5 Alasan Penting Mengikuti Pelatihan atau Training

Image
Ahmad Rifa'i
Eduaksi | Friday, 20 May 2022, 14:15 WIB

Ilmu pengetahuan dan wawasan terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Melatih diri untuk terus mengembangkan diri dengan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentunya akan membuat Anda lebih kreatif, inovatif, dan tidak ketinggalan zaman.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahan ilmu pengetahuan dan wawasan. Misalnya, membaca buku, belajar melalui internet, berdiskusi dengan teman-teman, dan lain sebagainya. Sebenarnya ada cara yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan serta keterampilan yang kita miliki.

Bagaimana caranya? Tentu dengan mengikuti berbagai pelatihan atau training mengenai bidang kerja yang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Banyak lho instansi pemerintah atau lembaga swasta yang mengadakan pelatihan-pelatihan atau training.

Nah, sebelum memilih untuk mengikuti jenis pelatihan apa, sebaiknya Anda benar-benar memahami pentingnya mengikuti pelatihan ini. Ya, agar Anda bisa mengikuti pelatihan dengan semangat dan menyerap semua ilmu serta keterampilan yang dijelaskan di dalam pelatihan.

Jadi, ini dia 5 alasan penting mengikuti pelatihan yang harus Anda ketahui! Simak informasi yang satu ini sampai selesai ya!

1. Melatih Sikap Rendah Hati dan Menambah Motivasi

Ketika Anda mengikuti pelatihan akan banyak materi yang disampaikan oleh pembicara. Bisa jadi kita akan menemukan informasi baru yang berbeda dari apa yang Anda pahami sebelumnya.

Nah, di sini Anda bisa menyadari bahwa ilmu yang selama ini Anda miliki masih kurang. Sikap inilah yang akan melatih Anda untuk menjadi rendah hati. Setelah itu, tentunya Anda akan termotivasi untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan pembicara.

Anda juga akan termotivasi untuk lebih banyak belajar dan mencari tahu lebih luas tentang ilmu yang Anda pelajari.

2. Belajar dari Orang-orang Hebat

Pembicara atau trainer dalam suatu pelatihan tentu saja bukan sembarang orang. Mereka adalah orang-orang hebat yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk berdiskusi dan mendapat banyak ilmu dari mereka. Anda harus banyak bertanya ketika tiba di sesi pertanyaan ya!

Selain ilmu, tentunya Anda akan mendapat cerita dan pengalaman yang pernah mereka alami. Wah, betapa berharganya pengalaman yang mereka ceritakan!

Anda bisa mengambil pembelajaran bahkan mengikuti jejak mereka untuk menjadi orang hebat dan sukses.

3. Menambah Jejaring dan Relasi

Selain mendengarkan pemaparan materi dari para pembicara dalam pelatihan. Tentunya Anda akan bertemu dengan banyak orang yang bekerja atau menggeluti bidang yang sama dengan Anda.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah jejaring sosial dan relasi Anda. Siapa tahu suatu saat nanti Anda dapat menolong atau ditolong dan saling bekerja sama dengan mereka.

Ajak mereka untuk saling berbagi cerita dan pengalaman juga ya!

4. Menambah Wawasan dan Keterampilan

Nah, mengikuti pelatihan tentunya akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan Anda melalui berbagai materi yang disampaikan oleh para pembicara.

Selain itu, Anda juga bisa melatih dan langsung mempraktikan ilmu tersebut di dalam pelatihannya lho! Ya, pelatihan bukan hanya berbicara tentang teori saja, tetapi pelatihan juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan hard skill atau keterampilan.

Anda akan diajak untuk langsung mempraktikkan ilmu yang Anda dapatkan. Di sini Anda akan dibimbing oleh para trainer agar Anda dapat menerapkan ilmu secara teknis dengan tepat.

5. Membuat Pekerjaan lebih Profesional

Ilmu pengetahuan atau wawasan dan keterampilan yang Anda dapatkan dalam pelatihan tentu saja akan sangat berguna dalam pekerjaan Anda. Anda dapat menerapkan semua itu dalam pekerjaan, sehingga pekerjaan Anda akan berjalan lebih efektif dan efisien. Hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi karyawan yang profesional.

Selain itu, ketika selesai pelatihan biasanya Anda akan diminta untuk mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi pelatihan. Nah, jika Anda berhasil lulus dan mendapat sertifikat ini tentunya akan banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Sertifikat yang Anda dapatkan dalam pelatihan akan membantu meningkatkan jenjang karir Anda dalam perusahaan lho!

Nah, itu dia beberapa alasan penting yang akan memotivasi Anda untuk mengikuti pelatihan atau training. Bagaimana? Sudah siap berkembang dan menjadi lebih baik? Segera cari informasi tentang lembaga-lembaga yang mengadakan pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan Anda ya!

Anda juga bisa berkonsultasi dan mengikuti berbagai pelatihan yang kami jalankan di Catalyst Consulting. Sudah banyak peserta yang merasakan manfaat dari pelatihan yang kami adakan. Selanjutnya giliran Anda untuk mengikuti dan mendapatkan manfaat dari pelatihan di Catalyst Consulting! Selamat mengikuti pelatihan!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kelanjutan Holywings, Maksiat Mau Terus Ditoleransi?

Image

Blundernya Promosi Miras Holywings yang Sebut Muhammad dan Maria

Image

Stunting Menggenting, Mari Segera Atasi

Image

Cara Memperbaiki Vidio yang Tidak Bisa Diputar di Android

Image

Dimensi Etika Organisasi

Image

Tips Memilih Serta Plus Minus Menggunakan Pinjaman Jaminan BPKB

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image