Pandemi Berakhir Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Image
Djoko Soegiyanto, S.Pi, S.Pd, M.Pd.I
Guru Menulis | Thursday, 19 May 2022, 08:52 WIB

Kondisi Indonesia sekarang sudah memasuki tahapan endemi dimana tingkat penularan virus covid-19 alhamdulillah berangsur-angsur semakin menurun. Seiring dengan sosialisasi pemerintah untuk melaksanakan vaksin secara masif dan menyeluruh bagi setiap masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk divaksin. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh kepada naiknya tingkat kekebalan komunal di setiap wilayah di Indonesia.

Proses perubahan kondisi pandemi menjadi endemi tentunya terjadi secara bertahap dimana pemerintah sudah mengupayakan penanganan secara optimal. Melibatkan seluruh jajaran baik menteri kesehatan, dinas kesehatan, tenaga medis serta seluruh elemen masyarakat yang turut berperan aktif dalam penurunan penyebaran angka covid-19. Tentunya kondisi seperti ini harus kita syukuri dan pahami karena kondisi pandemi kemarin sangat memberikan efek yang luar biasa bagi setiap warga masyarakat, baik pedagang, pegawai kantor, guru, siswa di sekolah serta elemen masyarakat lain yang memang sangat berdampak dalam setiap aktivitas mereka. Oleh sebab itu penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M karena hal tersebut sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat.

Pelonggaran penggunaan masker dan tes PCR sudah mulai dilakukan artinya kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sudah membaik dan mulai bangkit secara perlahan dan bertahap. Poin pentingnya adalah adanya sinergi, kerjasama dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat dengan pemerintah apabila menghadapi kondisi pandemi beberapa tahun yang lalu. Karena pandemi covid-19 datngnya secara mendadak dan tiba-tiba dimana pemerintah cukup terkejut dengan kondisi tersebut. Ditambah lagi penyebarannya yang sangat cepat dan masif dimana virus covid-19 tersebut menular melalui udara dan saluran pernafasan manusia. Bukan saling menyalahkan karena hal tersebut akan memperburuk kondisi masyarakat pada saat itu.

Secara bertahap pemerintah juga melakukan langkah vaksinasi kepada seluruh masyarakat meliputi vaksin pertama, kedua sampai vaksin booster untuk melengkapi kekebalan tubuh yang kita miliki. Peran serta masyarakat dan kepala daerah untuk memberikan edukasi positip kepada seluruh elemen masayarakat bahwa vaksin insya Allah aman karena sudah dilakukan sesuai dengan pengawasan dan prosedur standar kesehatan. Karena penyebaran virus covid-19 sangat berbahaya bagi masyarakat terutama yang berusia lanjut dengan penyakit penyerta (komorbid). Sehingga perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam proses vaksinasi.

Semoga kondisi masyarakat Indonesia semakin membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M walaupun kondisi pandemi sudah mengalami perubahan ke kondisi endemi kita sebagai masyarakat tetap waspada dan lebih memperhatikan tentang artinya menjaga kesehatan baik di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Wallahua'alam bisshowab

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru Tetap Yayasan Ukhuwah Kalimantan Selatan. Mengajar di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin

Pandemi (Pasti) Berakhir

Pena Kebaikan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PUBG 32 Bit Apk V1.5 (Link Download Terbaru) Gratis 2022 Lengkap Beserta Cara Pasang Aplikasinya

Image

MP4Juice : Situs Gudang Download Lagu dan Musik Selain MP3Juice

Image

Link Nonton Anime Spy x Family Episode 12 Sub Indo Terbaru

Image

YoWhatsApp Apk Terbaru Latest Version 2022 Download Official

Image

Mp3 Juice: Converter Video Menjadi Musik Hanya Sekali Klik Saja Paling Mudah Dan Tercepat 2022

Image

Mengenal BUM Desa Sebagai Lembaga Pembangunan di Desa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image