Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image klinik hijau

Ramai Hepatitis Misterius, Kamu Perlu Tahu Penyebab Sakit Hepatitis

Eduaksi | Wednesday, 18 May 2022, 23:27 WIB

Dalam pengertian umum, istilah "hepatitis" mengacu pada peradangan (pembengkakan) dari hati. Tugas utama hati adalah untuk menyaring bahan kimia berbahaya dan racun dari darah. Hal ini juga mengubah protein dan gula menjadi zat yang berguna, menyimpannya, dan melepaskan mereka ketika tubuh Anda membutuhkan mereka. Peradangan dapat membuat sulit bagi hati untuk melakukan fungsi-fungsi ini, yang menyebabkan penyakit.

Hepatitis memiliki banyak penyebab, termasuk keracunan, infeksi bakteri dan kondisi autoimun (penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat). Namun, yang paling sering disebabkan oleh sekelompok virus yang menyerang hati dan menyebar dari orang ke orang. Virus hepatitis dapat menyebabkan akut (tiba-tiba, jangka pendek) penyakit yang datang dengan cepat dan berlangsung beberapa minggu atau bulan.

Beberapa virus hepatitis juga menyebabkan kronis (jangka panjang) hepatitis. Bentuk kronis dapat menyebabkan sirosis (jaringan parut hati), gagal hati dan kanker hati.Hepatitis kronis mempengaruhi diperkirakan 4,4 juta orang Amerika. Ini adalah penyebab utama kanker hati dan nomor satu alasan untuk transplantasi hati di negara ini.Banyak orang dengan hepatitis memiliki gejala ringan atau tidak ada sama sekali. Mereka mungkin pergi dekade atau seumur hidup tanpa diagnosis, tetapi masih dapat menyebarkan penyakit kepada orang lain.

Bentuk yang paling umum dari hepatitis adalah

Hepatitis A (HAV), bentuk yang relatif ringan hepatitis akut. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan gagal hati akut (biasanya pada orang tua atau orang yang sudah memiliki penyakit hati).

Hepatitis B (HBV), suatu bentuk hepatitis yang sering dimulai penyakit akut tetapi dapat menjadi kronis pada beberapa orang.

Hepatitis C (HDV), yang menyebabkan penyakit akut pada 20-30 persen orang yang terinfeksi dan penyakit kronis di 75-85 persen.

Bentuk yang kurang umum termasuk:

Hepatitis D (HDV), virus yang hanya mempengaruhi orang-orang dengan hepatitis B.Hepatitis E (HEV), yang mirip dengan hepatitis A dan langka di Amerika Serikat.

Penyebab dan Faktor Risiko

Virus hepatitis yang ditularkan dari orang ke orang dengan cara yang berbeda:

Hepatitis A (HAV) disebarkan oleh menelan bahkan sejumlah mikroskopis tinja dari orang yang terinfeksi. Hal ini dapat terjadi melalui kontak pribadi yang dekat atau makanan atau air yang terinfeksi. Kerang mentah yang telah terkontaminasi oleh limbah merupakan sumber umum infeksi.

Hepatitis B (HBV) ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, termasuk darah, cairan vagina dan air mani. Di Amerika Serikat, sekitar dua-pertiga dari kasus dewasa baru menular seksual. Virus ini juga dapat ditularkan dari ibu ke bayi selama kelahiran.

Hepatitis C (HDV) biasanya ditularkan melalui kontak dengan jarum yang terinfeksi (baik selama penggunaan narkoba IV atau kecelakaan jarum suntik) atau saat melahirkan. Ini juga kadang-kadang ditularkan selama hubungan seksual atau dengan berbagi produk kebersihan pribadi seperti pisau cukur mencukur.

Tidak semua orang dengan gejala hepatitis pengalaman, dan banyak orang dengan penyakit ini tidak menyadari mereka terinfeksi. Ketika hadir, gejala termasuk:

demam

kelelahan

kurang nafsu makan

mual

Nyeri perut (terutama di sekitar hati, yang di sisi kanan bawah tulang rusuk yang lebih rendah)

gelap urin

Buang air besar tanah liat berwarna

Nyeri sendi

Penyakit kuning (menguningnya kulit dan mata)

Diagnosa dan Pengobatan

Jika Anda pikir Anda sudah terkena virus hepatitis, mencari perhatian medis segera. Dalam beberapa kasus, dokter anda dapat merekomendasikan vaksinasi atau suntikan immune globulin (produk yang mengandung antibodi yang dibuat dari plasma darah manusia) untuk mencegah atau menghentikan infeksi.

Hepatitis didiagnosis berdasarkan riwayat dan tes darah (atau serangkaian tes). Infeksi akut dapat berlangsung berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Beberapa orang dengan hepatitis akut perlu dirawat di rumah sakit, tetapi banyak dapat tetap di rumah.perawatan untuk hepatitis meliputi:Dapatkan banyak istirahat.Tetap terhidrasi.Makan seimbang, makanan bergizi. Pilih makanan tinggi kalori jika nafsu makan buruk.

Penyebab Sakit Hepatitis

Untuk melindungi hati, menghindari alkohol dan memeriksa dengan profesional kesehatan sebelum mengambil obat atau suplemen.Selain itu, beberapa orang dengan hepatitis C akut dan hepatitis kronis manfaat dari obat.

Orang dengan hepatitis kronis harus dipantau secara teratur oleh penyedia layanan kesehatan yang memahami kondisi tersebut. Untuk melindungi hati, pasien harus menghindari alkohol dan memeriksa dengan penyedia mereka sebelum mengambil obat atau suplemen.

Prognosis (hasil jangka panjang) bervariasi tergantung pada bentuk hepatitis:

Kebanyakan orang dengan hepatitis A sembuh dalam waktu 2-6 bulan.

Beberapa orang dengan hepatitis B berkembang menjadi hepatitis kronis. Risiko berkisar dari sekitar 90 persen pada bayi untuk 6-10 persen pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sekitar 15-25 persen orang dengan hepatitis B kronis terus mengembangkan komplikasi serius.

Tentang 75-85 persen orang dengan hepatitis C mengembangkan hepatitis kronis. Dari jumlah tersebut, 60-70 persen mengalami penyakit hati kronis; 5-20 persen akhirnya mengembangkan sirosis; dan 1-5 persen meninggal karena sirosis atau kanker hati. Selain itu, orang dengan hepatitis C berada pada risiko untuk penyakit serius jika mereka kemudian mengembangkan hepatitis A atau B.

Sumber https://klinikhijau.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image