Pesona Hutan Cisangkal, Potensi Wisata Nenek Moyang yang Dilestarikan

Image
Pemuda Peduli
Wisata | Friday, 20 May 2022, 13:27 WIB
Dokumentasi Soctravo pada salah satu pohon durian Si Kerah di Hutan Cisangkal pada (26/03/2022)

Bandung - Desa wisata merupakan potensi pariwisata yang perlu menjadi sorotan publik karena pesona tersembunyinya dan atraksi alam yang disajikannya. Salah satu desa wisata yang menyajikan pesona alam dengan cerita unik dibaliknya terdapat Desa Bangunkarya.

Desa ini memiliki keindahan tersembunyi berupa hutan Cisangkal yang menjadi atraksi alam yang memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Terletak tepatnya di Dusun Mekarmulya, Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Dokumentasi Soctravo dalam kegiatan tracking Hutan Cisangkal (26/03/2022)

Hutan Cisangkal menjadi tempat yang selalu dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat lokalnya sendiri. Terdapat pohon durian yang sudah berada pada ratusan tahun lalu dan masih dijaga sehingga masih dapat berbuah dan dinikmati masyarakat bahkan wisatawan yang datang.

Hutan yang tak tersentuh oleh pembukaan lahan pertanian ini menjaga 5 pohon durian yang menjadi warisan nenek moyang. Masyarakat lokal sendiri menamai pohon durian tadi dengan nama Si Kerah, Si Piit, Si Tenggok, Si Kantong, Si Kunir.

Setiap pohon memiliki keunikannya sendiri, contohnya Si Kerah yang memiliki diameter besar dan selalu menjadi rebutan ketika sedang musim berbuah sampai terjadi keributan. Selain itu, terdapat pohon yang dinamai sesuai dengan bentuk buahnya seperti Si Kunir karena buahnya yang berwarna kuning seperti kunir dan Si Piit yang memiliki ukuran yang kecil seperti burung piit.

Selain pohon duriannya, hutan Cisangkal juga dijadikan sebagai sumber mata air bagi masyarakat sekitar untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Pasalnya, air didapatkan langsung dari akarnya langsung sehingga airnya segar dan murni.

Dokumentasi Soctravo bersama Local Savior dalam perjalanan Socpacker di Hutan Cisangkal pada (26/03/2022)

Soctravo, layanan wisata dan kegiatan sosial, juga berkesempatan untuk menikmati indahnya hutan Cisangkal. Wisatawan yang terdaftar mengikuti beberapa kegiatan seperti tracking hutan, bermain di Sungai Batukelir, dan melakukan pengajaran pada anak-anak di Desa Bangunkarya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pemuda Peduli merupakan NGO yang berdiri legal sebagai sebuah Yayasan sejak tahun 2016 dengan latar belakang Suistanable Development Goals Nomor 4 yai

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

WPF ke-8 di UMS, Tan Sri Lee Kim Sampaikan Topik Kebijaksanaan Timur Tengah dan Oriental

Image

Tepat Hari Guru Nasional 2022, MTsN 4 Bantul Antar Perpisahan 2 Guru Purna Tugas

Image

Wadek I FISIP Uhamka Ajarkan Manajement Event untuk Siswa SMKN 8

Image

DPR RI dan Pemerintah Mulai Bahas Revisi RUU KSDAHE

Image

Mengenal Tahapan Pencerdasan Akal yang Dibangun di Khoiru Ummah

Image

Menduplikasi Metode Pengajaran Rasulullah dengan Talaqqi Fikriyyan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image