Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eva Nurliana, S.Pd

Saat Jaringan Internet Putus

Gaya Hidup | Saturday, 21 May 2022, 21:56 WIB
Dok.media.NN

Jaringan Putus

===

Jaringan putus di kota kami. Juga di sebagian kota lainnya. Bahkan jaringan Listrik Negara juga putus. Tapi tak lama. Hanya beberapa jam. Agaknya ini khusus Aceh dalam beberapa hari ke depan.

Adapun jaringan internet sudah putus dan lelet sejak jam satu siang tadi. Sampai malam ini bahkan.utama jaringan jalur HP dan beberapa jaringan server tertentu.

Pada abad digital sekarang, sangat vital konektivitas. Dalam relasi sosial, sistem informasi bahkan ekonomi.

Putusnya jaringan ini boleh diukur dampaknya secara kualitatif. Baik perorangan, lembaga atau pemerintahan.

Bahkan bisa diketahui pula efek kerugiannya dalam beberapa jam mati" jaringan tadi.

Sungguh menjadi yakin dan tergambar bagaimana kondisi akhir zaman kelak (sekarang saja sudah akhir), saat dimana semua kehidupan kita dan seluruh kota menjadi manual. Entah untuk berapa lama. Mungkin 40 tahun atau atau 40 bulan. Yang jelas, peristiwa itu akan ada dan disinyalir dalam riwayat riwayat Islam klasik.

Kita bisa bayangkan bagaimana konektivitas di bandara, laut dan di darat serta semua transaksi ekonomi-sosial yang tergantung pada mesin dan internet, kesemuanya putus. Tak berfungsi dan bahkan tidak akan berguna lagi.

Kita pun menjalani hidup sebagaimana kita" dulu menjalani peradaban bumi. Kita memenuhi kehidupan hidup dengan manual, alami dan penuh dengan aktivitas fisik secara langsung.

Akhirnya. Jaringan internet boleh putus. Tapi jangan kesadaran kita secara eksistensi: keimanan dan harapan kita padaNya yang Maha Hidup.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image