Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sukiena

Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas yang Kotor

Olahraga | Saturday, 21 May 2022, 16:34 WIB

Seiring waktu berjalan, karet yang melekat pada tepian pintu kulkas kemungkinan menjadi kotor. Ini disebabkan karena bintik, debu, jamur, dan lain-lain.

Bila didiamkan, hal itu membuat penampilan kulkas jadi tidak bersih secara utuh dan membuat karet kulkas tidak berperan seperti mestinya. Harus dipahami jika karet pada antara pintu almari es mempunyai peranan penting pada kulkas hingga jangan dipandang mudah.

Karet kulkas mempunyai beragam peranan, salah satunya sebagai perekat pintu dan body kulkas, menahan bunyi saat tutup pintu kulkas, jaga temperatur dalam kulkas masih tetap dingin, sampai jaga udara yang berada di luar dan dalam kulkas supaya tidak tukar.

Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas yang Kotor

Menyaksikan perannya yang tidak bermain-main, karena itu penting untuk membersihan karet kulkas yang telah sudah kotor supaya membuat terurus dan bertahan lama.

Ingat proses pembersihan karet pintu kulkas akan membuat almari es terbuka, karena itu saat sebelum bersihkan perlu mematikan kulkas supaya performa mesin tidak bekerja demikian keras untuk mendinginkan saat keadaan kulkas terbuka. Dikutip dari web oncom ini penjelanya.

1. Memakai Air Hangat

Diambil dari situs Sharp, langkah paling mudah bersihkan karet pintu kulkas dari debu ialah memakai air hangat. Cukup celup kain lap halus ke air hangat, lalu gosokkan kain itu ke sisi karet kulkas.

Langkah satu ini bisa hilangkan bintik debu di karet kulkas, tetapi tidak efisien untuk hilangkan noda-noda bandel karena jamur dan kuman atau bakteri.

2. Membersihkan dengan Pasta Gigi

Odol atau pasta gigi menjadi bahan pencuci yang baik singkirkan bintik pada karet pintu kulkas. Kamu perlu memoleskan odol pada karet pintu kulkas, terutamanya pada beberapa bagian yang berjamur. Sesudah dibalurkan, nantikan sepanjang tiga menit.

Seterusnya, seka atau membersihkan odol yang berada di karet pintu kulkas secara halus memakai kain lap basah. Bersihkan kain lap yang sudah dipakai untuk menyeka bintik, lalu gosokkan kembali ke karet kulkas untuk membersihkan.

3. Pakai Kombinasi Detergen dan Cuka

Untuk bintik yang bandel dan susah disingkirkannya, kamu dapat coba memakai gabungan di antara detergen dan cuka. Saran sedikit cuka dan detergen ke air memiliki ukuran sekitaran 200 militer, lalu aduk sampai ke-2 bahan ini terlarut di air.

Mengambil kain lap halus dan celup ke larutan air detergen dan cuka. Selanjutnya usap atau gosokkan kain ke karet pintu kulkas yang kotor.

4. Gunakan Gabungan Air Panas, Jeruk Nipis, dan Cuka

Untuk singkirkan bintik, kotoran, khususnya lumut hitam yang melekat pada karet pintu kulkas, kamu membutuhkan kontribusi bahan pencuci yang semakin kuat, tetapi alami. Bahan ini ialah gabungan air panas, jeruk nipis, dan cuka.

Masukan perasan jeruk nipis dan cuka ke air panas, lalu celup sikat gigi sisa. Gosokkan sikat gigi itu secara perlahan-lahan di bagian karet kulkas yang mulai diisikan oleh lumut hitam.

5. Membersihkan dengan Kontribusi Alkohol

Alkohol menjadi bahan pencuci yang paling baik untuk singkirkan jamur sekalian mensterilkan bakteri dan kuman yang melekat di karet pintu kulkas.

Di bagian antara karet, kamu dapat mencapainya memakai garpu yang dilapis tisu, yang sudah dibasahi dengan alkohol.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image