Bangun Branding Produk Kecantikanmu Dengan Langkah Ini!

Image
Ahmad Rifa'i
Bisnis | Wednesday, 18 May 2022, 13:18 WIB

Branding dalam sebuah bisnis sangat penting untuk dilakukan agar perkembangan bisnis yang dijalankan mencapai peningkatan yang positif. Namun untuk membangun sebuah branding ternyata tidak semudah itu loh! Harus melalui proses dan menyiapkan banyak hal agar branding produk dilakukan dengan baik.

Pada masa sekarang ini industri kosmetik semakin meningkat peminatnya sehingga semakin banyak pula brand-brand kosmetik baru yang beredar di pasar masyarakat. Brand yang diproduksi juga memiliki keunikan yang berbeda-beda sesuai dengan identity brand milik mereka sendiri.

Jika kamu seorang beautypreneur atau seorang yang terjun langsung menekuni dunia bisnis kecantikan, kamu perlu mengatur strategi untuk meningkatkan branding produk milikmu agar semakin dikenal oleh masyarakat. Dengan menyusun strategi yang tepat dalam branding milikmu, tidak hanya akan mengantarkan citra brand naik, kamu juga akan mendatangkan konsumen baru yang tertarik terhadap produk dari brand milikmu.

Karena industri kosmetik terus meningkat dan banyak brand baru yang terus beredar, hal ini menciptakan dunia persaingan dalam industri kosmetik. Oleh karena itu, strategi branding sangat penting dilakukan untuk menunjukan apa keunikan dan pembeda brand milikmu dari brand lain yang beredar.

Untuk menyusun strategi kamu bisa mulai dengan melakukan riset target pasar dulu untuk mengetahui pangsa dari produk kecantiknmu. Hal mendasar ini harus sudah ada sejak awal kamu membuat konsep brand karena ini akan mampu membantu brand mencapai kesuksesan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Target pasar bisa mulai kamu tentukan dari target usia yang produk kamu tawarkan, misalnya produk kecantikan pelembab target usianya adalah remaja hingga dewasa atau hanya remaja saja. Dan meneliti kebutuhan masyarakat terkait dengan produk kosmetik, misalnya masyarakat sangat membutuhkan produk perawatan wajah untuk kulit sensitif. Jadi dengan adanya riset pasar ini, saat produkmu launching sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Riset ini juga bisa bermanfaat untuk kamu pelajari apa yang menjadi pembeda produkmu dengan produk dari brand lain. Pada dasarnya branding merupakan identitas bisnis pelaku usaha, maka strategi ini sangat penting untuk menjadi pembeda dengan brand lain.

Tapi kamu tidak perlu khawatir belum menemukan strategi yang tepat, karena kamu dapat lakukan dengan memanfaatkan media sosial. Cangkupan media sosial di era sekarang ini sangat luas bahkan bisa sampai international tidak hanya di Indonesia saja. Masyarakat saat ini juga banyak menghabiskan waktu bermain media sosial tanpa mengenal kalangan dan umur. Siapapun bisa mengakses media sosial dengan bermodalkan gadget saja dan penyebaran informasi di media sosial juga cepat sehingga bisa menjadi wadah yang tepat untuk kamu menaikkan branding di media sosial.

Lalu, bagaimana caranya menaikkan branding produk kecantikanmu? Temukan jawabanmu melalui artikel ini!

Langkah Membangun Branding

1. Tetapkan target pasar produk

Langkah awal yang kamu harus lakukan sebelum melakukan bisnis kecantikan adalah menentukan target pasar brand. Hal ini yang paling awal penting kamu lakukan, dengan adanya target pasar kamu akan bisa menyusun strategi bisnis seperti apa yang paling tepat untuk brand milikmu. Strategi dapat berupa siapa yang menjadi target produk, jumlah konsumen yang ingin dicapai, informasi atau deskripsi produk apa yang ingin diperkenalkan, serta berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk melakukan branding.

2. Buat identitas visual brand yang menarik

Masyarakat biasanya akan tertarik dengan brand yang mampu menarik mata mereka. Oleh karena itu, kamu bisa membuat identitas visual brand milikmu dengan warna, design, dan makna yang kuat agar menarik calon konsumen. Keselarasan palette warna yang kamu gunakan juga bisa menarik perhatian masyarakat, namun harus tetap perhatikan apakah warna yang digunakan sesuai dengan konsep brand yang kamu angkat atau tidak.

Dengan identitas visual brand yang kuat maka tidak menutup kemungkinan masyarakat akan lebih mengenal brandmu. Identitas brand juga menjadi pembeda antara brand satu dengan yang lain.

3. Manfaatkan strategi digital di media sosial

Dengan perkembangan digital di era sekarang, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan branding produk. Media sosial menjadi lahan yang tepat bagi kamu untuk memperkenalkan produk dan cangkupannya pun luas bahkan sampai ke international.

Buat konten-konten produk dengan menarik agar dapat dikenal masyarakat, atau kamu bisa mengikuti tren konten yang sedang viral lalu aplikasikan di konten produkmu. Tapi ingat selalu terapkan system ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) karena dengan perbedaan dari modifikasi akan membawa kontenmu berbeda dengan yang lain dan hal inilah yang menjadi sumber daya tarik brand.

Media sosial sekarang ini juga sudah banyak menyediakan toko online untuk mempermudah konsumen membelinya secara online. Maka kamu harus memberikan informasi terkait dengan produk dengan jelas di media sosial yang kamu pilih. Masyarakat nantinya akan membaca deskripsi produk dan ulasan terkait produk di media sosial.

Kamu bisa fokus dengan dua atau tiga media sosial saja, tidak perlu membuat semua media sosial agar proses branding tidak saling bercampur dan menjadi tidak ter arah. Kamu bisa pilih media sosial yang paling banyak di akses masyarakat.

4. Rutin Posting dan Konsisten

Rutin posting konten juga berpengaruh terhadap perkembangan branding, dengan kamu rutin posting maka semakin banyak informasi yang tersedia di media sosial milikmu. Tidak perlu takut media sosialmu akan sepi karena sering memposting justru engagement media sosial dapat diraih dengan rutin memposting. Dan juga kamu harus konsisten dalam menggunakan media sosial, jangan mundur apabila belum mendapatkan feedback yang baik. Maju terus dan ikuti perkembangan media sosial agar kamu tidak ketinggalan update-update terbaru.

5. Evaluasi Hasil

Setelah kamu melakukan branding di media sosial, maka kamu perlu juga untuk evaluasi hasil dari branding yang kamu lakukan. Kamu bisa melihat bagaimana interaksi atau insight yang kamu dapatkan.

Evaluasi ini juga berfungsi untuk mengukur dan melihat apa saja kekurangan dari produk untuk kemudian dapat dikembangkan kembali menjadi versi yang baru dan lebih baik.

Nah, demikian beberapa cara yang kamu dapat lakukan untuk membangun branding agar bisnismu mendapat banyak perhatian masyarakat. Selain cara diatas, kamu juga perlu keyakinan dalam hati bahwa bisnismu akan mencapai kesuksesan dari setiap proses yang kamu lakukan.

Untukmu yang tertarik ingin terjun membuat brand kecantikan sendiri, kamu bisa loh menjalin kerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik PT Cressindo Kusuma. Perusahaan maklon kosmetik terpecaya dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ijarah dalam fiqh muamalah kontemporer

Image

Pembinaan Fisik CPNS 2021 Lapas Muaradua Kemenkumham Sumsel Bersama Silat PSHT Ranting OKUS

Image

Guru Perlu Memahami Sejumlah Istilah pada Kurikulum Merdeka

Image

Kepercayaan Inggris Terhadap Indonesia, Bukti Pemerintah Kita Mampu Menjaga Hubungan

Image

Lapas Perempuan Palembang Ikuti Rapat Persiapan Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke - 77 Secara Hy

Image

5 Strategi Mahasiswa Kupu-Kupu saat Membuat CV agar Dilirik HRD

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image