apa sih kanker itu? dan bagaimana cara mencegahnya

Image
Agah Nasrullah
Gaya Hidup | Wednesday, 18 May 2022, 16:22 WIB

Hallo Sobat Sehat Retizen, Kali Ini Saya ingin Nge-Share Informasi kesehatan Yaitu apa Sih kanker itu? dan bagaimana cara mencegahnya.

Kanker masih merupakan salah satu momok terbesar bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini bisa menyerang siapa saja tanpa padang bulu. Meski begitu, kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah.

Pada tahun 2018, jumlah penderita kanker di Indonesia naik dari 1,4% menjadi 1,8%. Peningkatan ini menempatkan Indonesia di urutan ke-8 dengan kasus kanker terbanyak di Asia Tenggara, dan peringkat ke-23 se-Asia. Kabar baiknya, sekitar 30–50% dari seluruh jenis penyakit kanker bisa dicegah.

Cara mencegah Knaker usia Muda

Bagaimana mencegah kanker sejak usia sangat muda

Pencegahan kanker harus dilakukan sejak awal dan mulai sekarang. Karena ada beberapa jenis kanker yang dapat terjadi tanpa menyebabkan gejala awal.

Secara umum, kanker dapat terjadi ketika sel -sel tubuh mengalami anomali dalam bahan genetiknya, sehingga sel dibagi tanpa kontrol. Jadi, untuk mencegah kanker, kita harus memastikan bahwa sel -sel tubuh kita sehat. Langkah -langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kanker adalah:

1. Mengonsumsi makanan sehat

2. Rutin berolahraga

3. Menghindari asap rokok dan minuman beralkohol

4. Melakukan deteksi dini

5. Melindungi diri dengan asuransi

7 Cara Mencegah Kanker Secara Alami dalam sehari hari

Setiap orang sebenarnya memiliki sel kanker dalam tubuh yang tidak terdeteksi selama pemeriksaan standar sampai sel banyak berlipat ganda. Sel kanker selalu ditekan pada batas rendah dapat ditoleransi dan tidak menyebabkan kanker oleh sistem kekebalan tubuh. Selama sel pembunuh alami (sel NK) dan sel T dalam sistem kekebalan tubuh dalam keadaan yang kuat dan jumlah besar, sel kanker tidak akan berkembang di luar ambang batas sebelum mampu menjadi kanker.

Kondisi seperti ini tentu harus dipertahankan karena kanker dapat menyebabkan risiko kesehatan, termasuk kematian. Seseorang yang menderita kanker umumnya menunjukkan bahwa mereka mengalami kekurangan gizi yang dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti genetika, lingkungan, makanan, gaya hidup dan usia tua. Untuk mengatasi kesenjangan nutrisi dan meningkatkan daya tahan, ada berbagai cara untuk dilakukan oleh siapa pun. Luncurkan berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah cara untuk mencegah kanker yang baik untuk diterapkan:

1. Batasi konsumsi daging dimasak sangat matang atau dibakar

Melansir Buku Hidup Sehat Bebas Kanker (2014) oleh dr. Iskandar Junaidi, tidak baik mengonsumsi daging yang dimasak atau dipanggang sampai gosong karena akan menghasilkan senyawa amino heterosiklik yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Amino heterosiklik paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya gosong atau hitam. Maka penting, batasilah konsumsi daging yang demikian sebagai cara mencegah kanker.

2. Batasi konsumsi lemak

Beberapa penelitian mengungkap bahwa diet rendah lemak bisa membantu mencegah kanker.

Jenis lemak yang dapat memicu kanker adalah lemak jenuh yang biasanya mudah ditemui dalam daging, mentega, makanan yang mengandung susu full-cream, dan asam lemak dalam margarin.

Sedangkan, jenis lemak yang dapat membantu mencegah kanker adalah lemak tak jenuh seperti dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 seperti dalam ikan salmon.

3. Banyak konsumsi sayuran dan buah

Semakin banyaj mengonsumsi buah dan sayur, maka kian berkurang pula risiko seseorang terserang kanker.

Sayur dan buah banyak mengandung antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dan mineral selenium yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab kanker.

Konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan sebagai cara ampuh mencegah kanker adalah minimal 5 kali sehari.

4. Pebanyak konsumsi makanan sumber serat Selain berfungsi sebagai antioksidan, buah dan sayur juga mengandung banyak serat.

Serat ini berfungsi mengikat kolesterol dan estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan berkurang.

5. Banyak konsusmi olahan kedelai

Makanan yang bersumber dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan (fito-estrogen), yang mirip estrogen tubuh, tapi lebih lemak.

Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko kanker, termasuk kanker payudara.

6. Banyak makan kacang-kacangan

Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terkandung di dalam berbagai jenis kacang-kacangan lainnya.

Jadi, konsumsi kacang-kacangan sangat baik dilakukan sebagai cara mencegah kanker secara alami.

7. Batasi konsumsi alkohol Jika Anda memilih untuk minum alkohol, lakukan hanya dalam jumlah sedang.

Risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker ginjal dan kanker hati akan meningkat jika seseorang lebih banyak atau lebih sering mengonsumsi alkohol.

Sekian Sobat Retizen Tentang Info Tips Kesehatan, Eh bentar ya..Selain Itu Saya Juga menulis Tentang Kesehatan Juga Di Media Karui. Disana Akan Banyak Banget Tips, Info, Serta Pengetahuna Kesehatan Yang Perlu Kamua Ketahui. Terimakasih.. Salam Retizen

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suka menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image