Pengertian, Cara, dan Tujuan Analisis Peluang Usaha

Image
Nando Rifky
Bisnis | Tuesday, 17 May 2022, 11:51 WIB
Bizbox.id" />
Sumber: Bizbox.id

Tetap kompetitif dan menguntungkan di tengah kondisi pasar yang berkembang pesat dapat menjadi tantangan. Teknologi yang muncul, model bisnis yang canggih, dan siklus hidup produk/layanan yang semakin berkurang membuat sulit untuk berkembang. Ditambah dengan krisis global saat ini yang memaksa bisnis untuk meninjau kembali inovasi dan strategi yang sebelumnya terhenti karena zaman konvensional.

Dengan tuntutan konsumen baru yang berlangsung normal, bisnis yang gesit ingin mengubah gangguan ini menjadi peluang untuk mengesankan pelanggan dan meningkatkan ketahanan pasar mereka. Di situlah analisis peluang usaha menjadi penting.

Apa itu analisis peluang usaha?

Analisis peluang usaha adalah proses mendefinisikan peluang yang tersedia di lingkungan operasi organisasi dalam hal pertimbangan eksternal, keuangan, dan internal. Ini melibatkan evaluasi aspek seperti risiko, lingkungan peraturan, pesaing potensial dan pelanggan, dan kompleksitas rantai pasokan antara lain, untuk akhirnya memahami kelayakan bisnis dari penawaran Anda di lingkungan tertentu. Berikut adalah gambaran singkat dari langkah-langkah yang terlibat dalam penelitian ini.

Analisis peluang usaha adalah bagian rumit dari proses perencanaan strategis. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mengidentifikasi pasar baru di mana organisasi Anda dapat tumbuh dan memperluas bisnisnya. Ini mensintesis riset pasar dan data klien yang mendalam untuk mengidentifikasi dan menilai peluang pertumbuhan bisnis di seluruh pasar sasaran.

Untuk perusahaan yang ingin mengikuti skenario pasar saat ini, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, berikut ini cara analisis peluang usaha yang dilansir dari Bizbox.id:

1. Identifikasi segmen pasar yang akan menganggap penawaran Anda relevan

Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Oleh karena itu, mengidentifikasi segmen pelanggan yang menginginkan produk/layanan Anda dan bersedia membayar sangat penting untuk memastikan pertumbuhan di luar tahap peluncuran awal. Memisahkan audiens Anda berdasarkan usia, gaya hidup, daya beli, penggunaan produk, dan lainnya, membantu Anda mengenali dan memberi peringkat segmen berdasarkan profitabilitas. Untuk audiens B2B, segmen pasar dapat dibagi dua berdasarkan ukuran perusahaan, lokasi, pendapatan, dll.

Melakukannya memberi Anda kejelasan tentang segmen pasar yang sangat relevan, karakteristiknya, potensi pasar, ukuran, potensi penjualan, dan biaya akuisisi dan retensinya. Latihan ini juga memungkinkan Anda untuk mengungkap celah dan peluang berbasis segmen dalam pasar yang lebih besar. Bisnis dapat menggunakan data ini untuk menginformasikan perubahan tertentu dalam penawaran mereka untuk memasuki segmen yang belum dijelajahi dan juga mengembangkan strategi pemasaran yang ditargetkan untuk mendorong konversi yang lebih baik.

2. Mengenali kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi

Segmentasi pasar memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan mana yang ditangani dan mengungkapkan ruang kosong yang dapat Anda manfaatkan secara strategis. Ini juga membantu mengevaluasi pengganti atau alternatif potensial untuk penawaran Anda di pasar tersebut yang dapat bertindak sebagai hambatan pertumbuhan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dengan tepat merencanakan, merancang, dan memberikan produk atau layanan mereka. Analisis peluang usaha membantu memetakan kebutuhan tersebut dan merumuskan rencana tindakan korektif untuk melayani mereka. Menempatkan pelanggan Anda di jantung segalanya, mulai dari pengembangan produk hingga strategi promosi seringkali dapat memberi Anda keuntungan penggerak pertama di pasar.

Misalnya, penyedia solusi infotech utama melakukan analisis peluang usaha yang mencakup geografi tertentu untuk mendapatkan pandangan mendalam tentang pasar perangkat lunak perpajakan tidak langsung. Studi ini membantu perusahaan mengenali kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi di berbagai segmen target dan dengan demikian membantu merumuskan strategi masuk ke pasar yang unik untuk solusi perangkat lunak perpajakan tidak langsung lintas sektor.

3. Temukan keunggulan khusus dan manfaatkan untuk diversifikasi

Setiap organisasi memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Membandingkan penawaran dan proses Anda dengan pesaing Anda memungkinkan Anda menemukan faktor pembeda yang membantu Anda menonjol. Di sinilah perhatian terhadap aktivitas saingan Anda melalui metodologi intelijen pasar pelacakan pesaing, profiling, penelitian model bisnis, benchmarking kompetitif dan analisis SWOT membantu. Wawasan dari inisiatif ini tidak hanya mengungkapkan kekuatan Anda tetapi juga memungkinkan Anda untuk memanfaatkan peluang diversifikasi. Ini bisa berupa diversifikasi produk/terkait teknologi, terkait pasar, atau nonproduk/pasar.

Contoh diversifikasi produk/teknologi yang baik adalah perusahaan yang memproduksi lemari es dengan menggunakan teknologi pendinginan yang sama untuk mengembangkan ruangan dingin industri atau AC. Dalam hal diversifikasi terkait pasar, contohnya adalah merek yang memproduksi minuman nutrisi untuk anak-anak, mengambil langkah maju untuk menawarkan buku resep nutrisi untuk orang tua dari anak-anak dalam segmen pasar yang sama. Sedangkan untuk diversifikasi non-produk/pasar, dinamikanya bisa sangat berbeda, di mana perusahaan tidak menargetkan pasar yang sama atau mempromosikan produk yang sama, tetapi mengeksplorasi alternatif yang saling melengkapi. Misalnya, produsen sepatu pria setelah memantapkan dirinya di pasar bergerak ke pakaian untuk pria dan wanita.

4. Merumuskan strategi harga dan promosi yang tepat

Penetapan harga dan promosi memainkan peran penting dalam mencapai bauran pemasaran yang sempurna untuk produk atau layanan apa pun. Analisis peluang usaha memberikan penilaian mendalam tentang harga yang berlaku dan ekspektasi konsumen di seluruh segmen pasar sasaran. Wawasan ini dikombinasikan dengan kondisi pasar dan peraturan yang berlaku membantu sampai pada strategi penetapan harga yang layak dan mengembangkan promosi yang efektif.

Misalnya, krisis global telah memaksa segmen pelanggan yang berbeda untuk bereaksi secara berbeda dalam hal prioritas pembelian mereka dan di mana mereka berbelanja. Beberapa telah berubah hemat mengharapkan nilai lebih untuk uang, sementara yang lain tidak keberatan menghabiskan uang dan menjelajahi produk baru. Pandemi telah menyebabkan gangguan rantai pasokan yang berkepanjangan, membuat banyak perusahaan menanggung biaya logistik yang tidak terduga. Dengan mempertimbangkan semua perkembangan baru ini, bisnis yang ingin menjelajahi pasar baru akan berhasil dalam melakukan penilaian peluang yang kuat. Ini tidak hanya akan membantu menentukan titik harga yang ideal tetapi juga mengungkap saluran promosi yang tepat untuk mendorong penjualan berulang.

Pada intinya, penilaian peluang meninjau perjalanan pembelian pelanggan untuk menjawab apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana dalam hal penetapan harga, cara pembayaran, periklanan, dan strategi promosi yang berhasil. Ini juga memberikan gambaran umum tentang proses penjualan dan distribusi persaingan langsung dan tidak langsung Anda termasuk penetapan harga dan taktik promosi di seluruh platform offline dan online.

5. Identifikasi peluang kemitraan untuk pertumbuhan dan skalabilitas

Memperluas pangsa pasar Anda yang ada sering kali membutuhkan penggabungan kekuatan dengan bisnis lain yang melengkapi atau menambah nilai strategis pada kemampuan Anda yang ada. Dalam beberapa kasus, mitra ini dapat menjadi sangat penting dalam mendapatkan akses pasar, mengingat reputasi lama dan keahlian industri mereka, atau dalam beberapa kasus, itu bisa saja sesuai dengan permintaan kondisi pasar yang ada. Melalui analisis peluang usaha , organisasi dapat mengevaluasi peluang kemitraan potensial untuk memenuhi berbagai tujuan bisnis.

Dari memperkuat margin hingga mengurangi risiko bisnis dan pemeriksaan di masa depan, antara lain. Kemitraan strategis dapat membantu mengungkap mode tidak langsung untuk menangkap pangsa pasar, mengakses teknologi dan IP baru, memperoleh pelanggan baru, memperluas lini produk, dan paling tidak mendorong pertumbuhan pendapatan. Analisis peluang usaha menawarkan uji tuntas terperinci yang dibutuhkan pemangku kepentingan untuk membuat keputusan investasi dan aliansi yang kalkulatif.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Fitur Hebat Aplikasi Woilo, Karya Anak Bangsa yang Keren

Image

Savefrom Tiktok 2022 : Download Video dan Lagu TikTok Secara Gratis

Image

Gerakan Literasi Lapak Baca Ralaska

Image

Mewujudkan Negara Hukum yang Berkeadilan

Image

Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik

Image

Y2Mate Converter 2022 : Ubah Video YouTube Jadi MP3 dengan Cepat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image