Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fokker

Semangat Ahmad Dahlan Dalam Gerakan Tim Misi Kemanusiaan

Info Terkini | Friday, 20 Aug 2021, 23:41 WIB
Dokpri. Tim Misi Kemanusiaan

Kyai Haji Ahmad Dahlan tidak dapat dipungkiri kiprahnya dalam melaksanakan dakwah sosial. Sebuah gerakan yang mampu menginspirasi bagi kalangan anak muda dalam Tim Misi Kemanusiaan. Atas semangat itulah, tim ini dapat terus bergerak demi kemaslahatan masyarakat.

Anak-anak muda ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada dari kalangan pendidik, tenaga kesehatan, ataupun jurnalis. Mereka semua tergabung dalam tujuan gerakan humanitas untuk sesama.

Para lulusan Kampus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta ini, senantiasa aktif berkolaborasi dengan berbagai kalangan dalam tujuan kebaikan. Mereka juga aktif dalam berbagai aksi sosial baik di Jakarta ataupun di daerah.

Rully Onzo sebagai ketua Tim Misi Kemanusiaan menjelaskan, "bahwa semangat Kyai Haji Ahmad Dahlan harus terus digelorakan oleh generasi muda, semangat berbagi, dan semangat memberi sesuai dengan konsep Al-Ma'un".

Tidak sekedar berbagi tentunya, konsep edukasi juga seringkali dijalankan dalam setiap misi kemanusiaan yang dilakukan. Seperti mendirikan Rumah Baca Ramah Anak di Karawang, untuk memfasilitasi anak-anak yang jauh dari akses pendidikan.

Dokpri. Tim Misi Kemanusiaan dan IHC

Selama pandemi Covid-19, Tim Misi Kemanusiaan juga rutin menggelar aksi "Razia Perut Lapar", untuk wilayah Jakarta hingga Depok. Semua ditujukan untuk mereka yang terkena dampak dari penularan wabah ini, ungkap Arif Samalih.

Aksi edukasi dalam aspek penerapan prokes 5 M dikalangan masyarakat dilakukan dengan cara mengadakan disinfeksi di beberapa daerah zona merah. Di lingkungan sekolah hingga panti-panti asuhan.

Tentu dengan harapan bahwa rutinitas disinfeksi di lingkungan pendidikan, dapat sesegera mungkin memutus mata rantai penularan wabah. Agar anak-anak lekas kembali ke sekolah disamping kegiatan vaksinasi para siswa yang dilakukan pemerintah.

Semua atas dasar sinergitas, dimana beberapa waktu lalu Tim Misi Kemanusiaan bersama IHC (IMM Humanity Care) memberikan dukungannya kepada warga korban kebakaran di Kebon Manggis, Matraman. (19/8)

Kegiatan disinfeksi juga dilakukan di pemukiman warga. Selain dari kegiatan berbagi masker dan hand sanitizer kepada kalangan masyarakat yang berkativitas di jalanan. Sebuah aksi yang lahir dari semangat solidaritas antar sesama.

Dokpri. Tim Misi Kemanusiaan

Harapan tentu harus selalu hadir ditengah wabah. Semangat juang Kyai Haji Ahmad Dahlan sudah tentu menjadi tauladan. Juga untuk para donatur Tim Misi Kemanusiaan, akan selalu membuka donasi dalam semangat berbagi kebaikan.

Gerakan Patungan Solidaritas Kemanusiaan bisa dilakukan dengan mentransfer ke nomor rekening Bank Mandiri 1570003227866 (a.n Rulliyansyah) dan dapat konfirmasi melalui WhatsApp 0881024812313 (Onzo).

Semoga aksi sosial ini dapat menginspirasi untuk kita semua. Sebagai generasi muda yang peduli terhadap bangsanya. Dengan memaknai semangat kemerdekaan yang ke-76, Tim Misi Kemanusiaan berharap negeri ini akan segera terbebas dari wabah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image