Ini Loh 5 Alasan Mengapa Bersepeda adalah Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Image
Riko Iskandar
Gaya Hidup | Saturday, 21 May 2022, 06:21 WIB

Jika Anda ingin menjadi bugar atau lebih sehat, bersepeda mungkin merupakan aktivitas yang sempurna untuk Anda. Latihan aerobik berdampak rendah ini meningkatkan daya tahan kardiovaskular Anda sekaligus memperkuat otot dan tulang Anda dari waktu ke waktu. Plus, itu tidak memerlukan keanggotaan gym yang mahal atau peralatan olahraga besar yang menghabiskan seluruh rumah Anda! Untuk mengetahui mengapa bersepeda adalah bentuk olahraga terbaik, baca artikel dari Healthline ini yang membahas lima alasan mengapa bersepeda adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat!

Bersepeda Itu Menyenangkan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, atau hanya meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan, bersepeda bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk pilihan olahraga yang lebih tradisional. Jika Anda menyukainya, kemungkinan besar Anda akan tetap menggunakannya; jika Anda membencinya, Anda tidak akan melakukannya. Plus, bersepeda benar-benar tergantung pada preferensi pribadi: beberapa orang suka bersepeda jarak jauh di alam; yang lain lebih suka balapan secara kompetitif; dan yang lain lagi suka naik sepeda saat makan siang dan berkeliling kota dengan pemandangan indah.

Apa pun alasan Anda memilih bersepeda sebagai salah satu bentuk olahraga, tidak dapat disangkal bahwa bersepeda memiliki banyak manfaat—baik secara fisik maupun mental.

Berikut adalah lima alasan mengapa bersepeda adalah salah satu bentuk latihan aerobik terbaik di luar sana.

1. Berdampak Rendah: Karena bersepeda tidak memerlukan banyak dampak (jika ada), itu sering dianggap sebagai aktivitas berdampak rendah jika dibandingkan dengan bentuk latihan aerobik lainnya seperti berlari atau berenang. Seperti yang diketahui banyak atlet, benturan dapat memiliki efek serius pada persendian dari waktu ke waktu; karena bersepeda hanya membutuhkan otot-otot kaki dan sedikit lainnya, itu mudah pada persendian dan umumnya lebih mudah pada tubuh Anda daripada olahraga lainnya.

2. Latihan Seluruh Tubuh: Bersepeda melatih hampir semua kelompok otot di tubuh Anda. Ini sangat efektif untuk mengencangkan kaki, tetapi juga memperkuat inti dan tubuh bagian atas Anda. Bahkan jika Anda tidak ingin berkendara jarak jauh, Anda masih dapat menuai manfaat ini dengan memastikan untuk memasukkan beberapa lari cepat ke dalam rutinitas latihan Anda.

3. Baik untuk Orang yang Tidak Menyukai Olahraga Lain: Banyak orang yang menghindari olahraga karena merasa tidak cukup atletis. Tapi coba tebak? Itu tidak benar! Semua orang bisa mendapatkan manfaat dari olahraga teratur, bahkan jika Anda merasa canggung saat melakukannya. Jadi, lain kali Anda mulai meragukan diri sendiri, ingatlah bahwa menjadi aktif adalah tentang keluar dan bergerak—bukan menjadi atlet ahli.

4. Membakar Kalori Lebih Cepat Dari Kebanyakan Latihan Lainnya: Karena bersepeda membakar kalori dengan sangat cepat, ini adalah pilihan ideal untuk menurunkan berat badan. Bergantung pada seberapa keras Anda bekerja selama sesi Anda, Anda dapat membakar hingga 700 kalori per jam—dan tidak seperti kebanyakan latihan lainnya, kalori tersebut akan terus terbakar setelah Anda turun dari sepeda. Ini berarti bahwa bersepeda dapat membantu menjaga sel-sel lemak perut yang membandel.

5. Manfaat Kesehatan Jangka Panjang: Bersepeda tidak hanya membuat Anda terlihat baik sekarang, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. Studi menunjukkan bahwa pengendara sepeda yang konsisten cenderung hidup lebih lama daripada bukan pengendara sepeda. Pengendara sepeda memiliki tingkat penyakit jantung, diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah; mereka juga cenderung tidak mengembangkan osteoporosis di kemudian hari.

Nah itulah 5 Alasan Mengapa Bersepeda adalah Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Tubuh, berbagai informasi lainnya tentang sepeda ada di Kios Sepeda Terpercaya silahkan semoga bermanfaat, terimakasih...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Segala sesuatu awali dengan bismillah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semarakkan HDKD ke-77, Pegawai Rutan Jepara Berpartisipasi dalam Lomba Futsal

Image

Chelsea Belum Menyerah Rekrut Wesley Fofana dari Leicester

Image

UNIMUDA Sorong Pertahankan Posisi Sebagai Kampus Terbaik di Papua Barat Versi Webometrics

Image

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Siswa SKB Rutan Kebumen Diajarkan 5W1H

Image

Jangan Letakkan Kebahagiaanmu di Mulut Orang Lain

Image

Prodi PGMI Umsida Adakan Lokakarya Penyelarasan Kurikulum dengan UNISMA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image