Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Investasi Reksa Dana Syariah, Nggak Pake Ribet, Berkahnya Dapet

Bisnis | Friday, 27 Aug 2021, 11:14 WIB

Investasi reksa dana yang sangat terjangkau dari sisi permodalan dan mudah dalam praktik investasinya benar-benar menjadikannya sebagai produk investasi yang sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai investasi di pasar modal.

Investor pemula yang nota bene awam dalam investasi akan memiliki pengalaman nyata kalau investasi reksa dana itu nggak ribet seperti yang dibayangkan. Investasi dengan modal awal terjangkau sebesar Rp100.000 saja sudah gampang dilakukan secara online dengan gadget di genggaman tangan.

Apalagi bagi masyarakat Muslim yang mengedepankan prinsip syariah, kini sudah tersedia reksa dana yang dikelola sesuai dengan prinsip syariah yang mendatangkan berkah karena bisa sekaligus beramal atau berkegiatan sosial.

Penyisihan keuntungan penjualan efek/instrumen pasar uang non syariah dan pendapatan yang non halal diperuntukkan untuk keperluan amal atau dana sosial. Dengan beramal ada berkah tersendiri yang didapatkan.

Makna syariah pun termaknai tak hanya dari proses cleansing, tetapi juga pengelolaan reksa dana yang hanya ditempatkan pada saham dan obligasi yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang tidak menggunakan sistem riba. Perusahaannya pun tidak memproduksi rokok dan minuman keras, tidak tersangkut perjudian hingga jual beli yang mengandung ketidakpastian.

Selain itu, sisi rasio keuangannya pun maksimal hanya 45 persen untuk total utang yang mengandung bunga dibanding total asetnya dan rasio antara pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah maksimal hanya 10% dari total pendapatan.

Jaminan syariah untuk prosuk reksa dana pun datang daripengawas khusus yang dinamakan Dewan Pengawas Syariah. Mereka ini pihak independen yang mengawasi pemenuhan dan penerapan prinsip syariah.

Penerapan prinsip syariah yang sangat ketat demikian tentu makin membuat nyaman para investor dalam berinvestasi sekaligus mendulang berkah. Apalagi, investasi reksa dana syariah kini sudah mudah dilakukan secara online, semisal dengan platform IPOTFund yang sudah terintegasi di aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas. Investasi reksa dana pun makin nyaman dan mendatangkan berkah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image