Konten Untuk Sosok Inspiratif ? Kenapa Tidak ! Ini Alasannya

Image
Andri Mastiyanto
Gaya Hidup | Saturday, 04 Sep 2021, 17:04 WIB

Apakah Anda mau membuat content sosok inspiratif ? jika hal ini ditanyakan kepada para creator (penulis senior / blogger / content writer / penulis status di sosial media / creator / vlogger / sosial media spesialist apa jawabannya ? sepertinya belum tentu semuanya mau..

Beragam alasan bisa keluar untuk menghindar dari membuat content sosok inspiratif. Alasan-alasan tersebut ada yang saja yang menjawab tidak memiliki kemampuan membuat content sosok, tidak begitu kenal dengan sosok yang dibuat content-nya, tidak ada waktu untuk research plus wawancara, dan lain sebagainya.

Baca juga : Heroes Among Us "Hidayatullah Marbot Masjid RSKO Jakarta", Berjuang Demi Raga yang Lain

Sejatinya sosok inspiratif itu bukan selalu memberikan sesuatu yang luar biasa kepada masyarakat. Sesuatu yang sederhana yang berdampak nyata, semisal pencari oksigen dimasa pandemi covid-19, penggerak karang taruna, seseorang yang istiqomah menabung untuk orang tidak mampu, dan masih banyak lagi.

Jadi apa saja yang bisa memotivasi kita untuk menulis sosok inspiratif ? yuks di scroll

_

1. Sosok Itu Mungkin Dicari Sejarahnya di Waktu Yang Akan Datang

Bisa jadi terdapat sebuah perubahan yang baik pada suatu bangsa atau daerah, karena apa yang dilakukan oleh seorang sosok. Banyak contoh disekitar kita, nama jalan, nama gang, nama lokasi menggunakan nama sosok inspiratif tersebut.

Namun, banyak sosok inspiratif yang namanya diabadikan pada sebuah jalan atau tempat tetapi pada beberapa dekade kemudian banyak orang tidak mengetahui itu siapa ?

Seorang Sosok Inspiratif Bisa jadi Ada yang Mencari Sejarahnya I Pict dokpri desgn by canva

Sewaktu daku masih tinggal di Pondok-Pinang, nama jalan didaerah ku secara resmi bernama jalan Pondok-Pinang III, tetapi banyak orang yang lebih mengenal dengan sebutan gang Bidan Najmi Laela. Sedangkan pada saat tinggal di Cikeas, ada nama sebuah jalan dinamakan jalan Letda Natsir.

Daku sebagai generasi selanjutnya tidak mengetahui secara jelas siapa Letda Natsir, akhirnya mencari tau di mesin pencari. Apa yang didapat ! tidak ada satu pun tulisan yang mengungkap sosok inspiratif ini di dunia maya. Sehingga generasi berikutnya kehilangan jejak dan tidak mengetahui apa peran darinya bagi Cikeas.

Untuk itu penting, ada orang yang membuat konten sosoknya agar generasi berikutnya tau siapakah dia ?

_

2. Membantu Gerakan Positif yang Sosok Inspiratif itu Perjuangkan

Sosok-sosok inspiratif ada yang menjadi pejuang kemerdekaan, penemu, pemimpin, guru, olahragawan, penggerak kegiatan sosial, dan lain-lain. Banyak diantara mereka membantu orang lain dari donasi kebutuhan hidup orang tidak mampu, biasiswa pendidikan, biaya pengobatan dan masih banyak lagi.

Seorang Sosok Inspiratif Bisa jadi memperjuangkan Demi Kepentingan Masyarakat I Pict dokpri desgn by canva

Membuat konten bagi sosok inspiratif bukan hanya membuat sosoknya muncul ke permukaan, tetapi juga membantu gerakan positif yang dia perjuangkan.

Baca juga : ASN Inspiratif 2020: Dyah Putri Ambarwati Penggagas Rumah Singgah Pejuang Hati

Sungguh bermanfaatnya, jika konten yang kita buat berujung banyak orang yang membantu atau mensupport gerakan sang sosok inspiratif.

_

3. Meningkatkan Taraf Hidup Sosok Inspiratif

Pernahkah kita lihat dan dengar sosok-sosok inspiratif seperti pejuang, olahragawan, tokoh masyarakat yang dimasa hidupnya kekurangan dari sisi ekonomi ? Pastinya pernah.

Seorang Sosok Inspiratif Tidak Semua Memiliki Tingkat Ekonomi yang Baik I Pict dokpri desgn by canva

Atlit yang harus menjual mendali internasional, tokoh masyarakat yang melakukan penghijauan malah hidup dalam kemiskinan, pejuang kemerdekaan mengais sesuap rezeki tergambarkan dalam konten-konten baik di televisi maupun web base.

Dampaknya, mereka terbantu. Maka dari itu, apabila kita melihat sosok inspiratif itu, buatkan kontennya walupun hanya status / caption sosial media. Bisa jadi teman / follower kita di sosial media dapat membantu.

_

4. Sosok Itu Dapat Memberikan Contoh Untuk Kita Berbuat Yang Sama

Apakah sosok inspiratif itu harus seperti Ibu Kita Kartini ? Bapak BJ.Habibie ? Budi Soehardi ? mereka merupakan sosok-sosok yang luar biasa, berdedikasi dan tentunya inspiratif.

Mungkin disekitar kita banyak sosok-sosok inspiratif yang tidak kita sadari ternyata mereka berdampak nyata, walau yang diperbuat sederhana. Daku acapkali menemukan itu, dan akhirnya daku melakukan hal yang sama seperti sosok inspiratif perbuat.

Seorang Sosok Inspiratif dapat menginspirasi diri kita melakukan hal yang sama I Pict dokpri desgn by canva

Pada tahun 2012 secara tidak sengaja daku mengikuti Kompasianival 2012, dimana daku melihat sebuah gerakan pengumpulan koin untuk pendidikan anak-anak yang kurang mampu.

Nama gerakan itu Coin A Chance. Apa yang dilakukan sederhana, hanya menabung koin yang hasilnya didonasikan untuk biaya penunjang sekolah.

Baca juga : Duet Cantik Mengantarkan Tahun ke-7 (Tujuh) Coin untuk Pendidikan

Melihat hal itu sederhana, daku pun mencoba melakukan hal yang sama. Tetapi sebelum terjun mengikuti aksi sosial itu, daku mencari tau dahulu gerakan bernama Coin A Chance dari sebuah tayangan Kick Andy..

Youtube menjadi sasaran ku untuk searching (mencari tau), sebuah tayangan tahun 2011 disebuah acara televisi Kick Andy dengan judul Hero Inside You memunculkan 2 (dua) sosok wanita Hani Kusumawati dan Nia Sadjarwo pengagas Coin A Chance.

Dari tayangan itu daku bersama 2 (dua) rekan (Hidayatullah dan Hani Titi Sari) mencoba memulai menjalankan Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, November 2012. Mungkin bila tidak ada konten Kick Andy !, bisa jadi Kami tidak meniru yang diperbuat Hani dan Nia.

_

5. Sosok Itu Dapat Memotivasi Orang lain Untuk Berbuat Nyata

Seorang atau sekumpulan sosok inspiratif bisa ditiru masyarakat dengan hal positif yang sama atau sesuatu yang berbeda. Contohnya setelah berpulangnya Steve Jobs, banyak orang membuat konten dengan upload status sosial media seperti Facebook, Twitter, maupun digital komunikasi seperti WAG dan BBM saat itu.

Captionya bertuliskan Tokoh ini nampak begitu sulit dilupakan, beliau begitu menginspirasi, begitu ungkap banyak orang.

Banyak orang terinspirasi tidak hanya dengan karya, tapi juga berbagai pidato, prinsip, dan ajakan untuk berubah lebih baik yang diungkapkan olehnya. Acapkali Steve Jobs menyuarakan perlu memanfaatkan waktu selagi masih hidup.

Seorang Sosok Inspiratif Bisa jadi memotivasi orang lain untuk berbuat nyata I Pict dokpri desgn by canva

Steve Jobs sering kali mengingatkan untuk berdialog dengan diri sendiri. Pria pintar ini memiliki slogan sederhana tetapi penuh makna: stay hungry, stay foolish. Mungkin bila diartikan sama seperti quote-quote Islami, kemiskinan mendekatkan kita pada kebodohan. Tapi itu bukan berartti orang miskin itu bodoh....

Baca juga : 7 Tips Memulai dan Mempertahankan Gerakan Sosial di Tempat Kerja

Apa yang terjadi kemudian ? banyak creator yang menghasilkan karya terinspirasi dari Steve Jobs sampaikan , dan yang pasti termotivasi dari hasil karya-nya. Karya orang-orang yang terinspirasi tersebut tidak selalu membuat terobosan seperti Apple, tapi merka membuat karyanya masing-masing, salah-satunya orang terkaya di dunia Bill Gates.

Banyak creator yang menuliskan sosok Steve Jobs, dan banyak pula akhir terinspirasi dan berbuat nyata.

_

Salam hangat Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto

Instagram I Twitter I Email: mastiyan@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

51 x Prestasi Writing Competition, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2018, Blogger Terpilih Writingthon 2020, ASN

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Stop Melanggengkan Budaya Patriarki

Image

Tawarkan Atap Metal, Stand Produk Fumira Diserbu Pengunjung!

Image

Jerat Riba Pinjol

Image

Mahasiswa Idaqu mendapatkan Ijazah sanad Khot Diwany metode Hamidy dari Syeikh Belaid Hamidi

Image

Mahasiswa Idaqu Dilantik Menjadi Pengurus Pusat FKMTHI

Image

Peringati HSN, MTsN 3 Bantul Gelar Aneka Lomba

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image