Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Perubahan Iklim Dapat Memicu Pandemi Berikutnya

Info Terkini | Thursday, 12 May 2022, 14:24 WIB
image: Getty

Ketika iklim Bumi terus menghangat, para peneliti memperkirakan hewan liar akan dipaksa untuk merelokasi habitat mereka - kemungkinan ke daerah dengan populasi manusia yang besar - secara dramatis meningkatkan risiko lompatan virus ke manusia yang dapat menyebabkan pandemi berikutnya.

Hubungan antara perubahan iklim dan penularan virus ini dijelaskan oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan di Universitas Georgetown dan diterbitkan 28 April 2022 di Nature.

Dalam studi mereka, para ilmuwan melakukan penilaian komprehensif pertama tentang bagaimana perubahan iklim akan merestrukturisasi virom mamalia global. Pekerjaan ini berfokus pada pergeseran jangkauan geografis -- perjalanan yang akan dilakukan spesies saat mereka mengikuti habitat mereka ke daerah baru. Saat mereka bertemu mamalia lain untuk pertama kalinya, studi memproyeksikan mereka akan berbagi ribuan virus.

Mereka mengatakan pergeseran ini membawa peluang lebih besar bagi virus seperti Ebola atau virus corona untuk muncul di daerah baru, membuatnya lebih sulit dilacak, dan menjadi jenis hewan baru, sehingga memudahkan virus untuk melompati spesies "batu loncatan" ke manusia.

"Analogi terdekat sebenarnya adalah risiko yang kita lihat dalam perdagangan satwa liar," kata penulis utama studi tersebut Colin Carlson, PhD, asisten profesor peneliti di Pusat Ilmu dan Keamanan Kesehatan Global di Georgetown University Medical Center. “Kami khawatir tentang pasar karena menyatukan hewan yang tidak sehat dalam kombinasi yang tidak alami menciptakan peluang untuk proses kemunculan bertahap ini – seperti bagaimana SARS melompat dari kelelawar ke musang, lalu musang ke manusia. Tetapi pasar tidak lagi istimewa; dalam iklim yang berubah, proses semacam itu akan menjadi kenyataan di alam di mana-mana."

Kekhawatiran adalah bahwa habitat hewan akan bergerak secara tidak proporsional di tempat yang sama dengan pemukiman manusia, menciptakan hotspot baru risiko limpahan. Sebagian besar proses ini mungkin sudah berlangsung di dunia dengan suhu 1,2 derajat yang lebih hangat saat ini, dan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca mungkin tidak menghentikan peristiwa ini berlangsung.

Temuan penting lainnya adalah dampak kenaikan suhu pada kelelawar, yang merupakan mayoritas penyebaran virus baru. Kemampuan mereka untuk terbang akan memungkinkan mereka melakukan perjalanan jarak jauh, dan menyebarkan virus paling banyak. Karena peran sentral mereka dalam kemunculan virus, dampak terbesar diproyeksikan di Asia Tenggara, hotspot global keanekaragaman kelelawar.

"Pada setiap langkah," kata Carlson, "simulasi kami mengejutkan kami. Kami telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memeriksa ulang hasil tersebut, dengan data yang berbeda dan asumsi yang berbeda, tetapi model selalu membawa kami pada kesimpulan ini. Ini benar-benar contoh menakjubkan seberapa baik kita sebenarnya bisa memprediksi masa depan jika kita mencoba."

Ketika virus mulai berpindah antar spesies inang dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, para penulis mengatakan bahwa dampaknya terhadap konservasi dan kesehatan manusia bisa sangat menakjubkan.

“Mekanisme ini menambah lapisan lain tentang bagaimana perubahan iklim akan mengancam kesehatan manusia dan hewan,” kata penulis utama studi tersebut Gregory Albery, PhD, seorang rekan pascadoktoral di Departemen Biologi di Fakultas Seni dan Sains Universitas Georgetown.

"Tidak jelas persis bagaimana virus baru ini dapat memengaruhi spesies yang terlibat, tetapi kemungkinan banyak dari mereka akan menyebabkan risiko konservasi baru dan memicu munculnya wabah baru pada manusia."

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan iklim akan menjadi faktor risiko hulu terbesar untuk munculnya penyakit -- melebihi masalah profil tinggi seperti deforestasi, perdagangan satwa liar, dan pertanian industri. Para penulis mengatakan solusinya adalah memasangkan pengawasan penyakit satwa liar dengan studi waktu nyata tentang perubahan lingkungan.

"Ketika kelelawar ekor bebas Brasil berhasil sampai ke Appalachia, kita harus berinvestasi untuk mengetahui virus apa yang menyertainya," kata Carlson. "Mencoba menemukan lompatan tuan rumah ini secara real-time adalah satu-satunya cara kami dapat mencegah proses ini mengarah ke lebih banyak tumpahan dan lebih banyak pandemi."

"Kami lebih dekat untuk memprediksi dan mencegah pandemi berikutnya dari sebelumnya," kata Carlson. "Ini adalah langkah besar menuju prediksi -- sekarang kita harus mulai mengerjakan bagian yang lebih sulit dari masalah."

“Pandemi COVID-19, dan penyebaran SARS, Ebola, dan Zika sebelumnya, menunjukkan bagaimana virus yang melompat dari hewan ke manusia dapat memiliki efek yang sangat besar. Untuk memprediksi loncatannya ke manusia, kita perlu mengetahui penyebarannya di antara hewan lain. ," kata Sam Scheiner, direktur program di National Science Foundation (NSF) AS, yang mendanai penelitian tersebut. "Penelitian ini menunjukkan bagaimana pergerakan dan interaksi hewan karena iklim yang memanas dapat meningkatkan jumlah virus yang melompat antar spesies."

(Materials provided by Georgetown University Medical Center)

***

Solo, Kamis, 12 Mei 2022. 2:18 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image