LAZ Harfa dan YBM PLN Resmikan Pembangunan SAB dan MCK di Kabupaten Lebak

Image
khoirul ifan
Gaya Hidup | Thursday, 09 Sep 2021, 21:24 WIB

Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) bersama Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Distribusi Banten resmikan pembangunan Sarana Air Bersih dan MCK untuk warga pelosok Banten, bertempat di Kampung Pematang Desa Pasindangan Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak Provinsi Banten, rabu (08/08/2021).

Dilakukan secara simbolis, peresmian dihadiri oleh Ketua YBM PLN UID Banten (Jajan Suhendar) didampingi jajaran pengurus dan amilin YBM PLN, Manajer Program LAZ Harfa (Imam Hidayat), Kepala Puskesmas Cileles (Asep Zaenal Arifin), KASI Kecamatan Cileles (Damanhuri), PLT Kepala Desa Pasindangan (Muhammad) dan perwakilan tokoh masyarakat desa Pasindangan.

"Alhamdulillah hari ini kami selaku pengurus dan perwakilan para muzakki melakukan peresmian Sarana Air Bersih dan MCK di desa Pasindangan Kecamatan Cileles" Ungkap Ketua YBM PLN UID Banten, Jajan Suhendar.

Pembangunan SAB dan MCK di Desa Pasindangan merupakan program kerjasama antara LAZ Harfa dan YBM PLN dalam program Desa Cahaya Harapan. YBM PLN memiliki peran penting dalam pendistribusian dana dari infak, sedekah dan zakat sementara LAZ Harfa bergerak sebagai fasilitator program. Senergi tersebut memberikan pendamping masyarakat dibidang kesehatan dan ekonomi sehingga menghasilkan pembangunan SAB dan MCK sebagai hasil program kesehatan serta pemanfaatan ekonomi lokal sebagai program ekonomi.

Menurut Imam Hidayat selaku Manajer Program LAZ Harfa, setidaknya sebanyak 26 rumah di desa Pasindangan kini telah terbebas dari perilaku Buang Air Basar Sembarangan.

"Alhamdulillah sebanyak 26 rumah yang sebelumnya tidak memiliki jamban yang layak kini sudah berhasil kita bangun jamban layak, hal ini juga didukung dengan adanya sarana air bersih yang membantu warga mudah mendapatkan sumber air" Ucap Imam.

Imam juga menjelaskan kini warga memiliki kelompok unit usaha mikro dengan produksi dan penjualan keripik pisang yang dapat menambah pengahasilan warga. Hal itu dilakukan karena pihak desa Pasindangan memiliki potensi lokal.

"Meskipun desa ini letaknya jauh dari pusat kota tapi potensi lokal disini cukup banyak, kita bisa lihat tanaman pisang tumbuh subur maka pengembangan ekonomi menjadi salah satu yang menjadi fokus program pendampingan desa dari YBM PLN dan LAZ Harfa." Tutur Imam.

Namun, Imam menegaskan adanya program pendamping kesehatan dan ekonomi masyarakat di Desa Pasindangan adalah keinginan adanya perubahan yang terjadi karena adanya kemauan dari masyarakat.

"Semua perubahan perubahan yang terjadi itu karena kemauan dari masyarakat." Lanjut Imam.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Cileles, Asep Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan pihaknya turut mengucapkan terimakasih dengan adanya program pembangunan SAB dan MCK dapat mendukung program kesehatan pemerintah yang menggerakkan Open Declaration Free (ODF).

"Terimakasih banyak kepada YBM dan Harfa,Ini sangat membantu sekali program pemerintah terutama di bidang kesehatan karena khususnya untuk kesehatan lingkungan, yang mana kita sedang menggerakkan terkait ODF (Open Declaration Free). " Ucap Asep. Lebih lanjut ia berpesan

"Saya juga berpesan kepada aparat desa dan warga disini bisa memanfaatkan amanah pembangunan ini dengan baik dan tentunya merawatnya". Pungkas Asep.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image