PPSDM Geominerba Cetak Pemandu Geowisata Unggulan Kali Keenam

Image
Geominerba Geominerba
Wisata | Thursday, 16 Sep 2021, 21:46 WIB

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang professional dan memiliki kualifikasi tertentu untuk meningkatkan kualitas daya tarik dalam pelayanan geowisata, PPSDM Geominerba kembali menyelenggarakan Diklat Pengantar Pemandu Geowisata angkatan enam bagi masyarakat.

Diklat yang dilakukan secara online ini, diikuti oleh sebanyak 23 orang peserta yang merupakan masyarakat. Berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 13 sampai dengan 16 September 2021.

Indonesia memiliki keragaman geologi dengan nilai yang signifikan dalam pembentukan bumi dan kehidupan di dalamnya. Kekayaan dan keunggulan tersebut dipadukan dengan keragaman budaya dan hayati yang khas yang menjadi potensi besar bagi pengembangan geowisata berdaya saing.

Tak dapat dipungkiri, sektor usaha pariwisata merupakan jenis bisnis yang paling terdampak dari adanya pandemi Covid-19. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat PPSDM Geominerba sebagai lembaga diklat pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam pengembangan industri pariwisata saat ini.

Potensi geowisata yang tinggi ini mendorong berkembangnya Geopark di Indonesia. Beberapa bahkan sudah ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark. Hal ini akan mendorong pengembangan geowisata yang lebih luas, tidak hanya di kawasan yang sudah ditetapkan sebagai Geopark.

Selama diklat berlangsung para peserta dibekali dengan materi seperti: Kepariwisataan dan Geowisata; Keragaman Bumi Indonesia; Interpretasi Objek Geowisata; Persiapan Perjalanan Geowisata; Pelaksanaan Pemandu Geowisata; Pelaporan dan Promosi Pemandu Geowisata; Diskusi dan Tugas; dan Fotografi.

Dengan adanya diklat ini diharapkan para peserta memiliki kompetensi dalam menjelaskan tentang fenomena kebumian, yang mencakup mineral, batuan, fosil, bentangan alam dan proses geologi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image