5 Destinasi Populer di Banyuwangi

Image
Siti Nurjanah
Wisata | Sunday, 15 May 2022, 07:49 WIB

Sampai saat ini film "KKN DI Desa Penari" medapat sambutan serta antusiasme masyarakat yang penasaran akan ceritanya juga wilayah tempat kejadian. Seperti biasanya netizen selalu "kepo" dan mencari tahu hingga di klaim latar kejadiannya itu di sebuah willayah "berinisial B" dan banyak orang mentafsirkan adalah Banyuwangi yang kini kembali banyak di perbincangkan.

Terlepas beragam hal misterius dari kota berjuluk Sunrise Of Java ini, nyatanya Banyuwangi menyimpan potensi wisata alam yang mengagumkan. Diantaranya ada 5 tempat wisata yang cukup populer dan sering banget dikunjungi wisatawan ketika bertandang ke wilayah ujung timur jawa ini.

1) Pantai Watu Dodol

Lokasinya sangat strategis tepat di tepi jalur Pantura antara Situbondo dan Banyuwangi sehingga sangat mudah dijangkau. Memasuki area Pantai Watu Dodol, tiap pengunjung akan disambut oleh patung penari Gandrung yang merupakan ikon Kota Banyuwangi.

Watu Dodol bermakna batu karang yang berwarna hitam dan sangat keras. Sekaligus memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian atas lebih besar daripada bagian dasarnya. Area pantai cukup sejuk dan asri karena dikelilingi juga oleh banyak pepohonan.

Kawasan Pantai Watu Dodol lengkapi dengan fasilitas parkir yang luas serta kemudian warung-warung yang menjual beragam hidangan tidak terkecuali khas Banyuwangi. Di pantai ini, pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk pergi menuju ke tengah laut, selain itu juga kerap kali menjadi akses menyebrang ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan.

2) Gunung Ijen

Memiliki ketinggian 2.443 mdpl, Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia. Letaknya berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi. menjadi objek wisata yang sudah dikenal luas bahkan hingga ke mancanegara. Yang paling populer dari Gunung Ijen adalah keberadaan kawah ijen yang memiliki belerang dengan kadar keasaman yang tinggi serta fenomena alam blue fire yakni semburan api biru di satu dari dua lokasi di dunia selain Eslandia.

Untuk melihat fenomena langka blue fire ini, maka wisatawan harus mendaki terlebih dahulu dan keindahannya ini hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja, yakni sekitar pukul 02.00-03.00 WIB dini hari.

3) Pantai Pulau Merah

Kawasan pantai ini populer lantaran sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah dan dikelilingi vegetasi hijau. Letaknya ada di tengah dekat bibir pantai. Wisatawan bisa mengunjungi bukit tersebut dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Pesona dari pantai ini adalah moment memarik ketika matahari terbenam selain itu hamparan pasir putihmya yang membentang serta deburan ombak yang cukup tinggi menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi favorit wisatawan melakukan surfing.

4) Teluk Hijau / Green Bay

Kecantikan alam yang lokasinya cukup tersembunyi. Untuk menuju kesana, wisatawan memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri, harus tracking, dan berjalan menelusuri hutan jalan setapak selama kurang lebih 30-60 menit.

Ketika tiba ditujuan hamparan pasir putih yang indah dan bersih juga gradasi air laut hijau serta biru akan memberikan rasa takjub akan pesona alam yang disajikan. Sekeliling pantai pun begitu asri.

5) Pantai Plengkung

Berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, sebutan Pantai Plengkung ini juga terkenal dengan julukan G-Land. Salah satu alasannya karena huruf G yang mengarah pada Teluk Grajagan, tempat Pantai Plengkung berada.

Topografi yang indah serta panorama alam yg memikat, Pantai Plengkung di kelilingi hamparan hutan tropis serta hutan dataran rendah yang masih asri. Hamparan laut biru dan ombak yang memanjang, tinggi, serta besar. Menjadi daya tarik wisatawan khususnya bagi yang menggemari aktivitas berselancar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger yang nice-nya lebih ke lifestyle. Yang memiliki hobi traveling juga tertarik pada musik dan Film.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ekspresikan Dengan Buku

Image

Menjadi Bangsa yang Terdidik

Image

Sepucuk Malam

Image

Mp3 Juice: Converter Paling Gampang 2022 Hanya Masukkan Link

Image

Peradaban Buku

Image

Waspada Saat Libur, Kalapas Kelas I Palembang Periksa Kesiapan Petugas Pengamanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image