PB Al Washliyah dan PUI Bertemu Bahas Penguatan Umat Islam

Image
Muralis
Agama | Thursday, 16 Sep 2021, 08:03 WIB
Dua pimpinan pusat Ormas Islam Al Washliyah dan PUI bertemu bahas tentang keumatan dan sinergitas Ormas Islam di Jakarta.

Permasalahan keumatan yang terjadi di Indonesia menjadi pembahasan antara pimpinan PB Al Washliyah dengan DPP Persatuan Umat Islam. Dua petinggi Ormas Islam tersebut bersilaturahim dan saling bertukar informasi tentang keumatan. Permasalah umat Islam yang kian hari semakin kompleks itu perlu dicari solusinya.

Untuk menyelesaikan promblematika keumatan tersebut tidak bisa ditangani satu pihak saja dan harus diselesaikan bersama-sama. Karenanya perlu kerjasama yang baik antarormas Islam di Indonesia. Ormas Islam merupakan ujung pelaku utama yang langsung berinteraksi dengan umat. Melalui para kader dan pengurusnya, Ormas Islam melakukan pembinaan kepada umat.

Untuk itu perlu kerja sama dan sinergitas antarormas Islam di Indonesia dalam pembinaan kepada umat. Demikian disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam'iyatul Washliyah Dr. KH. Masyhuril Khamis, MM usai bersilaturrahim dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Umat Islam (DPP PUI) pada Rabu, 15 September 2021 di Jakarta.

Ketum PB Al Washliyah yang baru terpilih pada Muktamar ke 22 Al Washliyah, Maret 2021 di Jakarta itu datang dengan jajaran pengurusnya. Pimpinan Al Washliyah itu mengajak PUI untuk bersama-sama memperkuat umat Islam agar tidak mudah terpecah belah. Menurut KH. Masyhuril persatuan umat merupakan suatu hal yang penting, untuk itu perlu sinergitas sesama Ormas Islam.

Sementara itu Ketua Umum DPP PUI, KH. Nurhasan Zaidi menyambut baik kehadiran Ketum PB Al Washliyah bersama jajarannya ke kantor DPP PUI di Jakarta Selatan. Pertemuan dua Ormas Islam ini diharapkan semakin memperkokoh hubungan dan kerjasama antara PUI dan Al Washliyah.

Pimpinan Ormas Islam itu juga sempat bertukar informasi tentang permasalahan pendidikan dan aset organisasi yang dikelola. Dari komunikasi tersebut ternyata kedua Ormas Islam ini memiliki kesamaan program yaitu dalam bidang pendidikan, dakwah dan amal sosial. Bahkan terkait kondisi permasalahan yang terjadi di lembaga pendidikan juga hampir sama.

Silaturrahim dua pimpinan Ormas Islam tingkat nasional ini sebenarnya sudah lama ingin dilaksanakan namun karena kondisi Jakarta yang masih PPKM Level 4 akibat Pandemi Covid-19 maka pertemuan baru bisa dilaksanakan. Usai terpilih sebagai Ketum PB Al Washliyah pada Muktamar Ke-22 yang lalu, Kiyai Masyhuril berupaya untuk menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan termasuk Ormas Islam.

Tuan rumah Ketum DPP PUI KH. Nurhasan Zaidi menyambut kedatangan rombongan PB Al Washliyah bersama pengurus lainnya yaitu Ketua DPP PUI H. Nur Ihsan Zaidi, M.M dan Ust. Otong Somantri, Sekretaris Jenderal H. Raizal Arifin, serta Ketua Badan Wakaf dan Aset PUI S. Faisal Parouq, S.K.M. M.Sc.

Sementara Ketum PB Al Washliyah Dr. KH. Masyhuril Khamis, MM, didampingi Sekjen Dr. H. Amran Arifin, MM. Bendum Drs. H. Rijal Naibaho, MM, unsur Ketua H. Ridwan Nazar, M.Si, H. Anas Abdul Jalil, M.Pd.I, dan Wizdan F. Lubis.

Pertemuan dua ormas Islam ini nampaknya akan dilanjutkan lagi dengan kunjungan balasan yang akan dilakukan DPP PUI ke kantor PB Al Washliyah di Rawasari, Jakarta Pusat.

(*****)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendidikan, dakwah dan amal sosial

Artikel Lainnya

Image

Stop Melanggengkan Budaya Patriarki

Image

Tawarkan Atap Metal, Stand Produk Fumira Diserbu Pengunjung!

Image

Jerat Riba Pinjol

Image

Mahasiswa Idaqu mendapatkan Ijazah sanad Khot Diwany metode Hamidy dari Syeikh Belaid Hamidi

Image

Mahasiswa Idaqu Dilantik Menjadi Pengurus Pusat FKMTHI

Image

Peringati HSN, MTsN 3 Bantul Gelar Aneka Lomba

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image