4 Sisi Positif Pertemanan Online

Image
nurul jubaedah
Gaya Hidup | Saturday, 21 May 2022, 18:29 WIB

4 Sisi Positif Pertemanan Online

(Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Seseorang menjalin pertemanan mulai dari online hingga berlanjut di dunia nyata melalui beberapa tahapan dan hal ini juga tidak terlepas dari ketertarikan interpersonal yang mengacu pada ketertarikan seseorang untuk berkomunikasi, saling bertukar informasi, menyalurkan stres, ketertarikan fisik, penghargaan, keakraban, dan kedekatan. Ada juga yang menjalin pertemanan di dunia maya tidak ditindaklanjuti untuk saling bertemu di dunia nyata dengan maksud bergabung dalam suatu komunitas misalnya para pegiat literasi yang efektif saling bertukar pikiran melalui tulisan saja.

Dalam penelitian berjudul Virtual Community Loyalty An Interpersonal Interactive Perspective yang dilakukan oleh Yung Cheng Sen, Chun Yao Huang, ChiaHsien Chu dan Hui Chun Liao (2010) menjelaskan bahwa ketertarikan Interpersonal didasarkan pada kesamaan antar individu, dan berbagai kesamaan lainnya. Telah dipelajari dalam konteks interaksi tatap muka, tetapi dengan berkembangnya internet dan munculnya dunia maya, ternyata dapat mempengaruhi komunikasi antarpribadi yang berlangsung di dunia maya (Shen, Huang, Chu, & Liao). , 2010).

4 Sisi Positif Pertemanan Online :

1. Membantu Mencapai Tujuan

Sahabat online yang memiliki hobi yang sama akan saling memberikan semangat. Mendukung penyebaran informasi secara cepat dan luas. Koneksi di dunia maya juga dapat membantu menyebarkan informasi secara cepat dan luas. Peluang kerja atau bisnis bisa datang dari mana saja.

Anda juga dapat menemukan banyak informasi tentang bantuan belajar bahasa asing. Bukan tidak mungkin jika peluang besar datang dari pertemanan di dunia maya. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih teman online agar tidak terjerumus pada penipuan berupa kejahatan dunia maya yang marak terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

2. Menambah Ilmu dan Wawasan baru

Manfaat kedua memiliki teman baru di media sosial adalah bisa menambah pengetahuan dan ide baru. Apalagi jika berada dalam komunitas yang memiliki hobi yang sama pasti akan jauh lebih efektif dan efisien. Di media sosial Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang.

Terutama jika Anda berteman dengan orang yang terbuka. Karena tipe orang ini suka menyumbangkan pengetahuan dan ide kepada orang lain. Mereka tidak akan menghakimi jika Anda tidak setuju dengan orang tersebut. Bahkan bonus akan memungkinkan Anda untuk mengenal kenalan baru.

3. Memperluas Jaringan Pertemanan

Manfaat pertama memiliki teman baru di media sosial adalah Anda dapat memperluas lingkaran pertemanan. Karena di jejaring sosial, Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang usia, status, kepribadian, dll.

Mendapatkan teman baru akan memperluas teman Anda dan Anda akan menjadi gaul. Karena tidak semua teman media sosial bisa ditemukan di dunia nyata. Jadi cobalah untuk menjadi baik di media sosial! Sehingga Anda akan memiliki lingkungan pertemanan online yang baik.

4. Meningkatkan suasana hati

Keuntungan keempat memiliki teman di media sosial adalah jarang terjadi konflik. menambah percaya diri, mengurangi stress, dan meningkatkan suasana hati. Teman baru jarang menimbulkan perasaan persaingan dan kecemburuan, jadi kamu tidak perlu berjuang untuk menjadi yang terbaik di media sosial.

Untuk menghindari konflik ini kamu juga perlu tahu foto mana yang tidak boleh dibagikan di jejaring sosial. Karena kita tidak akan pernah tahu pendapat dan perasaan orang lain. Jadi mainkan dengan benar di jejaring sosial untuk menghindari konflik.

Rasulullah menjelaskan mengenai dampai pertemanan sebagaimana sabda beliau, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tidak sedap”. (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628) [1].

Betapa pentingnya seorang teman bahkan teman merupakan identitas bagi seseorang. Syeikh Az-Zarnudi dalam Ta’lim Al’Muta’alim menyampaikan dalam sebuah syair yang artinya, “Tak perlu kau tanya tentang seseorang (siapa dia), cukup tanya siapa temannya, maka setiap teman akan mengikuti orang yang dia temani”. “Teman jahat itu berbahaya daripada ular hitam berbisa karena teman jahat itu bisa menjerumuskan kita ke neraka jahim, oleh karenanya bertemanlah dengan teman yang baik karena teman baik itu bisa menyebabkan kita masuk surga”.

Daftar Pustaka

Khairina, R. (2013). Implementasi Teori Atraksi Interpersonal dalam Hubungan PasanganLesbian. Skripsi.

Rahmawati, A. D. (2018). Persahabatan Era Digital: Pemeliharaan Persahabatan Online pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Sholihah, M. A. (2021). Praktik Menemukan Pasangan Hidup Melalui Pemanfaatan Situs Biro Jodoh Online. Adhki: Journal Of Islamic Family Law, 3(2), 79-93.

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED.Jurnal Interaksi, 2, 61–84.

Shen, Y. C., Huang, C. Y., Chu, C. H., & Liao, H. C. (2010). Virtual community loyalty: Aninterpersonal-interaction perspective. International Journal of Electronic Commerce, 15(1), 49–74. https://doi.org/10.2753/JEC1086- 4415150102

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 1 buku solo, 18 buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 50 artikel (Oktober 2021-April 2022). Blog : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mudik dalam 3 Dimensi

Mudik dalam 3 Dimensi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Istana Schnbrunn dan Masjid Bergaya Arsitektur Turki Usmani di Vienna

Image

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Membeli Minyak Goreng dan MyPertamina untuk Membeli Pertali

Image

Polda Sumsel Ajak WBP Lapas Perempuan Palembang Ikut Berantas Rantai Narkoba

Image

Berikan Pelayanan Prima, Lapas Perempuan Palembang Fasilitasi Layanan Sipanjung Bagi Pengguna Layana

Image

Cara Membuat Milk Tea Sederhana, Namun Dijamin Enak!

Image

Perkara Laper Mata, Perubahan Iklim Siap Mengancam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image