Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image syifalowmotion

Rumphius Peramal dari Ambon

Sejarah | Sunday, 09 May 2021, 10:43 WIB

Kamu tahu ga sih ada seorang dari jerman yang berangkat dari penasarannya untuk berlayar ke nusantara tepatnya ke ambon dia adalah rumphius dalam yang datang berlayar bersama kapal VOC untuk berdagang tepatnya pada tahun 1650 rumphius datang ke ambon sebagai tentara VOC. Yang di tulis oleh Ballintijn, G dalam karnya nya yang berjudulrumphius yang terbit pada tahun 1944 nama lengkap beliau adalah Georgius evarhardus rumphius

Kamu pasti taulah tentang hal hal menarik di Indonesia yang kaya akan rempah rempah dan juga memiliki tanah yang subur, dari keindahan dan kesuburan inilah menjadikan bangsa eroupa menginginkan tanah nusantara di bawah kendalinya lho, disamping memiliki banyak flora dan fauna ada salah satu yang juga tidak kalah hebatnya Indonesia juga memiliki berbagai pulau yang begitu indah destinasi wisata juga kita persembahkan untuk para turis yang ingin berlibur.

Sosok rumhius ini merupakan salah satu orang yang meneliti tetang flora dan fauna di alam bebas ambon beliau tertarik dengan keindahan lautan karang dan juga tumbuhan tumbuhan rumhhius juga meneliti tetang obat obatan herbal di ambon yang di tuliskan dalam buku nya yang bejudul herbarium amboinense atau bisa di kenal dengan kitab jamuan jamuan ambon 1741.

Dalam perjalanan beliau banyak sekali rintangan dalam penelitian tepatnya pada usia 50 tahun beliau mengendap penyakit glukoma yang menyebab kan beliau buta akan tetapi semangat dan kegigihan beliau dalam peneliti ambon tidak pernah menyerah karna kecintaan akan alam ambon yang sangat indah, beliau mengantikan mata dengat mulut dan telinga dan mendapati informasi dengan banyak berdiskusi dengan kalangan masyarakat, perjalanan beliau tidak terhenti karena adahalangan tersebut juga di bantu oleh anaknya juga istrinya untuk proses penelitian di ambon dari berbagai karya nya juga nama beliau di kenal sebagai sibuta dari ambon karena memiliki keggihan dalam penelitian alam ambon tersebut

Dalam buku verslag der rumphius-herdenking tahun 1903 mengenang jasa ilmu pengetahuan yang di teliti oleh rumphius pada perayaan rumphius ini 1902 banyak mengisahkan tetang perjalanan karya yang beliau teliti yang tidak dapat terkalahkan oleh waktu .

Nah dari kisah di atas kita bisa mengambil pelajaran tentang perjuangan rumphius yang mempunyai sikap yang ulet rajin dan pantang menyerah ketika mempunyai keinnginan yang dia inginkan , dalam hala inilah kita harus senantia terus banyak belajar untuk terus bisa mengabadikan sejarah perjuangan orang orang yang telah berkontribusi terhadap bangsa indinesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image