Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Charles DM

Bilqis Prasista, Putri Legenda Badminton Indonesia Tumbangkan Ranking 1 Dunia dari Jepang

Olahraga | Wednesday, 11 May 2022, 11:19 WIB
Bilqis Prasista: foto dok. PBSI

Bilqis Prasista membuat kejutan besar saat menghadapi Jepang di pertandingan ketiga penyisihan Grup A Piala Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/05/2022) pagi WIB.

Pemain kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 itu sukses menjungkalkan pemain nomor satu dunia, Akane Yamaguchi. Bilqis yang mendapat kepercayaan menjadi tunggal putri pertama menggantikan Komang Ayu yang menempati posisi itu di dua pertandingan sebelumnya berhasil menjawabnya dengan kemenangan dua gim.

Pemain yang karib disapa Sista itu menang dua gim, 21-19 dan 21-19. Sista, berperingkat 333 BWF butuh waktu 35 menit untuk menumbangkan sang raksasa.

Apa yang menonjol dari penampilan Sista hari ini? Selain menghadapi lawan yang jauh lebih diunggulkan, Sista yang di dua laga pertama menjadi tunggal ketiga, harus memiliki modal yang kuat terutama dari sisi mental ketika diterjunkan sebagai pembuka jalan bagi tim Uber Indonesia.

Ia bisa meladeni Akane yang dikenal memiliki keuletan, kecepatan, dan kekuatan itu. Sista melawan Akane dengan mengandalkan faktor-faktor serupa.

Apakah Sista menang karena keberuntungan? Apakah Akane memang sengaja tidak tampilkan penampilan terbaik?

Tentu tidak. Hari ini Sista adalah pemenangnya. Pemenang dari sebuah pertarungan yang mempertaruhkan nama baik kedua pemain sekaligus kedua negara.

Sebagai tambahan, Sista adalah pemain yang belum lama naik kelas ke level senior. Di tingkat sebelumnya, ia cukup mencuri perhatian dan menjadi salah satu pemain tunggal putri junior yang diperhitungkan di kancah Asia.

Potensinya itu diasah melalui latihan keras di satu sisi dan bakat yang diturunkan dari kedua orang tuanya di sisi lain. Sista adalah putri dari Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Joko Supriyanto adalah legenda tunggal putra yang empat kali angkat trofi Piala Thomas. Sementara Zelin adalah pemain spesialis ganda baik ganda putri dan ganda campuran dengan prestasi kelas dunia.

Kemenangan Sista ini tentu memberi semangat bagi tim Indonesia yang berangkat ke Bangkok dengan mengandalkan para pemain muda. Menghadapi Jepang hari ini pun, PBSI melakukan sejumlah rotasi.

Hanya Sista dan Lanny Tria Mayasari yang masih dipertahankan setelah melakoni dua pertandingan pertama menghadapi Prancis dan Jerman dengan hasil sempurna.

Selebihnya, Indonesia menurunkan pemain muda lainnya yang belum mendapat menit bermain. Tasya Farahnaila dan Siti Sarah Azzahra menjadi pendamping Bilqis di sektor tunggal. Sementara, Melani Mamahit/Tryola Nadia menjadi ganda pertama dan Lanny Tria Mayasari dipasangkan dengan Jesita Putri Miantaro sebagai ganda kedua.

.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image