Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lamindo Prima Mandiri

Cari Tahu Pengertian dan Fungsi Control Valve dalam Sistem Perpipaan

Teknologi | Tuesday, 10 May 2022, 16:02 WIB

Tentunya jika berbicara tentang sistem hidrolik alat berat tidak lepas dari penggunaan control valve. Hal ini dikarenakan valve jenis ini biasa digunakan pada mesin-mesin berat terutama di area minyak, gas dan pertambangan. Sebenarnya alat seperti apakah control valve? Yuk simak pembahasan pengertian dan fungsi control valve dalam sistem hidrolik

Mengenal Pengertian dari Control Valve

Control Valve di Industri

Katup kontrol memainkan peran yang sangat penting dalam sistem perpipaan. Control valve merupakan valve yang dapat diatur agar dapat dibuka dan ditutup pada kisaran 0-100%. Salah satu dari adalah katup kontrol yang tugasnya mengatur jumlah proses dalam sistem. Di sini, ukuran proses berarti suatu kondisi yang dapat menunjukkan kondisi yang terkait proses yang berjalan.

Misalnya untuk temperature, tingkat tekanan, tingkat pengisian, tingkat aliran atau arus, atau beberapa variabel lainnya. Secara sederhana, dapat disimpulkan bahwa pengertian dan fungsi control valve yang juga dikenal sebagai katup kontrol hidrolik adalah komponen yang tidak hanya digunakan meningkatkan tekanan untuk mengoperasikan unit alat berat

Katup kontrol ini juga membantu mengatur jumlah dan arah aliran minyak. Katup jenis ini dapat mengatur cairan dalam bentuk cairan, padatan, atau gas. Terdapat beberapa fungsi dari katup kontrol ini yang bisa anda pelajari dan kuasai untuk memahami bagaimana kinerja secara keseluruhan valve control yang bisa ditemukan dalam industri minyak dan pertambangan

Fungsi Control Valve

Fungsi dari control valve telah disebutkan beberapa kali di atas. Yaitu, mengendalikan cairan seperti cairan, padatan, dan gas. Melihat sistem irigasi dimana air mengalir dari bendungan ke saluran. Oleh karena itu, control valve ini dapat diartikan sebagai pengunci. Kunci berperan dalam mengendalikan banjir dengan mengatur jumlah air yang masuk ke sungai.

Dalam sistem irigasi katup ini, katup yang digunakan memiliki dimensi besar yang sesuai dengan laju aliran. Selain itu, katup kontrol memiliki beragam fungsi otomatis dan manual. Banyak yang sudah memiliki komponen penggerak hidrolik, listrik dan pneumatik. Hal ini biasa atau umum terjadi pada aliran air atau gas yang bertekanan tinggi dan volume tinggi.

Alat berat itu sendiri secara umum memiliki tiga pengertian dan fungsi control valve diantaranya yaitu untuk dapat meningkatkan tekanan hidrolik fluida. Pada kenyataannya, pompa hidrolik memiliki fungsi paling penting untuk meningkatkan tekanan oli atau minyak dari cairan ini. Namun meski kekuatannya relatif rendah, katup kontrol berperan penting.

Akibatnya, katup kontrol ini mempersempit ruang aliran dan menaikkan tekanan hidrolik. Katup kontrol tidak hanya meningkatkan tekanan fluida, tetapi juga menyesuaikan arah aliran fluida. Fungsi ini biasanya dilakukan pada sistem hidrolik yang terdiri dari beberapa saluran sekaligus. Dalam hal ini, katup kontrol membuka dan mengarahkan aliran cairan ke sistem yang diperlukan.

Dari penjelasan pengertian dan fungsi control valve, ditemukan fungsi lain dari katup kontrol alat berat yaitu untuk mengatur jumlah minyak cair yang ditarik oleh pompa hidrolik, yang digunakan sebagai sistem operasi. Peran dari control valve disini adalah peran dari kran yang melakukan gerakan untuk bisa membuka dan menutup aliran cairan.

Kesimpulan

penggunaan control valve sudah banyak di industri, karena banyaknya permintaan control valve ini, banyak pula muncul bisnis supplier jual control valve yang ada sekarang. dapat dikombinasikan dengan sensor untuk mengaktifkannya. Dengan adanya sensor ini maka anda akan dapat membuka dan menutup katup kontrol sesuai kebutuhan saat tingkat pengisian diatur sesuai kebutuhan. Hasilnya, berbagai fungsi katup kontrol yang dijelaskan di atas dapat diperoleh secara optimal dalam sistem.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image