Menjadi Guru Bijak Bersama SATUGURU

Image
Sigid PN
Guru Menulis | Tuesday, 10 May 2022, 20:26 WIB

Istilah "killer" pada era tahun 80 hingga tahun 90an biasa disematkan untuk guru serta dosen yang terkesan galak kepada murid atau mahasiswa/mahasiswinya. Entah saat ini istilah tersebut masih ada atau tidak karena saat menulis artikel ini penulis sudah berprofesi sebagai seorang guru, bukan lagi berstatus pelajar atau mahasiswa.

Kalau diingat kembali memang agak menggelitik meskipun kenyataannya ketika dahulu di kelas begitu terkesan horor dan angker sekali. Salah sedikit penggaris panjang atau penghapus melayang. Melihat tatapan wajah yang jarang tersenyum bahkan lebih sering menyeringai. Aduh, begitu seram dan takut ketika belajar di kelas.

Sebenarnya agar murid dapat fokus terhadap pelajaran ketika di kelas atau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik justru bergantung kepada kemampuan guru menciptakan suasana pembelajaran agar lebih bermakna. Berarti guru harus dapat merancang pembelajaran dengan tepat.

Sebagai seorang guru juga harus memiliki karakter yang telah dicontohkan oleh bapak pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara, termasuk dengan konsep Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani.

Nah, mas Menteri Nadiem Makarim kembali mengedepankan program merdeka belajar yang sesungguhnya telah diwariskan oleh Ki Hadjar Dewantara. Sebagai Mendikbud Ristek Dikti, mas Menteri berupaya mengatasi learning loss akibat Pandemi Covid-19 serta untuk meningkatkan tingkat pemahaman literasi di Indonesia.

Dalam suasana Hardiknas di tahun 2022 ini bersama dengan SATUGURU marilah kita dukung upaya Pemerintah tersebut dengan memberikan yang terbaik dalam proses belajar mengajar agar dapat terbentuk profil pelajar Pancasila serta demi mewujudkan Indonesia Maju. Marilah menjadi guru bijak bersama SATUGURU. Apakah yang dimaksud dengan guru bijak? Guru bijak adalah guru yang ikhlas dalam mengajar serta mentransfer ilmu serta mampu menjadi suri tauladan dimanapun dia berada. Salam literasi dan salam SATUGURU.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru, Founder Komunitas Guru Pelita Dunia, Aktivis Pendidikan dan Pegiat Literasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pijat Kinasih Adalah: Definisi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Image

Karutan Majene Gelar Dzikir Bersama Warga Binaan di Hari 10 Muharram

Image

KEMENKUMHAM CATAT 2 REKOR MURI PADA LOMBA ESPORTS

Image

5 Jenis Sepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui

Image

Today, Hari Kucing Sedunia

Image

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image