Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nami Otrapus

Mendarat di Bandara Kuala Batu, Melepas Lelah di Pantai Jilbab.

Wisata | Thursday, 26 Aug 2021, 00:32 WIB

Penulis : Nami Otrapus

Pernah dengar nama Pantai Jilbab? Ah, mana mungkin ada pantai pakai nama jilbab. Ternyata ada sungguhan. Letaknya di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

Namanya unik ya? Ini ada sejarahnya lho. Ada cerita rakyat dari mulut ke mulut sehingga pantai berpasir putih ini disebut jilbab. Konon nama ini muncul pada tahun 1998 silam. Sebelumnya masih bernama Pantai Susoh. Pada saat itu, masyarakat Aceh Barat Daya kerap melakukan razia jilbab di lokasi wisata ini. Apabila kedapatan ada wanita yang tidak mengenakan jilbab maka akan disuruh pulang. Dari situlah setiap wanita yang mau ke sana selalu berjilbab karena takut diusir. Lama kelamaan Pantai Susoh itu disebut jadi Pantai Jilbab.

Pesawat Susi Air mendarat di Bandara Kuala Batu pada penerbangan perintis Rabu (25/8/2021) kemarin. (Foto : Humas Bandara Kuala Batu)

Pantai Jilbab ini merupakan salah satu objek wisata di daerah yang dijuluki Negeri Breuh Sigupai ini. Selain itu ada juga Pantai Bali, Pulau Gosong, dan Bendungan Irigasi Krueng Susoh.

Kabupaten Aceh Barat Daya yang disingkat Abdya ini merupakan salah satu kabupaten yang berdiri dari hasil pemekaran dari Aceh Selatan pada tahun 2002 silam. Kabupaten ini terdiri dari 9 Kecamatan

Dulu kalau mau Abdya, dari Medan lewat darat dengan waktu tempuh 10-14 jam berkendara mobil. Tapi sekarang, jauh lebih praktis, cuma satu jam dengan pesawat penerbangan perintis. Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan perintis itu adalah Susi Air yang mengoperasikan rutenya dari Kuala Namu ke Kuala Batu PP.

Beberapa penumpang yang memanfaatkan penerbangan perintis Blangpidie - Medan PP ( Foto Humas Bandara Kuala Batu)

Kuala Namu International Airport berada di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan Bandara Kuala Batu terletak di Desa Pulau Kayu/Geulima Jaya, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Provinsi Aceh, berjarak sekitar 6 Km dari Blangpidie, Ibukota Abdya.

Humas Bandara Kuala Batu menginformasikan jadwal penerbangan perintis Medan- Blangpidie setiap Rabu. Dari Medan terbang pukul 08.00 WIB dan mendarat sekitar 09.05. Sebaliknya dari Blangpidie berangkat pukul 09.15.

"Penerbangan Rabu ini berjalan lancar," jelas Humas Bandara Kuala Batu lewat instagram @kuala_batu_blangpidie_airport. Penerbangan itu berlangsung Rabu ( 25/8/2021) dengan beberapa penumpang.

Maskapai Susi Air di Bandara Kuala Batu ( Foto : Humas Bandara Kuala Batu)

Jadi, mereka yang ada urusan dinas maupun bisnis di Abdya, tak perlu lama-lama di jalan raya. Bisa terbang dengan pesawat perintis dan mendarat di Bandara Kuala Batu. Jangan lupa singgah di Pantai Jilbab untuk sejenak melepas lelah. ( nao / Apron IDN)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image