Pendaftaran Anugerah ASN 2021 Telah di Buka, Begini Cara Meraih 10 Besar

Image
Andri Mastiyanto
Info Terkini | Monday, 23 Aug 2021, 14:51 WIB
Pendaftaran Anugerah ASN 2021 telah dibuka I Sumber Foto : menpan.go.id

Pendaftaran anugerah ASN 2021 telah di buka. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar ajang ini walaupun Pandemi Covid-19 masih melanda.

Anugerah ASN di tahun 2021. Pelaksanaannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 344/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN Tahun 2021.

Anugerah ASN 2021 mengusung tema â ASN BerAKHLAKâ . Semangat yang ingin ditekankan adalah agar penerima penghargaan Anugerah ASN nantinya dapat menjadi inspirasi dan role model.

ASN terpilih diharapkan dapat mengejawantahkan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa dalam pengabdiannya dimanapun ia ditugaskan.

Melalui penyelenggaraan Anugerah ASN 2021, ASN juga didorong untuk peka terhadap situasi pandemi Covid-19 dan turut berkontribusi nyata dalam bentuk inovasi dan dedikasi.

Terdapat 4 kategori yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, PPT Pratama Teladan, ASN Inspiratif, dan The Future Leader.

Adapun syarat khusus untuk masing-masing kategori yaitu menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya bagi kategori PPT Madya Teladan; menduduki JPT Pratama bagi kategori PPT Pratama Teladan; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional bagi Kategori ASN Inspiratif; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional dan berusia paling tinggi 38 tahun pada 31 Desember 2021 bagi Kategori The Future Leader.

Pendaftaran Anugerah ASN 2021 sudah dibuka sejak 19 Agustus hingga 19 September 2021. Pengusulan dan pendaftaran dilakukan melalui situs https://siana.menpan.go.id/.

Sementara peserta dari 4 kategori Anugerah ASN 2021 dapat diusulkan oleh masyarakat, lembaga pemerintah, lembaga non-pemerintah, organisasi profesi, atau organisasi lainnya.

Penganugerahan bagi pemenang Anugerah ASN 2021 rencananya akan diserahkan oleh Menteri PANRB pada 10 November 2021.

Tahun 2020 lalu, Dyah Putri Ambarwati perwakilan RSKO Jakarta terpilih sebagai salah-satu dari 10 ASN Inspiratif 2020 dari 4.121.176 ASN di seluruh Indonesia. Dyah merupakan Founder Nasi Kotak Untuk berbagi dan Co-Founder Gerakan Pejuang Hati Indonesia yang telah dijalankan sejak 2015.

Tentunya raihan tersebut karena dukungan dan disupport oleh Civitas Hospitalia RSKO Jakarta agar dapat meraih penghargaan prestius dikalangan ASN.

Bagaimana cara menjadi Anugerah ASN Inspiratif 2021 seperti Dyah di tahun 2020. Yuks di scroll

..

1. Cari ASN Yang Berdampak Nyata di Masa Pandemi Covid-19

ASN berprestasi banyak dan yang menginspirasi juga banyak. Ingat ! Anugerah ASN adalah ajang pemilihan atau pencarian sama seperti ajang Miss Universe. Jadi tetap ini harus dilihat sebagai perlombaan.

ASN terpilih tidak bisa hanya atas dasar karena ASN tersebut memiliki titel akademis yang berderet dan memiliki prestasi gemilang untuk diri sendiri.

Pilihlah ASN yang menginspirasi dengan memiliki benang merah dengan Institusi dirinya berasal.

Hindari ASN Inspiratif yang pernah memiliki catatan hitam, apalagi yang membuat pro kontra jangan pula dipilih, karena akan mempengaruhi proses dukungan didalam institusi itu sendiri.

Pilihan yang tepat itu harus dipikirkan secara matang. Pilihlah ASN yang memulai inovasi dari dirinya dan dapat berkembang, serta memiliki jangkauan berskala nasional atau yang dapat dipraktekkan ditempat lain.

Dikutip dari situs menpan.go.id, ASN dipilih yang memiliki kepekaan terhadap situasi pandemi Covid-19 dan turut berkontribusi nyata dalam bentuk inovasi dan dedikasi.

Jangan lupa, individu yang dicalonkan patut tau dan bersedia dicalonkan. Tidak semua orang mau menerima beban seumur hidup menjadi panutan dan tersorot.

..

2. Penuhi Syarat-Syarat Administratif

Pada proses ini begitu amat penting. Bila syarat yang diminta tidak terpenuhi jangan harap masuk 10 besar, masuk1000 besar belum tentu.

Ketentuan ASN Inspiratif :

1. Instansi/masyarakat mengusulkan calon kandidat terbaiknya kepada Kementerian PANRB melalui tautan https://siana.menpan.go.id/;

2. Unggah foto/video dokumentasi terkait sosok kandidat yang diusulkan dan lengkapi dengan keterangan (caption) yang menceritakan kiprah fenomenal yang bersangkutan serta mengapa pantas disebut sebagai calon kandidat Anugerah ASN di media sosial (Instagram, Facebook atau Twitter); dan

3. Follow, tag dan mention media social (Instagram, Facebook atau Twitter) Kementerian PANRB dan akun media sosial dari instansi asal kandidat dan/atau pimpinan tertinggi (Menteri/Gubernur/Bupati /Walikota), beri hashtag #AnugerahASN2021 ,*(#PPTMadyaTeladan 2021, #PPTPratamaTeladan2021, #ASNInspiratif2021, #TheFutureLeader2021)

Syarat Pendaftaraan ASN Inpiratif :

1. Calon Kandidat merupakan PNS atau PPPK

2. Menduduki Jabatan Administrasi atau fungsional

3. Belum pernah masuk dalam TOP 3 Anugerah ASN

4. Melampirkan surat rekomendasi â tidak pernah melakukan pelanggaran disiplinâ

5. Memiliki penilaian kinerja dengan kategori baik dalam 2 tahun berturut turut

6. Memiliki Inovasi/prestasi luar biasa

Mekanisme Pendaftaran

a. Masyarakat/Lembaga Pemerintah/Lembaga Non Pemerintah/ Organisasi Profesi atau Organisasi lainnya yang akan mencanlokan kandidat membuat akun pendaftar terlebih dahulu di tautan http://siana.menpan.go.id/auth/register

b. Masyarakat/Lembaga Pemerintah/Lembaga Non Pemerintah/ Organisasi Profesi atau Organisasi lainnya mengusulkan ASN pilihannya kepada Kementerian PANRB melalui tautan https://siana.menpan.go.id/nominasi/buat ;

c. Unggah foto/video dokumentasi terkait sosok kandidat yang diusulkan dan lengkapi dengan keterangan yang menceritakan kiprah fenomenal yang bersangkutan serta mengapa pantas disebut sebagai PPT Teladan Madya di media sosial (Instagram, Facebook atau Twitter); dan

d. Follow, tag dan mention media social (Instagram, Facebook atau Twitter) Kementerian PANRB dan akun media sosial dari instansi asal kandidat dan/atau pimpinan tertinggi (Menteri/Gubernur/Bupati /Walikota), beri hashtag #AnugerahASN2021 #PPTMadya2021.

Portofolio yang memikat juri perlu dibuat. Bukan pula seperti Curiculum Vitae yang hanya sekedar poin-poin sejarah kehidupan ASN Inspiratif yang diajukan.

Perlu dibuat narasi bertutur yang cukup kuat agar ASN Inspiratif tersebut dipilih oleh juri masuk nominasi 40 besar.

Portofolio ini nantinya diawal akan dikirimkan bersama pengajuan ASN Inspiratif tersebut.Portofolio tersebut sebaiknya di upload di dunia maya agar terdapat jejak digital.

Walaupun inovasi yang dibuatnya belum memiliki dampak yang luar biasa, bila narasi yang dibuat dapat memunculkan insight dari tujuan yang diharapkan tentunya akan memikat juri.

Nah patut diingat ini kompetisi. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku ada dalam Kompetisi. jadi kalau diminta upload di sosial media dengan caption dan hastag wajib diikuti, kalau mau terpilih calonnya.

Raih dulu 40 besar ASN Inspiratif, baru menyonsong 10 besar dan 3 besar. Tidak selalu yang terbaik menjadi pemenang.

..

3. Pilih Koordinator Anugerah ASN Inspiratif

Pada saat proses pemilihan, kelengkapan dokumen, pengajuan, mempersiapkan kebutuhan ketika terpilih 40 besar atau bahkan hingga 10 besar, presentasi, penjurian, pembuatan video profil dibutuhkan seorang PIC / koordinator.

Dirinya sebaiknya sosok yang memiliki jabatan, punya pengaruh dan sosok yang didengar.

ASN Inspiratif yang diajukan dalam Anugerah pada kenyataannya tidak semua mendukung Anugerah ASN ini. Pro dan kontra itu biasa, dan basa-basi itu biasa.

Akan ada saja yang berkata 'itu kan anugerah yang diserahkan atas nama pribadi, terus ngapain kita harus bantu' atau 'ini kan nama dia yang bakal terkenal !' dan lain sebagainya.

Koordinator / PIC untuk menjembatani kebutuhan ajang ini kepada para pejabat terkait dan rekan kerja, mengurasi hal-hal koordinasi yang sifatnya tidak teknis, membagi tugas tim supporting dan manajerial lainnya.

Ajang ini bisa jadi dianggap tidak penting oleh sebuah institusi sehingga dukungan hanya ala kadarnya.

PIC dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat institusi bahwa ketika seseorang ASN terpilih menjadi ASN Inspiratif maka sepanjang hidupnya dirinya akan menjadi brand ambassador institusi tersebut.

Pernahkah tempat kerja Anda memberikan apresiasi membawa nama harum selain insentif bulanan ?

..

4. Libatkan Banyak Unsur yang Ada di Institusi

Libatkan banyak unsur di Institusi untuk terlibat dalam kegiatan ini. Makin banyak unsur yang terlibat akan membuat ikatan persaudaraan yang kuat antar pegawai.

Belum tentu 1 dekade (10 tahun) atau 2 dekade (20 tahun) sebuah Institusi memiliki ASN Inspiratif.

ASN Inspiratif mewakili institusi maka dukungan dari civitas institusi baik tempat dirinya berkerja dan institusi utama amat sangat berperan penting.

Dukungan pembiayaan, tempat, penyediaan sarana prasarana, testimoni pejabat, surat pernyataan mendukung ASN, like plus comment dan lain sebagainya merupakan kebutuhan dari ajang ini yang bisa disediakan karena dukungan civitas institusi.

Sosok ASN terpilih ialah wakil institusi itu yang patut diketahui oleh seluruh khalayak. Jadi Anugerah ASN yang merupakan penghargaan prestisius tidak hanya untuk pribadi tapi juga bagi institusi tempat ASN yang dicalonkan berkerja.

----

Ajang ASN Inspiratif dapat memunculkan para ASN yang memiliki inovasi yang ternyata berperan besar dalam kehidupan berbangsa.

Sungkem Blogger Udik dari Cikeas Andri Mastiyanto

Instagram I Twitter I web I Email: mastiyan@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

54 x Prestasi Writing Competition, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2018, Blogger Terpilih Writingthon 2020, ASN

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Download Whatsapp Aero Apk (WA Aero) Ukuran Ringan 2022 Anti Banned

Image

Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Mampukah Timnas U-23 Indonesia Gasak Thailand?

Image

Download GB WhatsApp Official Resmi Mod Apk Pro Terbaru Gratis, Update Segera !

Image

MP3 Juice, Download Lagu Gratis Mudah Dan Cepat 2022

Image

Download Fouad Whatsapp Anti Banned

Image

Lirik Lagu Rumah Ke Rumah - Hindia feat. Ari Lesmana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image