanus Mahury.

"Kegiatan ini juga hasil pemikiran beliau beserta kami semua , maka acara ini kami dedikasikan kepada Alm. Brigjen TNI Stepanus Mahury atas segala gagasan positifnya, tentunya beliau akan bangga dan seluruh kontribusi positifnya akan kami lanjutkan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Maluku dan Maluku Utara," kata Pangdam.

Perayaan HUT Kodam sekaligus pemecahan rekor MURI ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin.

Hadir pula di acara tersebut, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, serta Secara Virtual dgn Gubernur Maluku Utara dan Forkopimda serta segenap lapisan masyarakat dari Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku utara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image