Merdeka Finansial Selama di Rumah Aja? Nggak Mustahil dengan 6 Aplikasi Ini!

Image
Viliabell
Teknologi | Friday, 20 Aug 2021, 20:17 WIB
Unsplash/Visual Stories || Micheile" />
cara merdeka finansial selama di rumah aja. Foto: Unsplash/Visual Stories || Micheile


Masih melekat semangat hari kemerdekaan RI. Mengenang bahwa sudah 76 tahun Indonesia merdeka dari penjajahan, seharusnya menularkan semangat baru bagi masyarakat Indonesia terutama anak muda untuk merdeka dalam segala aspek termasuk finansial.

Indikator merdeka secara finansial meliputi memilik passive income, kesiapan dan darurat, terbebas dari hutang konsumtif, mampu menahan perilaku konsumtif, menyisihkan pendapatan untuk investasi.

Apakah kamu sudah memenuhi indikator tersebut? Jika belum, kamu belum terlambat kok! Meskipun di rumah saja kamu bisa tetap produktif dan mencoba 5 aplikasi di bawah ini agar bisa merdeka secara finansial!

1. Berpartisipasi dalam Webinar Keuangan

Unsplash/Chris Montgomery" />
mengikuti webinar keunagan. Unsplash/Chris Montgomery

Selama masa PPKM ini kamu pasti kesulitan untuk bertemu orang yang bisa diajak konsultasi mengenai keuangan secara langsung. Tapi tenang, kamu bisa menemukan para konsultan keuangan dalam webinar online yang diadakan.

Kenapa harus mengikuti webinar keuangan? Jawabannya adalah karena kamu ingin merdeka secara finansial, bukan? Untuk merdeka secara finansial kamu harus melek keuangan. Melek keuangan harus dilakukan dengan menambah pengetahuan tentang keuangan, salah satu caranya dengan berpartisipasi dalam webinar.

Kamu bisa menemukan informasi tentang webinar keuangan dari Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Nah, untuk melengkapi kegiatan webinar, kamu perlu mengunduh aplikasi video call conference.

Panitia acara memilih aplikasi video conference Zoom atau Webex sebagai medium webinar. Meskipun memiliki fungsi yang sama, Zoom dan Webex juga memiliki perbedaan antara lain Webex unggul dengan breakout session yang mencapai 100, sedangkan Zoom unggul dengan kualitas video yang berarti meskipun internetmu sedang kurang baik, kualitas video Zoom tetap stabil, dan masih banyak lagi.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Ahasave.com" />
cara mencari penghasilan tambahan untuk mencapai merdeka finansial. Foto: Ahasave.com

Cara berikutnya agar kamu cepat mencapai merdeka secara finansial adalah menambah penghasilanmu. Jika kamu seorang anak muda yang sudah memiliki pekerjaan tetap, kamu bisa mencari side job atau pekerjaan sampingan. Kamu bisa melakukannya sendiri atau berkolaborasi dengan temanmu.

Kamu bisa mencari berbagai peluang pekerjaan tambahan di media sosial, misalnya Instagram. Instagram memiliki segudang info grafis dan video mengenai lowongan pekerjaan atau peluang bisnis dari berbagai akun.

Untuk mengantisipasi konten lama yang tertimbun konten baru serta tak lupa waktu saat berselancar di media sosial, kamu bisa menyimpan konten yang kamu butuhkan.

Kamu bisa menggunakan Instagram Video Downloader dari Ahasave. Instagram video downloader ini memungkinkan kamu untuk mengunduh beragam jenis video dari Instagram seperti, menyimpan story IG, highlight, IGTV, bahkan Reels Instagram.

Ahasave juga memiliki fitur yang membuat pengunduhan kontenmu menjadi praktis yaitu mengunduh beberapa foto atau video sekaligus dalam satu batch.

Kamu nggak perlu khawatir mengenai sistem keamanan karena Ahasave Instagram Downloader telah diverifikasi oleh situs antivirus dan malware terkemuka seperti Symantec, Kaspersky, dan McAfee. Selain itu, kamu juga bisa download dari Instagram tanpa login.

Kamu bisa langsung download instagram downloader gratis ini di Google Play Store atau di sini.

3. Tentukan Tujuan Finansial

Unsplash/Nick Morrison" />
menentukan tujuan finansial. Foto: Unsplash/Nick Morrison

Cara berikutnya adalah menentukan tujuan keuangan. Kamu bisa membagi tujuan finansial menjadi dua yaitu tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek.

Setelah mengidentifikasi dan mengklasifikasi tujuan keuanganmu, kamu pasti bisa mengelola uang dengan lebih bijak. Misalnya, jika kamu ingin memiliki motor tahun ini, kamu bisa menyisihkan sekian persen pendapatanmu sebagai tabungan untuk mencapai tujuan finansial yang kamu harapkan.

Agar tak lewat di pikiran begitu saja, kamu bisa mencatat tujuan finansial dengan menggunakan buku pribadimu. Jika ingin lebih lebih praktis, kamu bisa menggunakan digital note seperti aplikasi Evernote atau note bawaan dari smartphone kamu!

4. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Unsplash/Kelly Sikkema" />
evaluasi keuangan untuk mencapai kemerdekaan finansial. Foto: Unsplash/Kelly Sikkema

Untuk mencegah pengeluaran yang tak dibutuhkan atau sekadar memuaskan jiwa konsumtif, kamu bisa membiasakan diri mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Hal ini efektif agar kamu dapat memantau uang keluar dan masuk.

Setelah mencatatnya dalam periode tertentu, kamu bisa mengevaluasi pengeluaranmu. Apakah lebih banyak pengeluaran yang tidak penting? Aktivitas apa yang harus dihindari agar pengeluaran tidak bertambah? Jadikan kebiasaan agar kamu tidak terjerumus dalam hidup boros.

Untuk memudahkanmu mencatat dan mengevaluasi pengeluaran kamu bisa menggunakan aplikasi Money Manager. Money manager bisa mecatat pengeluaran dan mengurangi pemasukanmu secara otomatis. Kamu juga bisa melihat besaran pengeluaranmu dalam bentuk statistika.

Ingat, jika pemasukan kamu bertambah, pengeluaranmu seharusnya pengeluaranmu tak bertambah pula. Sesuaikan pendapatanmu dengan kebutuhanmu dan jangan terlalu mengikuti trend atau gengsi pribadi.

5. Menabung

Unsplash/Eduardo Soares" />
menabung di bank digital. Foto: Unsplash/Eduardo Soares

Merupakan hal mustahil mencapai kemerdekaan finansial tanpa menabung. Banyak anak muda beralasan susah menabung karena tak sempat mengamankan uangnya ketika sedang ada uang atau sekadar konformitas dengan lingkungannya.

Ketika kamu memiliki sejumlah uang, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah membaginya menjadi kebutuhan sehari-hari, tabungan, dan lainnya. Hal itu dilakukan agar kamu dapat tetap hidup dengan tenang tanpa beban hutang.

Di jaman sekarang, kamu bisa menabung di mana saja dan kapan saja hanya dengan memanfaatkan smartphone kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi Jenius misalnya.

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang populer di kalangan anak muda. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di Android maupun iOS.

Selain itu kamu bisa bertransaksi dengan biaya admin yang rendah dibanding bank lain. Jenius juga memiliki fitur unik bernama Dream Saver yang berguna sebagai tabungan untuk membantu wujudkan mimpi. Fitur tersebut bisa mendukungmu untuk mencapai merdeka secara finansial.

Rajin menabung sekarang, nikmati masa tua yang tenang!

6. Mulai Belajar Investasi

Unsplash/Stephen Dawson" />
belajar investasi untuk mempercepat merdeka finansial. Foto: Unsplash/Stephen Dawson

Di jaman sekarang rasanya banyak anak muda yang mulai familiar bahkan akrab dengan investasi. Investasi berarti kegiatan menanam modal atau aset agar dapat menghasilkan di masa depan.

Investasi dibagi menjadi dua yaitu investasi jangka panjang dan pendek. Beberapa bentuk investasi antara lain saham, obligasi, reksa dana, deposito, asuransi, tanah, emas, dan masih banyak lagi.

Untuk mempelajari investasi dan profil investasi, kamu bisa mengunduh aplikasi Bibit. Aplikasi yang tengah populer digunakan oleh anak muda ini bukan hanya wadah untuk berinvestasi, tetapi juga terdapat konsultan finansial, serta pengetahuan dasar tentang investasi. Jadi, jangan sampai kamu asal investasi ya!

Lakukan 6 cara di atas dan tetap perbanyak ilmu mengenai keuangan. Kamu juga tak perlu tergesa-gesa dengan progres keuanganmu karena setiap orang memiliki proses merdeka secara finansial yang berbeda. Tetap berusaha dan semangat!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

self and earth explorer

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image