Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Imigrasi Muara Enim

Imigrasi Muara Enim Optimalkan Pelayanan Publik, Non-Stop Pelayanan Saat Jam Istiarahat

Info Terkini | Thursday, 19 May 2022, 15:57 WIB

Muara Enim – (19/5) Sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel memberikan layanan tanpa henti di waktu jam istirahat. Layanan yang dinamai LENTERA (Layanan Tenggang Waktu Istirahat) ini merupakan salah satu inovasi unggulan Kanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel di mana permohonan layanan keimigrasian tetap dilayani meskipun masyarakat datang di waktu istirahat siang.

Petugas Imigrasi Muara Enim sedang melayani pemohon paspor saat jam istirahat

Setiap harinya terdapat 2 orang petugas yang melayani di booth Customer Service dan booth pelayanan di waktu istirahat yaitu jam 12 hingga jam 1 siang. Pemohon yang sudah mengantre pun tidak perlu menunggu sampai jam istirahat selesai untuk kembali dilayani sehingga proses pelayanan lebih cepat dan efisien.

Kakanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha menyampaikan “Inovasi Lentera ini sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu sebagai bentuk pelayanan prima kami. Masyarakat pun sangat terbantu karena tidak perlu menunggu 1 jam sampai kantor dibuka kembali.”

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa munculnya inovasi layanan ini diawali dari ramainya pemohon paspor di Kanim Muara Enim yang berasal dari kabupaten sekitar Muara Enim dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

“Karena ramai dan apabila pelayanan diputus saat siang, akan terjadi penumpukan pemohon di Kanim hingga sore. Maka dari itu kita berinisiatif untuk membuat layanan pada saat tenggang waktu istirahat sebagai solusi permasalahan tersebut.”

Pelayanan yang telah berjalan 2 tahun ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama pemohon paspor. Inovasi Lentera ini turut mengantar Kanim Muara Enim Kemenkumham Sumsel meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sumber: kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image