Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adira fairuz

Pahami Komponen dan Fungsi Pada Genset Berikut Ini

Info Terkini | Tuesday, 17 May 2022, 16:13 WIB
Source Image : Freepik

Penting untuk mengetahui komponen dan fungsi yang ada pada genset. Hal itu dapat memberikan Anda lebih banyak kemudahan saat menggunakan genset. Apalagi jika mesin genset tiba-tiba mengalami masalah teknis atau troubleshooting. Jadi, Anda bisa memperbaiki sendiri. Dengan demikian, penggunaan genset pun menjadi lebih baik dan juga tepat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan komponen dan fungsi pada genset.

Komponen & Fungsinya

Mesin

Komponen genset yang pertama adalah mesin. Komponen ini adalah yang terpenting. Hal ini dikarenakan mesin merupakan komponen yang menjadi sumber dari energi mekanis. Tentunya ini memerlukan bahan bakar seperti bensin dan juga gas untuk menghidupkan energi mekanik.

Alternator

Memahami alternator pada genset terbilang penting, karena alternator merupakan komponen yang berguna untuk mengkonversi energi yang dihasilkan mesin menjadi energi listrik. Alternator terhubung ke poros engkol mesin melalui sabuk. Saat mesin berputar, ia menggerakkan sabuk, yang memutar poros rotor. Rotor pada dasarnya adalah magnet, dan area di sekitar magnet adalah konduktor, yang disebut stator. Komponen-komponen ini bekerja sama untuk menghasilkan listrik dalam bentuk arus bolak-balik (A/C).

Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar berguna sebagai penampung bahan bakar. Namun, tidak hanya memiliki fungsi tersebut. Komponen ini juga berguna sebagai durasi yang dihasilkan oleh mesin untuk tetap menghasilkan energi listrik. Semakin besar daya penampung, maka akan semakin lama juga jam kerja pada mesin genset.

Voltage Regulator

Komponen yang satu ini berguna untuk mengatur besaran dari tegangan yang dihasilkan oleh generator. Dengan keberadaannya, itu bisa membuat listrik yang dihasilkan oleh genset lebih stabil. Komponen ini juga bisa membuat penerima energi listrik lebih awet dan tidak mudah rusak.

Sumber Artikel Lengkap : https://www.hartech.co.id/post/berita/-Penting-Untuk-Memahami-Komponen-dan-Fungsi-Pada-Genset-.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image