Teknologi Tepat Guna Karya Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Siap Membantu Pencegahan Stunting

Image
Azzahra Mubyaring
Gaya Hidup | Thursday, 19 May 2022, 13:23 WIB

Alat ukur panjang bayi dan alat ukur tingga badan anak menjadi satu alat terpenting untuk menentukan pertumbuhan anak dan bayi. Panjang bayi dan tinggi anak merupakan indikator dalam menentukan apakah seorang anak masuk kedalam kategori stunting.

Terkait dengan pencegahan stunting di Desa BAndarasri, Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 101 UPN Veteran Jawa Timur menginisiasi penciptaan dan penyediaan TTG (Teknologi Tepat Guna) yang dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memantau pertumbuhan anak. TTG ini diharapkan dapat terus digunakan oleh warga dengan tepat.

Alat ukur panjang bayi diberikan untuk digunakan di Puskemas Pembantu Desa Bandarasri yang telah diserahkan secara simbolis kepada kepala puskesmas. Alat ini telah sesuai dengan standar untuk bayi. Mahasiswa KKN memastikan bahwa alat ini valid dalam pengukurannya yang telah dikonsultasikan dengan ahli gizi Puskesmas Ngoro dan Kepala Puskesmas Pembantu Desa Bandarasri.

Penyerahan alat ukur panjang bayi oleh Ketua Kelompok kepada Kepala Puskesmas Pembantu Desa Bandarasri

Mahasiswa KKN melakukan survey terkait alat ukur panjang bayi dan menyiapkan alat dengan baik. Selain sesuai dengan standar dan kebutuhan, alat ukur panjang bayi dibuat menarik agar orang tua bersemangat dan senang untuk mengukur panjang bayinya. Alat ukur juga dipastikan nyaman untuk bayi agar bayi tidak rewel ketika diukur panjangnya.

Alat ukur tinggi badan dipasang di setiap balai dusun yang ada di Desa Bandarasri sejumlah 4 balai dusun. Hal ini dimaksudkan agar orang tua anak dapat dengan mudah mengakses alat ukur di setiap dusunnya. Alat ukur yang digunakan sesuai dengan standar,yaitu microtoise stature meter.

Mahasiswa KKN mempersiapkan alat ukur tinggi badan agar tepat guna. Maka, survey dilakukan di setiap balai dusun untuk memastikan bahwa alat ukur dapat dipasang dengan baik. Survey ini memastikan tinggi tembok sesuai dengan microtoise stature meter, yaitu setinggi 2 meter.

Survey balai dusun untuk memastikan pemasangan TTG dapat terpasang dengan baik

Alat ukur ini dipasang di tembok balai dusun dengan posisi yang stategis. Untuk meningkatkan minat anak untuk mengukur tinggi badannya, diberikan dekorasi pendukung yang juga dipasang. Dekorasi ini, tidak hanya membuat alat ukur lebih menarik, tapi juga sebagai media edukasi mengenai huruf alfabet.

Proses pemasangan TTG alat ukur tinggi badan di balai dusun
Alat ukur yang telah terpasang dengan dekorasi alfabet

Dengan alat ukur panjang bayi dan alat ukur tinggi badan anak ini, diharapkan warga Desa Bandarasri dapat terus memantau bayi dan anaknya untuk mencegah terjadinya stunting. Kendati demikian, kesadaran dari warga desa sendiri diperlukan untuk secara rutin melakukan pengukuran.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Membuat QR Code Untuk WIFI DI Coffeshop

Image

Wilayah yang Kental dengan Pendidikan di Indonesia

Image

HUT RI ke-77, Sebanyak 259 Narapidana Rutan Jepata Terima Remisi Umum 3 Diantaranya Langung Bebas

Image

Tiga Keuntungan Investasi Reksa Dana yang Tak Banyak Diketahui Orang

Image

PSMTI DIY Menggelar Donor Darah, Peringati HUT RI ke-77

Image

PENELITIAN SEPUTAR PENCARIAN KATA KUNCI INTERIOR KAMAR

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image