Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Teknologi | Friday, 17 Sep 2021, 19:58 WIB
Cara Riset Kata Kunci untuk Blog - Sumber: garuda website

Cara riset kata kunci adalah salah satu pengetahuan yang harus anda ketahui ketika memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Mengapa ini penting?

Jawabannya sederhana, dikarenakan kata kunci yang diterapkan di artikel anda akan membantu visibilitas halaman artikel nantinya akan menjadi optimal di mata Google. Sehingga, halaman konten artikel anda pun berpotensi mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google.

Namun saat ini masih banyak para blogger yang kurang memahami tentang cara untuk melakukan riset kata kunci ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dengan detail bagaimana cara yang benar untuk melakukan riset kata kunci ini. Anda telah merasa penasaran? Jika iya, langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Keyword Tool

Sebenarnya, saat ini telah terdapat banyak keyword tool yang dapat anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Setiap keyword tool tersebut menawarkan keunggulannya tersendiri.

Melansir informasi yang diterbitkan oleh jasa backlink garuda website, sempat dijelaskan bahwa terdapat sejumlah pilihan keyword tool terbaik untuk digunakan dalam riset kata kunci ini. Adapun beberapa keyword tool tersebut meliputi.

1. Ahrefs

Keyword tool Ahref - Sumber gambar: garuda website

Salah satu pilihan keyword tool yang dapat diandalkan untuk melakukan riset kata kunci adalah Ahrefs. SEO Tool yang satu ini dapat menyajikan data lengkap terkait suatu topik atau frase tertentu yang anda masukkan ke penelusurannya, mulai dari search volume, Return Rate, related keyword dan lainnya.

Ahrefs sendiri termasuk salah satu keyword tool yang menyajikan data kata kunci terlengkap di dalamnya.

2. KeywordTool.io

Keyword tool gratis Keywordtool.io - Sumber gambar: garuda website

Masih membahas mengenai cara riset kata kunci, rekomendasi keyword tool selanjutnya yang dapat anda coba adalah keywordtool.io. Jika anda sedang mencari keyword tool gratisan, maka Keywordtool.io ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda coba.

Keyword tool ini dapat menyajikan daftar kata kunci sesuai dengan kata atau frase yang anda masukkan di kotak penelusurannya. Bersama dengan data kata kunci tersebut, dihadirkan juga sejumlah informasi tambahan seperti search volume, CPC, trend dan juga Competition rate.

3. Keyword Tool Dominator

Keyword Tool Dominator - Sumber gambar: garuda website

Rekomendasi keyword tool lainnya yang juga tidak kalah bagus adalah Keyword Tool Dominator. Keyword tool ini sendiri dapat dikatakan mulai semakin terkenal belakangan ini.

Keyword tool ini dapat menyajikan data kata kunci lengkap di dalamnya seperti region hingga keyword score. Selain itu, Keyword tool yang satu ini juga dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci untuk platform lainnya seperti Etsy, Ebay, Amazon, Walmart dan juga Youtube.

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Search

Selain menggunakan sejumlah keyword tool yang saya jelaskan di atas, Google search juga dapat menjadi media untuk mengetahui kata kunci yang tepat untuk artikel anda.

Untuk bagian ini, anda hanya perlu memasukkan topik yang kata kuncinya yang ingin anda telusuri. Sebagai contoh, misalnya anda ingin mencari kata kunci yang berhubungan dengan topik “cara membuat blog”, maka anda dapat memasukkan frasa tersebut di pencarian Google.

Selanjutkan, Google akan memberikan rekomendasi kata kunci terkait dengan topik yang anda masukkan.Anda dapat menggunakan frasa yang disarankan oleh Google tersebut sebagai kata kunci di artikel anda.

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai cara riset kata kunci untuk artikel blog. Semoga sedikit penjelasan dari saya ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia blogging. Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image